Jenis Solder Apa Yang digunakan Untuk Service ?

2
jenis solder service macam jual solder
Image: www.ralali.com

Jenis Solder Apa Yang digunakan Untuk Service ? – Solder adalah alat pemanas yang berguna untuk melelehkan timah supaya menempel pada kaki transistor ataupun komponen-komponen elektronika yang lainnya, sehingga kaki-kaki tersebut menyatu dengan jalur PCB (Printed Circuit Board). Keterampilan paling dasar yang mesti di miliki untuk merakit ataupun memperbaiki alat elektronik ialah teknik menyolder. Untuk bisa menguasai teknik ini tak bisa secara instan, untuk seorang lulusan sekolah teknik, teknik menyolder merupakan pelajaran yang mendasar. Sedangkan bagi orang awam, teknik menyolder memerlukan latihan yang cukup lama untuk membuat sambungan dengan hasil yang sempurna.

Baca: Apa Saja Tips Merawat Solder ?

Banyak sekali jenis solder yang bisa anda pilih, itu semua tergantung kepada Budget Anda serta pekerjaan yang dikerjakan. Misalnya untuk penggunaan reparasi HandPhone maka menggunakan solder tipe blower atau hot air. Solder tipe ini mempunyai temperatur yang bisa diatur dari 100 hingga 540 Celcius, dap berikut ini merupakan jenis-jenis solder.

  • Solder Biasa.

Solder biasa merupakan solder yang paling banyak dipakai sebab selain karena harganya yang cukup myrah tetapi untuk keperluan merakit ataupun Service sudah sangat cukup memadai.

  • Solder kontrol suhu.

Terdapat berapa tipe solder yang mempunyai pengaturan suhu otomatis, pada solder biasa tak terdapat fitur ini, ciri-ciri dari solder ini yaitu terdapat Box kontrol terpisah dari solder tersebut. Untuk kelebihan solder jenis ini ialah jika dihidupkan seberapa lama pun suhunya akan tetap stabil sehingga tak akan merusak solder itu sendiri begitu pula dengan tegangan yang naik turun tak akan mempengaruhi suhu solder, sedangkan untuk solder biasa suhunya akan meningkat seiringan dengan tegangan yang diberikan serta lama waktu menyalakannya, jika dibiarkan menyala terus menerus, umumnya ujung solder yang berada dekat dengan elemen akan meleleh.

  • Solder uap (Hot Air) atau blower solder.

Disebut blower sebab proses pemakaiannya menggunakan udara, pada blower standar yang dipakai dalam praktikum, terdapat dua pengaturan. Pengaturan yang pertama ialah kekuatan panas atau Heating yang akan dikeluarkan melalui mata solder, dan untuk pengaturan yang kedua ialah kekuatan hembusan yang merupakan udara yang akan dipancarkan.

Untuk melihat berbagai alat solder dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual alat solder dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
2 Komen
  1. Bustamsyah berkata

    postingannya bagus dan lengkap

    1. Ahmad Vei berkata

      Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini 🙂

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar