Alasan Penting Kenapa Wajib Melakukan Kalibrasi Alat Kesehatan

0

Pelayanan publik yang baik memang sangat penting. Disamping karena demi kenyamanan masyarakat, pelayanan publik seperti di rumah sakit, puskesmas, klinik, dan berbagai sektor kesehatan sangat perlu untuk memperhatikan berbagai alat kesehatannya. Pasalnya, Anda pasti sudah tahu jika alat kesehatan yang digunakan secara terus menerus bisa berpotensi mengalami pengukuran yang salah tidak sesuai dengan standar.

Maka dari itu, dilakukanlah kalibrasi alat kesehatan. Walaupun disamping itu memang ada peraturan pemerintah tentang kalibrasi alat kesehatan yang diatur di dalam Permenkes No. 54 Tahun 2015, Anda perlu tahu alasan betapa pentingnya kalibrasi alat kesehatan.

Alasan Kenapa Dilakukannya Kalibrasi Alat Kesehatan

Kalibrasi alat kesehatan memang sangat penting. Sebagai pelayanan kepada masyarakat, sektor kesehatan memiliki tanggung jawab untuk bisa memberikan kesehatan pada masyarakat. Masyarakat datang ke rumah sakit atau ke puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang bagus.

Selain itu, masyarakat juga perlu mendapatkan diagnosa yang benar terhadap penyakitnya dan juga obat dengan kualitas yang bagus. Setidaknya, itulah alasan kenapa Anda harus memperhatikan kalibrasi alat kesehatan pada sektor kesehatan yang Anda kelola.

Sebenarnya, ada banyak alasan kenapa harus dilakukan kalibrasi alat kesehatan, apa saja itu?

Menjaga dan Meningkatkan Mutu Pelayanan

Alasan pertama adalah menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan. Alat kesehatan yang memiliki pengukuran optimal tentu saja dapat mendiagnosa penyakit dengan mudah dan tepat. Hal ini akan meningkatkan mutu pelayanan dan juga membuat kepuasan dari pasien.

Menjaga Alat Sesuai dengan Spesifikasinya

Selain itu, jika berbicara tentang alat kesehatannya, kalibrasi pada alat kesehatan juga menjaga alat sesuai dengan spesifikasinya. Jadi, kalibrasi akan menjaga alat kesehatan sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan sedari awal alat kesehatan tersebut diproduksi.

Menentukan Penyimpangan atau Deviasi

Alat kesehatan yang digunakan secara terus menerus dapat memberikan penyimpangan pengukuran yang disebut dengan deviasi. Untuk mengehtahui adanya deviasi, Anda harus melakukan kalibrasi alat kesehatan dengan metode, prosedur, dan juga dilaksanakan oleh laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN.

Menjaga Keakuratan Alat

Akurasi alat kesehatan adalah alasan utama untuk melakukan kalibrasi alat kesehatan. Dengan akurasi yang tepat, maka akan sangat tidak mungkin Anda bisa melakukan kesalahan dalam diagnosa.

Menjamin Pengukuran Sesuai Standar Nasional dan Internasional

Dan terakhir, alat kesehatan yang dilakukan kalibrasi adalah pemenuhan terhadap alat ukur bisa mencapai pengukuran sesuai dengan standar nasional serta internasional. Jadi, pengukurannya bisa dipercaya semua kalangan di negara manapun.

Kriteria Alat yang Wajib Dikalibrasi

Sebenarnya akan ada banyak sekali kriteria alat kesehatan yang perlu di kalibrasi. Akan tetapi, tidak semua alat kesehatan langsung dilakukan kalibrasi. Ada beberapa kriteria sebaiknya alat kesehatan perlu dilakukan kalibrasi, di antaranya:

  1. Anda membeli instrumen baru atau bekas, karena Anda tidak dapat memastikan bahwa instrumen tersebut dikalibrasi dengan benar hanya karena masih baru.
  2. Ketika periode waktu tertentu telah berlalu, karena tidak semua peralatan bertahan selama yang lain.
  3. Ketika jumlah penggunaan tertentu (atau jam yang digunakan) telah berlalu, misalnya, mungkin bijaksana untuk menguji defibrillator setiap kali digunakan.
  4. Saat instrumen mengalami guncangan atau getaran yang dapat membuatnya tidak sinkron. Hal ini sangat penting terutama pada perangkat portabel, atau perangkat baru yang mungkin telah dikirimkan atau menempuh jarak jauh.
  5. Setiap kali pengamatan Anda pertanyakan hasilnya. Akal sehat berperan dalam hal ini. Jika terlihat rusak atau seperti mengeluarkan bacaan yang salah, ada kemungkinan besar terjadi penyimpangan pengukuran dan membuat Anda harus melakukan kalibrasi pada alat kesehatan tersebut.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa alasan pentingnya kalibrasi alat kesehatan untuk selalu rutin dilakukan terutama bagi penyedia layanan kesehatan. Selalu ingat untuk melaksanakan kalibrasi alat kesehatan demi menjaga pelayanan masyarakat agar tetap sehat dan juga aman.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.