promo hari ini

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Ban?

0
mengganti-ban
Image: www.ototaiment.com

Salah satu penyebab kecelakaan kendaraan adalah penggunaan ban yang sudah tidak layak pakai. Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi yaitu dengan melakukan pengecekan rutin terhadap ban. Walaupun terdengar sepele, kondisi ban pada kendaraan harus diperhatikan. Banyak orang yang menyepelekan kondisi ban kendaraannya. Jangan menyepelekan kondisi ban, banyak kecelakaan yang diakibatkan karena kondisi ban yang tidak layak pakai.

Ban yang masih terlihat bagus belum tentu belum saatnya diganti. Ada saat kita mesti mengganti ban meskipun ban tersebut masih terlihat bagus. Untuk umur ban, biasanya antara 1-1,5 tahun untuk ban depan dan 10-12 bulan untuk ban belakang.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban kendaraan? Terdapat banyak hal yang bisa dijadikan indikator kapan ban harus diganti atau tidak, terutama pada sepeda motor. Yang paling mudah ialah rasakan sewaktu menikung, apabila ban terasa sudah “tidak menggigit” berarti ban tersebut sudah harus diganti walaupun kondisinya masih terlihat bagus.

Tidak hanya sewaktu menikung, terdapat kondisi lain yang dapat dijadikan indikator bagi pemilik kendaraan kapan harus mengganti ban yaitu sewaktu kendaraan melewati jalanan jelek yang bergelombang.

Sewaktu kendaraan melewati jalanan jelek, apabila ban pada kendaraan tersebut masih bagus maka akan terasa lebih empuk. Namun, jika ban tersebut sudah tidak bagus biasanya bumpingnya terlalu keras, getaran lebih terasa. Hal tersebut diakibatkan oleh kondisi karet yang sudah mengeras.

Selain itu, apabila alur kembang ban terlihat sudah menipis, pada sisi luar ban terdapat keretakan, pada permukaan terdapat benjolan maka jangan ragu untuk segera menggantinya.

Gantilah ban kendaraan Anda apabila terdapat hal aneh, jangan menunggu hingga terlihat benar-benar rusak. Ban merupakan komponen yang sangat penting pada kendaraan, maka dari itu sering-sering lakukan pengecekan, itu semua dilakukan untuk keamanan dan keselamatan kita sendiri.

Untuk melihat bermacam ban, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual ban berkualitas dengan varian merk, tipe, dan harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.