Minuman Pengganti Kopi yang Sehat Plus Meningkatkan Mood

0
Minuman pengganti kopi
Source: Pixabay

Minum kopi di pagi hari sudah menjadi sebuah rutinitas yang tidak bisa dilepaskan untuk sebagian orang, ya minuman berwarna hitam pekat ini sudah menjadi teman setia yang ampuh menghilangkan kantuk dan membuat mood lebih baik. 

Namun sayangnya nggak semua orang bisa menikmati kopi, baik karena sakit maag atau alasan kesehatan lainnya. Untuk itu cobalah menggantinya dengan minuman-minuman herbal yang meyehatkan plus bisa meningkatkan mood.

Teh Telang (Butterfly Pea)

Teh Telang(Butterfly pea)
Teh Telang

Bunga biru cantik ini mempunyai manfaat kesehatan yang bisa mengurangi stress maupun kecemasan. Disamping bisa mengobati sakit tenggorokan dan panas dalam. Baik untuk meningkatkan kesehatan mata, rambut serta kesuburan wanita. 

Kandungan antioksidan dan biofalvonoid yang terkandung di dalamnya juga dapat merangsang pertumbuhan kolagen dan elastin yang bisa membantu untuk meremajakan kulit dan tanda penuaan lainnya.

Oh ya, jika teh telang telang diberi campuran perasan lemon, maka akan berubah mejadi ungu loh, unik banget ya!

Teh Rossela

Teh rossela
Teh Rossela

Minuman pengganti kopi yang berasal dari bunga rossela ini, mampu menurunkan ketegangan syaraf dan depresi. Serta memiliki  kandungan vitamin C yang enam kali lipat lebih banyak dari sebuah jeruk. 

Teh rosella juga mengandung beta karoten yang terkandung di dalamnya berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, serta antioksidan yang membuat tubuh lebih sehat. Tak hanya baik untuk tubuh, teh berwarna merah ini juga mampu meremajakan kulit loh.

Earl Grey Tea (Bergamot Tea)

Teh hitam
Teh hitam

Teh hitam atau earl grey yang memiliki aroma bergamot, sejenis jeruk yang tumbuh di Italia Selatan dan segar seperti citrus. Selain itu, teh ini juga mengandung antioksidan yang bisa memperlambat proses penuaan, dan mengurangi resiko serangan jantung.

Earl grey sering dipakai untuk aromaterapi karena punya efek menenangkan sehingga bisa juga mengurangi depresi. Selain itu, kandungan bergamot diyakini sebagai antiseptik yang bisa menjaga kebersihan mulut, mengobati radang usus, dan masalah pencernaan lainnya.

Green Tea

Teh untuk meningkatkan mood
Green Tea

Tahukah kamu kalau teh hijau dan teh hitam berasal dari tumbuhan yang sama, yaitu camellia sinensis. Yang membedakan keduanya adalah proses oksidasinya. Khusus untuk green tea, cara menyeduhnya jangan menggunakan teko tanah liat, dimana sifat tanah liat menyimpan panas akan membuat daun teh terlalu matang dan rusak. Sebaiknya gunakan suhu air 70-80 derajat celcius.

Diantara kedua jenis teh ini, teh hijau terbilang mempunyai kandungan yang paling baik karena tidak mengalami fermentasi. Kaya akan vitamin A, C, dan E dan mengandung banyak antioksidan sehingga dapat mencegah kanker. Tak hanya itu minuman pengganti kopi ini memiliki kandungan polyphenol-nya yang bisa menurunkan gula darah dan berat badan. Selain itu dapat mencegah stroke, kardiovaskular, keracunan makanan dan serangan jantung.

White Tea

White tea
White tea

Alasan mengapa teh putih mempunyai warna yang pucat, disebabkan karena daun teh terlindung dari sinar matahari, sehingga tidak menghasilkan klorofil atau zat hijau daun. Dalam pengolahnnya teh putih tidak melalui proses oksidasi. 

Pengolahannya yang agak rumit membuat teh ini masih mahal dan jarang ada di pasaran (tapi banyak diproduksi di Cina, Jepang, dan India). Di pasaran teh putih juga terbagi menjadi beberapa jenis seperti: white peony, golden moon, silver needle, atau white cloud. Namun dibanding semua teh yang telah disebutkan diatas, white tea adalah jenis yang paling mahal.

Di samping itu white tea juga mengandung lebih banyak EGCG (epigallocatechin gallate) dan juga kafein (makin tinggi kualitas teh, makin tinggi kafeinnya). Ampun juga sebagai pembakar lemak, pencegah kanker usus besar, meringankan tumor, menghambat tumbuhnya bakteri penyebab infeksi (seperti radang tenggorokan), demam berdarah, radang paru-paru dan karies gigi) serta meringankan infeksi jamur. Penelitian Oregon University juga bilang bahwa jenis teh ini memperlambat penuaan kulit seperti kerutan dan pigmentasi. 

Jika kamu memiliki masalah seperti kulit kering, berkerut dan pecah-pecah, kamu bisa mencoba mengoleskan krim yang mengandung white tea bisa mencegah kulit kering, berkerut, dan pecah-pecah. 

Sudah tahu kan minuman herbal pengganti kopi yang aman buat kamu yang mungkin punya masalah kesehatan. Selamat mencoba ya, dan jangan lupa subscribe untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.