9 Jurus Jitu Agar Sukses Menjalani Bisnis Martabak Mini

0
Martabak ice cream
Source:mamime.co.id

Di beberapa artikel sebelumnya NewsRalali.com sudah beberapa kali membahas tentang bisnis martabak seperti bisnis martabak, martabak rendang, dan aneka resep martabak mini lainnya. Bukan tanpa alasan kami mengulas bisnis kuliner ini loh, pasalnya bisnis martabak terbilang sangat legendaris, menjanjikan dan banyak penggemarnya.

Nggak hanya menjadi kuliner yang menguntungkan, martabak bisa terbilang menjadi teman setia yang cocok di segala suasana sekaligus cocok menjadi buah tangan.

Nah, fakta-fakta di atas memang benar, tapi kamu juga harus ingat loh tidak mungkin bisnis martabak dapat bertahan lama tanpa disertai faktor penguat yang mengikutinya. Berikut adalah jurus jitu membuat usaha kuliner kamu bisa bertahan  

Miliki Uniqe Selling Point

usaha martabak
Source:Pinterest

Berani beda, dan menciptakan sesuatu yang anti mainstream itu wajib hukumnya di dunia bisnis. Ya, meskipun sih nggak semua yang “unik” itu bisa diterima begitu aja.

Tapi setidaknya cobalah untuk berani memiliki ide-ide liar tersebut. Mulai dari tempat berjualan, menu, maupun cara berjualan yang dianggap nyeleneh sekalipun. Jika ada budget lebih kamu bisa membuat design baju yang unik untuk para pekerjamu juga loh.

Pokoknya kalau mau punya banyak pengunjung dan memiliki daya tarik sendiri, jadilah penjual martabak yang berani untuk tampil beda.

Kreasi & Ekplorasi

Martabak mini es krim
Source: Hipwee

Menu yang sama seringkali membuat para customer menjadi bosan. Untuk itu cobalah untuk berkreasi dengan menu baru untuk usaha martabak kamu, yang bisa menjadi daya tarik bagi calon pembeli. Apalagi nih mengingat anak millenial yang suka penasaran sama sesuatu yang dianggap baru, dan unik. 

Seringkali yang dianggap unik itu bisa menjadi tren bahkan membuka peluang usaha baru yang nggak di sangka-sangka. Misalnya aja bisnis martabak gulung, bisnis martabak mini dengan aneka topping, mie bubble, atau jenis kreasi lainnya.

Mulai Dengan Langkah Kecil 

Bisnis martabak online
Source: Instagram

Hanya dibutuhkan beberapa langkah kecil untuk menjadi besar. Hal yang sama juga berlaku pada sebuah bisnis. Jika ingin bisnis martabak kamu ingin dikenal oleh masyarakat luas, berarti kamu harus memulainya dari lingkup terdekat dahulu.

Minta bantuan kepada orang-orang terdekat kamu untuk memberi masukan, dan bantuan untuk mempromosikan usaha martabak yang sedang kamu jalani.

Tak hanya itu manfaatkan juga social media sebagai jembatan untuk memperkenalkan bisnis kuliner. Kedua hal ini bisa menjadi strategi bisnis yang baik dan low budget. Tak hanya itu cobalah untuk melihat kompetitor yang ada, apa yang bisa dipelajari dan perlu dikembangkan lebih lagi.

Packaging yang Cantik

Packaging martabak
Source:Behance

Rasa dan kreasi martabak yang menarik memang dapat meningkatkan besarnya peluang usaha martabak yang ada, namun percaya atau tidak kemasan yang cantik juga menjadi daya tarik sendiri. Nantinya packaging yang unik dan menarik bisa menjadi konten yang bisa dipromosikan secara sukarela oleh pembeli kamu, karena dianggap instagramable dan tentunya memberikan kebanggaan tersendiri bagi customer.

Dengan begini kamu bisa memangkas biaya operasional, sekaligus melakukan promosi tanpa effort yang berlebihan. Oh ya, kemasan yang cantik tidak harus selalu mahal. Cukup tahu bagaimana bentuk dan cara mengemas yang baik agar menarik.

Tahu Perkembangan Zaman

Martabak mini
Source: mamime.co.id

Kenapa sih kamu harus tahu tren yang ada? Jawabannya sederhana, ya agar kamu bisa tahu apa yang disukai pasar saat ini dan pastinya tidak kalah bersaing dengan usaha kuliner lainnya.

Contohnya sendiri dapat dilihat dari perkembangan panganan tradisional seperti kue cubit yang sudah bisa ditemui dengan berbagai modifikasi, atau martabak yang muncul dengan berbagai topping kekinian maupun bentuk yang serba lucu martabak mini, martabak gulung dan martabak lainnya.

Excellent Service

Service di bisnis kuliner
Source: photodune

Modal usaha martabak yang nggak boleh terlupakan lainnya adalah pelayanan yang optimal. Seperti attitude yang melingkupi sikap, perilaku saat melakukan interaksi dengan orang lain. Disamping itu pastikan untuk memberikan pelayanan yang terbaik, dengan mencatat menu dengan benar, pembuatan menu yang cepat, dan masih banyak pelayanan lainnya yang bisa diberikan untuk meningkatkan loyalitas dari pelanggan.

Promo Menarik

Untuk menarik pembeli mampir ke kedai martabak, cobalah untuk membuat berbagai promo menarik dengan memberikan potongan harga, atau voucher selamat datang untuk yang pertama kali datang. Buat juga promo bundling, dimana customer kamu bisa membeli martabak dan minuman bersamaan dengan harga yang lebih murah. 

Namun ingat ya diskon tidak melulu harus selalu dilakukan, terutama untuk bisnis kuliner. Sesuaikan dengan keadaan finansial bisnis yang kamu miliki.

Perluas Jaringan Networking

Networking
Source: Pixabay

Mau bisnis kuliner berkembang cepat? Miliki partner yang bisa membantu kamu untuk mengembangkan bisnis martabak mini yang kamu miliki. Buatlah relasi dengan pabrik makanan, restoran, dan kafe. 

Namun ada baiknya untuk berhati-hati saat memilih rekan bisnis karena jika salah yang ada bisnismu bisa terancam. Pastikan dan perhatikan lebih dulu kebijakan yang mereka berikan.

Jangan Putus Asa 

Never give up
Source:Pinterset

Di berbagai kesempatan mungkin kamu akan menemui berbagai hambatan, namun itulah yang membuat kamu makin kuat dan bisa lebih bersyukur. Percayalah tidak ada usaha yang menghianati hasil.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu dalam menjalankan bisnis martabak mini yang sedang dijalankan saat ini. Jika ada pertanyaan, silahkan tinggalkan comment di kolom komentar ya.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.