Berapakah Jumlah Denyut Jantung Normal Kita?

0
Berapakah Jumlah Denyut Jantung Normal Kita?
Berapakah Jumlah Denyut Jantung Normal Kita?

Berapakah Jumlah Denyut Jantung Normal Kita? – Di dalam dunia medis, denyut jantung adalah sebuah tanda penting yang berguna untuk mengevaluasi kesehatan atau mengetahui kebugaran seseorang dengan cepat.

Pada umumnya denyut jantung mengacu kepada jumlah waktu yang diperlukan detak jantung per satuan waktu yang direpresentasikan sebagai BPM atau Beats per Minutes.

Usia < 1 tahun = 100-160 per menit

Usia 1-10 tahun = 70-120 per menit

Usia 11-17 tahun = 60-100 per menit

Usia > 17 tahun = 60-100 per menit

Denyut jantung yang optimal setiap orang berbeda, tergantung pada kapan ia mengukur detak jantungnya tersebut, apakah ketika beristirahat atau setelah berolahraga. Variasi detak jantung sesuai dengan total oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh ketika itu.

Untuk orang dewasa yang sehat ketika sedang beristirahat, maka denyut jantung yang normal adalah kisaran 60-100 / menit (bpm).

Terdapat banyak faktor yang bisa mempengaruhi jumlah denyut jantung, antara lain, tingkat kebugaran seseorang, suhu udara di sekitar, posisi tubuh entah itu berbaring atau berdiri, tingkat emosi, ukuran tubuh dan obat yang tengah dikonsumsi.

Denyut jantung pun bisa dipengaruhi oleh usia serta aktivitas fisik yang dilakukannya. Olah raga atau aktivitas fisik lainnya bisa meningkatkan jumlah denyut jantung, akan tetapi apabila jumlahnya terlalu berlebih ataupun diluar batas sehat maka bisa menimbulkan bahaya.

Mengukur detak jantung bisa dilakukan dengan bayak cara. Yakni dengan menggunakan stetoskop, memeriksa denyut nadi dan menggunakan alah khusus ukur denyut jantung yakni Heart Rate Monitor. Dari ketiga cara tersebut, cara yang paling akurat dalam mengukur denyut jantung adalah dengan menggunakan Heart Rate Monitor. Harga alat ukur detak jantung ini sangat terjangkau, sehingga kita tidak perlu repot pergi kedokter untuk mengetahui jumlah detak jantung kita.

Dengan mengetahui denyut jantung, maka kita dapat mengetahui apakah denyut jantung kita normal atau tidak, selain itu berguna sebagai diagnosis awal bahwa ada atau tidaknya gangguan penyakit berbahaya sehingga bisa diatasi sedini mungkin.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.