Anda Merasa Cocok Jadi Pebisnis? Belum Tentu, Baca Ini Dulu

0

Melihat kesuksesan orang lain membuat banyak orang terlena, dan ingin ikutan terjun ke dunia bisnis. Tapi tahu gak sih kalau di balik keberhasilan itu, mereka melewati tantangan dan proses yang tidak sebentar.

Hmm memang tidak ada keberhasilan yang bisa dicapai dengan mudah. Mengingat banyak hal yang harus disiapkan sebelum melangkah ke dunia bisnis. Gak bisa cuma hanya modal nekat atau uang yang cukup, tapi Anda juga perlu memiliki ide dan business plan yang baik.

Jadi meskipun modal sudah terkumpul dan keinginanmu sudah menggebu – gebu, tanyakan diri Anda,  apakah ini saat yang tepat untuk menyerahkan surat pengunduran diri ? Jangan sampai hanya keputusan Anda untuk resign hanya berujung penyesalan.

Nah, untuk memantapkan jalanmu ada baiknya Anda menanyakan mempertimbangkan hal di bawah ini, sebelum akhirnya memutuskan untuk jadi pengusaha full time

Apakah Anda Lebih Bahagia Dengan Menjadi Pengusaha?

bisnis
source: unsplash

Sebelum mencemplungkan diri ke dunia bisnis tanyakan kepada diri Anda, apakah ini sebuah passion? atau hanya pelarian dari rasa lelah dengan pekerjaan yang dilakoni selama ini.

Jika berpikir “kabur” ke dunia usaha adalah sebuah solusi, Anda salah besar!

Menjadi pengusaha bukanlah hal sederhana, ada saatnya naik dan turun dan di situasi inilah kekuatan Anda akan diuji. Pastikan setiap langkah yang diambil sudah tepat, dan cari tahu apa yang membuat Anda bahagia.

Bagaimana Anda Yakin Bahwa Sekarang Adalah Waktu yang Tepat?

bisnis
source: unsplash

Jangan hanya keinginan semata dan emosi sesaat lalu Anda terburu – buru untuk berhenti dari pekerjaan yang saat ini dilakoni.  Butuh keberanian besar, dan perencanaan jangka panjang dalam 5 tahun bahkan 10 tahun kedepan.

Bicara tentang waktu bukan saja soal kesiapan modal atau perencanaan yang matang, tapi juga membahas kesiapan Anda untuk berdiri sendiri tanpa sokongan gaji yang selama ini masuk ke rekeningmu. Jika saat ini simpanan uang masih diprioritaskan untuk istri yang sedang hamil atau orang tua yang sedang sakit, mungkin berwirausaha bukanlah keputusan yang tepat.

Siapkah Anda Untuk Mengubah Gaya Hidup?

bisnis
source: unsplash
 

Dengan mengambil langkah besar ini, tentunya akan ada banyak perubahan yang terjadi. Jika dulunya Anda berangkat dan pulang kantor dengan jam yang sudah ditentukan, Anda justru akan dihadapkan dengan jam kerja yang tidak mengenal lelah.

Jika dalam pekerjaan saat ini saja Anda sudah suka malas- malasan, kebayang gak saat harus mengelola bisnis ?  

Ketika memutuskan untuk berwirausaha, sama artinya Anda harus siap pusing 24 jam. Waktu tidur berkurang dan jauh melelahkan. Selain itu Anda harus rela untuk mengorbankan waktu yang biasanya dihabiskan untuk hobi, untuk urusan bisnis.

Sudah Benarkah Cara Mengelola Keuangan Anda?

bisnis
source: unsplash

Bagi Anda yang ingin memulai sebuah usaha, manajemen keuangan adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Karena perencanaan yang baik dapat menghindari Anda dari situasi darurat.

Selain itu dalam wirausaha akan lebih baik jika tidak berpusat pada keuntungan semata, namun bagaimana pengelolaan uang modal, utang, piutang dan persediaan. Jika Anda sudah memiliki manajemen keuangan yang baik dalam keseharian, berarti ini tandanya Anda sudah siap untuk berbisnis.

Jatuh bangun tidak dapat dihindari dalam berbisnis. Namun milikilah mental seorang pemenang, dimana ia tidak akan membiarkan dirinya dikalahkan oleh keadaan. Yakini bahwa Anda bisa , karena dimana ada niat, disitu ada jalan

 

Semua hal besar dimulai dari satu langkah kecil.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.