Mengenal Alat-Alat Kimia Beserta Fungsinya Masing – Masing

0
Alat Laboratorium
Image: www.newea.org

Laboratorium atau lab merupakan sebuah tempat untuk melakukan riset ilmiah, eksperimen, pengukuran dan kegiatan ilmiah lainnya. Di dalamnya terdapat banyak sekali alat-alat sebagai penunjang kegiatan-kegiatan tersebut seperti mikroskop, gelas kimia dan peralatan labaratorium lainnya. Berdasarkan bentuknya, gelas kimia sendiri memiliki berbagai macam jenis. dan berikut ini adalah aneka gelas kimia beserta fungsinya.

Gelas Kimia dan Fungsinya

1.Tabung Reaksi

Test Tube
Test Tube – Image: en.wikipedia.org

Tabung reaksi disebut pula sebagai Test Tube. Bentuk tabung ini memanjang dengan ukuran diameter hanya 1 cm. Tabung ini polos, tidak ada garis-garis ukuran yang umumnya dijumpai di gelas ukur atau gelas kimia lainnya.

2. Cawan yang Terbuat dari Porselin

Cawan alat kimia
Image: Ralali.com

Alat ini berwarna putik dan berukuran kecil. Cawan porselen sering dipakai untuk sejumlah proses kimia, seperti penyulingan garam.

3. Beaker Glass Atau Gelas Kimia

Beaker Glass
Beaker Glass – Image: www.barmans.co.uk

Beaker gelas sering disebut sebagai gelas kimia, pada sisi gelas ini terdapat garis-garis berfungsi sebagai ukuran. Terdapat sejumlah ukuran, mulai dari 25 ML – 5 L.

4. Gelas Ukur Kimia

Gelas Ukur Kimia
Gelas Ukur Kimia

Bentuk gelas ukur kimia sama seperti tabung reaksi. Bedanya, gelas ini terdapat garis-garis ukuran yang dipakai untuk mengetahui berapa banyak larutan kimia yang mesti dimasukkan ke dalam gelas tersebut dalam sebuah percobaan.

5. Pipet untuk Mengukur

Pipet
Pipet

Alat ini terbuat dari bahan kaca atau plastik, pada salah satu ujungnya terdapat karet di mana fungsinya untuk memompa larutan ke dalam pipet. Alat ini digunakan untuk mengambil larutan dalam jumlah yang sedikit.

6. Labu Ukur atau Erlenmeyer

Labu Ukur
Labu Ukur

Labu ukur biasanya digunakan untuk mencampur larutan atau membuat larutan menjadi encer dan tentu saja dengan tingkat ketelitian sangat tinggi. Diberi nama labu, ini lantaran bentuknya mirip dengan labu.

7. Watch Glass atau Gelas Arloji

Watch Glass
Watch Glass – Image: www.studyblue.com

Gelas arloji digunakan sebagai wadah untuk menyimpan bahan kimia padat yang akan ditimbang. Bisa juga digunakan sebagai penutup sewaktu melakukan proses penguapan.

8. Corong Kimia

Corong Kimia
Corong Kimia

Untuk memindahkan larutan dari satu tempat ke tempat yang lain, diperlukan sebuah wadah agar larutan yang dibuat tidak tumpah dan tercecer. Itulah fungsi dari corong kimia.

Baca juga : Jenis dan Fungsi Alat Laboratorium

Untuk melihat bermacam alat alat kimia untuk laboratorium Anda, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual alat laboratorium berkualitas dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar