Sebelum Membeli GPS Tracker, Ketahui Dulu Fiturnya

0
Sebelum Membeli GPS Tracker, Ketahui Dulu Fiturnya
Sebelum Membeli GPS Tracker, Ketahui Dulu Fiturnya

GPS tersedia beragam jenis, salah satunya GPS Tracker atau GPS Tracking. GPS tracker berbeda dengan GPS Navigasi  yang mana digunakan untuk menunjukkan rute perjalanan, sehingga memudahkan dalam mencapai tujuan tertentu, GPS tracker berfungsi sebagai pelacak.

Baca: Ini dia 5 Tips Penting Dalam Memilih GPS Mobil

Ketika GPS tracker dipasang pada kendaraan, receiver GPS akan segera menerima sinyal koordinat di mana letak atau posisi kendaraan berada. Setiap beberapa detik sekali SIM card yang terpasang di dalamnya akan mengirimkan titik koordinat posisi kendaraan kita ke server pelacakan dengan memakai jaringan GSM atau GPRS.

Data koordinat tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam peta digital yang mudah dipahami, sehingga bisa menggambarkan rute perjalanan kendaraan hingga lokasi terakhir. Peta digital tersebut dapat diakses oleh pengguna melalui website tracking yang sudah dibuat oleh produsen GPS tracker tersebut.

Secara umum, seluruh GPS tracker dapat memantau rute, kendaraan, kecepatan, kondisi mesin baik itu hidup atau mati, mendengar pembicaraan di dalam kabin, dan sensor batas kecepatan.

Mempunyai GPS Tracker, memberikan banyak sekali manfaat, terutama bagi usaha travel, ekspedisi dan rental mobil.

Di dalam GPS Tracker terdapat beragam fitur yang mempunyai fungsi berbeda. Berikut ulasannya.

Sebelum Membeli GPS Tracker, Ketahui Dulu Fiturnya

Real Time Monitoring.

Dengan fitur ini, kita bisa memonitori kendaraan secara real Time atau nyata, entah itu secara otomatis melalui server ataupun berdasarkan permintaan melalui SMS.

History Replay.

Dengan fitur ini kita dapat melihat serta menganalisis posisi dan rute yang dilalui oleh kendaraan di masa lalu. Misalnya untuk menganalisis kemacetan ataupun lainnya.

Over The Air (OTA) Configuration.

Fitur OTA berfungsi untuk mengganti setting GPS tracking device dengan mudah, melalui aplikasi client dan web, seperti setting perioda pengiriman data, batas kecepatan, nomor telepon emergensi dan informasi geofence. Server akan mengirimkan perintah perubahan setting pada tracking device melalui SMS ataupun GPRS.

Geofencing.

Fitur geofencing berfungsi untuk menganalisis posisi kendaraan secara otomatis serta memberikan laporan kapan dan di mana kendaraan keluar atau masuknya ke area-area geofence yang mana sebelumnya sudah ditentukan oleh pengguna.

Alert.

GPS tracker bisa mengirim Alert melalui SMS kepada pengguna jika kendaraan keluar ataupun masuk ke area geofence dan juga melebihi batas maksimum kecepatan.

Auto Response System.

Kita dapat meminta informasi mengenai lokasi kendaraan kapan pun dengan cara mengirimkan SMS pada sistem yang selanjutnya akan segera dibalas dengan SMS yang berisikan informasi-informasi mengenai lokasi kendaraan.

Fleet Management.

Fungsi fitur ini untuk melakukan monitoring lokasi kendaraan dan juga sebagai fleet management yang bisa dikostumisasi yaitu fasilitas pengelolaan data fleet, pengendara serta time tablenya.

Mapping.

GPS tracker memanfaatkan teknologi Google Earth, Google Map, Microsoft Bing Map, ataupun Yahoo Map. Kita bisa mengelola peta yang ditampilkan dengan sangat mudah. Coverage area sekarang ini adalah seluruh dunia dengan skala yang sangat beragam.

Untuk melihat berbagai gps dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual gps dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.