Mau Ganti Suku Cadang Mobil Tapi Takut Ketipu? 4 Tips ini Cocok untuk Anda untuk Membedakan yang Asli dan Palsu

Pemakaian suku cadang asli atau onderdil orisinil menjadi hal yang...

0

Pemakaian suku cadang asli atau onderdil orisinil menjadi hal yang harus diperhatikan para pemilik kendaraan. Jika sembarangan memakai onderdil, dengan sengaja menggunakan barang palsu atau tertipu oleh oknum pemilik toko/bengkel dapat membuat kendaraan Anda cepat rusak.

Bila tidak diperhatikan, biaya perawatan kendaraan justru akan lebih tinggi karena harus sering mengganti suku cadang. Bahkan, bila cara kerjanya tidak sesuai bisa merembet pada kerusakan komponen lain. Selain itu, penggunaan suku cadang palsu dapat membahayakan keselamatan pengendara akibat kerusakan fatal di tengah perjalanan. Kami memiliki 4 tips untuk Anda dalam menentukan apakah suku cadang yang akan Anda beli adalah orisinil atau palsu.

1.  Harga Produk

Suku cadang yang asli biasanya memiliki harga lebih mahal dari produk palsu. Hal ini karena selain terbuat dari bahan kualitas terbaik, produk resmi biasanya dikenakan pajak. Bila Anda mendapat penawaran suku cadang yang lebih murah, sebaiknya dipertimbangkan matang agar kendaraan Anda awet dan bisa berumur panjang.

Promo saat ini : OTOFEST

2.  Kemasan Produk

Untuk tips yang ke-2 ini bisa dilihat dari kemasan dari suku cadang tersebut. Suku cadang asli biasanya memiliki kemasan lebih baik dan rapi. Di mana bahan dan warna kemasan sesuai dengan standar produsen. Selain itu, untuk onderdil asli biasanya dilengkapi sticker hologram, barcode/part number yang sesuai, dan huruf atau logo yang lebih jelas. Namun untuk suku cadang yang palsu biasanya memiliki kemasan yang cenderung pudar.

3.  Bahan Komponen Suku Cadang

Di waktu kemasannya anda buka biasanya akan terlihat pada komponen suku cadang yang dimaksud, Anda pun bisa memperhatikannya dengan detail seperti apakah bahan yang dipergunakan pada komponen tersebut, itu sebabnya untuk bahan suku cadang palsu menggunakan komponen yang lebih memiliki mutu rendah jika Anda bandingkan dengan yang asli,  bila yang asli misalnya memakai material baja dan biasanya yang palsu hanya atau bahkan memakai plastik,dan pasti usia pakainya tidak akan lama.

4.  Garansi

Dan jangan lupa Anda juga perlu memperhatikan juga garansi yang diberikan dari para pihak penjual, jika pada barang yang dimaksud tersebut ori atau asli maka penjual akan langsung memberikan garansi dari produsen kendaraan yang akan beli suku cadangnya, misalkan Honda, Yamaha,Suzuki dan sebagainya, tetapi jika penjual hanya memberikan garansi toko atau garansi distributor, hal tersebut bisa dipastikan bahwa suku cadang tersebut palsu, dan selain itu sebisa mungkin anda mencari toko-toko yang sudah memasang label Genuine Part itu karena dengan begitu biasanya para penjual telah diberikan lisensi oleh para produsen kendaraan yang dimaksud untuk bisa menjual komponen suku cadangnya secara resmi.

Untuk menghindari kendaraan Anda dari suku cadang palsu, sebaiknya Anda membeli suku cadang di tempat yang memberikan jaminan produk yang aman dan orisinil untuk kendaraan Anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.