Jenis Tensimeter Mana yang Tepat untuk di Gunakan ?

0
Jenis Tensimeter yang Tepat untuk di Gunakan  jual tensimeter
Image: www.yesilist.com

Jenis Tensimeter yang Tepat untuk di Gunakan ? – Mengukur tekanan darah dengan cara manual ataupun cara konvensional bisa dilakukan melalui ujung ruas ibu jari, jari tengah, jari telunjuk maupun jari manis dengan meletakkannya di bagian titik nadi semisal leher serta tangan. Namun, mengukur tekanan darah menggunakan tangan tentu saja tingkat keakurasiannya kurang tepat, maka dari itu di perlukan alat ukur tekanan darah yang tepat yaitu tensimeter. Terdapat  jenis tensimeter yang tersedia, yaitu:

Tensimeter Air Raksa

Tensimeer ini merupakan alat pengukur tekanan darah konvensional sudah sangat jarang dipergunakan oleh rumah sakit luar negeri. Alasan tidak menggunakan tensimeter jenis ini ialah sisi keamanannya, sebab tensimeter jenis ini terdapat air raksa yang berfungsi sebagai pengukur tekanan darah dan apabila pendinginnya pecah maka akan berdampak buruh bahkan bisa berakibat fatal jika mengenai tubuh.

Baca: Cara Menggunakan Tensimeter Air Raksa

Tensimeter Aneroid.

Tensimeter jenis ini lebih aman sebab tidak memakai air raksa sebagai pengukurnya namun memakai jarum mekanik. Prinsip kerja tensimeter Aneroid sama dengan tensimeter air raksa, keunggulan tensimeter Aneroid adalah lebih aman karena menggunakan jarum bukan air raksa.

Baca: Begini Caranya Menggunakan Tensimeter Aneroid

Tensimeter Digital.

Tensimeter digital lebih dipercaya keakuratannya, lebih praktis serta modern. Namun pemakaian tensimeter digital ini hanya digunakan untuk membantu seorang yang mempunyai masalah pendengaran saja, karena seorang yang mengalami maslah pendengaran maka tak bisa diperiksa menggunakan tensimeter aneroid ataupun tensimeter air raksa.

Baca: Cara Mengukur Tekanan Darah Menggunakan Tensimeter Digital

Tetapi menurut beberapa pengakuan pasien penggunaan alat tensimeter digital ini kurang akurat, apalagi daya atau baterai sudah melemah, tingkat akurasinya sudah tidak bisa dipercaya, bisa ukuran melebih batas normal sehingga membuat pasien menjadi khawatir berlebih.

Demikianlah 3 jenis tensimeter yang mesti Anda ketahui sebelum membeli, tentunya pilihan ada tangan Anda. Untuk penggunaan alat ukur tekanan darah jenis air raksa serta aneroid memerlukan asisten, namun untuk tensimeter digital dalam penggunaannya tak memerlukan asisten.

Untuk melihat berbagai tensimeter dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual tensimeter dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar