Beda Jenis Palu, Beda Pula Fungsinya

0

Jenis-jenis Palu

Jenis-jenis Palu

Palu adalah sebuah alat yang dipakai untuk memberi tumbukan pada sebuah benda. Biasanya palu digunakan untuk memaku, memperbaiki suatu benda, mangancurkan suatu objek, serta penempaan logam.

Palu dibuat untuk tujuan tertentu sesuai dengan variasi dalam struktur, bentuk dan berat. Bentuk palu biasanya terdiri dari gagang palu dan kepala palu, dengan sebagian besar beratnya berada di kepala palu. Untuk ukurannya mulai dari 250 gr, 500 gr, 1000 gr atau bahkan hingga berat 1 kg.

Palu terbagi menjadi dua spesifikasi, yakni palu keras dan lunak. Palu keras merupakan palu yang bagian kepalanya terbuat dari bahan baja dengan kadar karbon sekitar 0,6%. Proses pembuatan bagian tersebut dengan cara ditempa.

Palu tersedia beragam jenis. Masing-masing jenis palu mempunyai fungsi berbeda.

Jenis-jenis Palu

1. Palu Paku atau Nail Hammer

Palu ini terdiri dari 2 bagian, yakni bagian muka yang rata dan cakar. Bagian muka yang rata digunakan untuk memukul paku, sedangkan bagian cakar digunakan untuk mencabut paku.

2. Palu Bulat atau Palu Konde

Palu ini terdiri dari 2 bagian yakni bagian yang rata dan bulat. Bagian yang rata digunakan untuk memukul benda, sedangkan bagian yang bulat dipakai untuk membuat cekungan pada benda kerja.

3. Palu Karet

Palu karet di pakai untuk pekerjaan plat, contohnya seperti untuk meratakan permukaan plat tanpa ada goresan.

4. Palu Plastik

Palu ini dipakai untuk mengetok ataupun memukul benda kerja yang lunak. Tujuan pemakaian palu lunak ini supaya benda kerja tidak tergores atau pecah.

5. Palu Tembaga

Memiliki pegangan yang terbuat dari kayu, dan biasa dipakai untuk pekerjaan perbaikan, contohnya mengeluarkan bagian-bagian mesin listrik tancap mesti merusaknya. Tembaga memiliki sifat yang lebih lunak dari pada basi. Seiringan dengan pemakaian, palu tembaga ini akan menjadi keras. Untuk memperlunaknya kembali, kepala palu mesti dipijarkan.

Untuk melihat bermacam palu, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual palu dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.