Keuntungan Teknologi Blockchain untuk Bisnis

0
Bagaimana teknologi Blockchain dapat mempermudah bisnis?

Perlu diketahui bahwa saat ini masalah yang ada pada sistem terpusat institusi keuangan adalah adanya biaya lebih untuk pihak ketiga yang tervalidasi sebagai perantara. Selain itu, peran pihak ketiga pada umumnya memiliki aturan dan batasan tertentu. Yang dimana hal ini membuatnya menjadi kurang efisien dan efektif.

Masalah tersebut dapat diselesaikan oleh teknologi yang dinamakan Blockchain

Blockchain adalah sebuah teknologi yang dikenalkan bersamaan dengan Bitcoin, oleh seorang atau kelompok yang menamakan dirinya Satoshi Nakamoto. Awalnya teknologi ini digunakan untuk mencatat transaksi keuangan dari Bitcoin. Akan tetapi, sebenarnya teknologi Blockchain dapat dimanfaatkan secara luas untuk memajukan bisnis dan perusahaan.

[ Baca Juga: Membahas Blockchain Secara Dalam Bagi Pemula ]

Kerap kali dikaitkan dengan cryptocurrency atau mata uang virtual membuat teknologi Blockchain diragukan oleh banyak pihak. Padahal teknologi Blockchain tervalidasi aman.

Teknologi Blockchain mampu merekam beragam data—tidak hanya mata uang virtual. Kegiatan bisnis, proses transaksi tanpa perantara, dokumentasi, hingga pemungutan suara, dapat dilakukan ketika memanfaatkan teknologi ini.

Sebagai contoh adalah Singapura yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk membantu dalam hal kegiatan bisnis di pelabuhan. Teknologi ini dimanfaatkan bisa untuk mempersingkat masa tunggu kapal atau dwell time, juga untuk melakukan verifikasi transaksi terkait ekspor dan impor.

Jika teknologi Blockchain juga dimanfaatkan oleh industri perbankan maupun teknologi finansial (financial technology a.k.a fintech), maka kedua industri tersebut dapat dengan mudah melakukan verifikasi dan transaksi pembayaran.

Namun perlu diketahui bahwa Blockchain tidak hanya digunakan oleh dalam teknologi finansial saja. Kategori bisnis lain pun bisa menggunakannya. Contoh, hubungan antar supplier dan reseller yang akan kami bahas untuk Anda di bawah ini.

Keuntungan Teknologi Blockchain untuk Bisnis
Biaya yang Murah

Blockchain tidak dimiliki oleh siapapun, sehingga tidak memunculkan biaya perantara. Selain itu, biaya transfer uang ke luar negeri yang mahal dan memakan waktu lama dapat disiasati Blockchain dengan mudah dan murah.

Efisiensi

Blockchain dapat melayani transaksi apa saja, kapan saja dan di mana saja. Hal ini sangat efisien untuk bisnis yang memiliki mitra di luar negeri. Karena Anda tak perlu lagi menyesuaikan urgensi Anda dengan regulasi perbankan atau institusi sejenis, atau lembaga lainnya.

Misalnya, mengirim data atau dokumen seperti invoice, faktur, dan lainnya.

Akses yang Lebih Luas

Dengan adanya Blockchain, akses data, keuangan, atau distribusi pun menjadi lebih luas karena mampu menjangkau seluruh transaksi tanpa dibatasi dan diawasi oleh pihak ketiga. (Tidak ada hari libur kerja, tidak ada maksimal atau minimal nilai transaksi, dan lainnya.)

‘Akses’ yang dimaksud di sini tak hanya berpaku pada transaksi uang. Perihal seperti dokumen confidential, invoice, daftar penting, dan lainnya, bisa dikirim lewat platform ini.

Lalu mengapa harus memilih Blockchain padahal ada platform lain seperti e-mail, jasa pos, atau lainnya yang bisa digunakan untuk mengirim dokumen confidential? Poin terakhir dalam artikel ini akan menjelaskannya.

Lebih Aman

Setiap transaksi yang terjadi di dalam Blockchain bisa divalidasi saat itu juga. Saat menerima transaksi pengguna memiliki encryption code atau kode yang harus diverifikasi untuk mengonfirmasi identitas user di Blockchain. Bahkan, penerapan tanda tangan digital bisa dipilih sebagai alternatif lain. Tanda tangan dapat digunakan sebagai pengaturan untuk perizinan pemberian data dan histori akses. Sehingga, tidak sembarangan orang bisa mengakses data tersebut.

Beranikah Anda mengirim dokumen atau data rahasia perusahaanseperti list supplier, data buyer, dokumen perjanjian, margin keuntungan, dan semacamnyadi sebuah platform yang bisa diretas?

Suatu perpindahan atau pembagian dokumen confidential tanpa enkripsi adalah sebuah gerakan yang sangat membahayakan. Dan kehadiran Blockchain mampu mengisi kekurangan yang ada pada sistem saat ini.

Sampai-sampai keberadaan Blockchain diakui sebagai salah satu angin segar bagi dunia keuangan. Saking hebatnya, Blockchain dianggap sebagai penemuan terhebat kedua setelah internet 35 tahun lalu. Kebijakan global akan kedua teknologi ini diharapkan akan membawa era baru peradaban manusia di muka bumi.

Nah, setelah menyimak artikel di atas apakah Anda telah menyadari dan memahami betapa bergunanya Blockchain bagi Bisnis?

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.