Bikin Weekend Makin Asyik Dengan 4 Resep Camilan Anti Ribet

0

Malem minggu bosen sama kegiatan yang itu-itu aja. Ke mal lagi, atau nongkrong di tempat biasanya yang kamu udah hafal rasa makanan dan minumannya? Hmm, bosen juga ya.

Well, kalau udah gini paling enak sih mending ngabisin waktu weekend d rumah, sambil berkreasi dengan sesuatu yang baru, dan bisa dibuat bareng sama orang kesayangan. Lebih hemat, seru dan mengasyikan bukan?

Seperti resep yang NewsRalali bakal kasih berikut ini. Resep yang bisa dibikin di rumah dan anti ribet.

Pancake

Pancake
Source:Pixabay

Salah satu camilan sederhana yang mudah dibuat dirumah, dan bisa dibuat kamu yang masih newbie di dapur. Proses pembuatannya juga mudah, cukup mengetahui bahan-bahan pancake yang diperlukan, dan ketahui teknik dasar pembuatan kue.

Resep Pancake Sederhana

Bahan-bahan Utama membuat pancake

Bahan utama:

  • 2 cup susu
  • 1 1/2  tepung terigu
  • ½ sdt garam
  • 2 btr telur
  • ½ sdt baking powder
  • 1 sdt mentega cair
  • Pilih topping sesuai seleramu seperti ice cream, madu, atau selai buah-buahan

Cara Membuat:

  1. Masukan susu, tepung terigu, garam, baking powder, dan telur dalam satu wadah.
  2. Mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan tercampur rata dan lembut.
  3. Langkah akhir masukan mentega cair ke dalam adonan dan diamkan selama ½ jam.
  4. Panaskan mentega dalam wajan, dengan tuang adonan menggunakan ukuran yang sama. Masak hingga kecoklatan 
  5. Angkat, beri topping dan siap disajikan

Banana Oatmeal Cookies

Oatmeal cookies
Source:biggerbolderbaking.com

Siapa bilang kalau camilan sehat itu rasanya hambar dan kurang enak? Wah, berarti kamu belum tahu nih kalau ada outmeal cookies, makanan ringan yang enak, sehat, dan bisa menjadi camilan bagi kamu yang sedang menjalani program diet.

Resep outmeal cookies

Bahan-bahan:

  • 1/3 cangkir selai kacang
  • 2 pisang yang sudah matang, haluskan
  • 2 1/2 cangkir oat kering, atau
  • 1/2 cup cokelat chip

Cara membuat:

  1. Campurkan selai kacang, pisang bersamaan dan aduk hingga merata.
  2. Masukan oat dan cokelat chip
  3. Bentuk menjadi bola-bola kecil, masukkan ke dalam kulkas.
  4. Diamkan selama 1 jam di kulkas, dan siap untuk disantap

Brownies Nutella

Nutella brownies
Source: Pixabay

Perpaduan manisnya brownies dan nutella siap menggoyang lidah kamu! Sampe-sampe sepotong aja itu rasanya nggak akan cukup. Yuk bikin si brownies hitam manis yang siap bikin weekend makin asyik dan menyenangkan. 

Resep Brownies Nutella

Bahan utama:

  • 2 butir telur
  • 2 cangkir Nutella
  • 2/3 cangkir tepung terigu

Cara membuat:

  1. Tuang semua bahan bersamaan, campurkan hingga merata.
  2. Masukan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti
  3. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat selama kurang lebih 30 menit.
  4. Selamat, Nutella Brownies sudah siap kamu santap!

Martabak Mini

Bisnis Martabak mini
mamime.co.id

Resep camilan sederhana yang terbuat dari tepung terigu ini juga nggak kalah enaknya loh. Asyik buat jadi camilan atau ide usaha martabak kamu. Yuk langsung aja intip bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Aneka Resep Martabak Mini

Martabak Mini Rainbow

Martabak lenggang
Source:doyanresep.com

Bahan-bahan membuat martabak mini rainbow

  • 200 gram tepung terigu protein sedang/tinggi 
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 butir telur
  • 150 ml air
  • 200 ml susu cair atau santan 
  • ½ sdt ragi instan
  • Pewarna makanan
  • Topping sesuai selera

Cara membuat martabak mini rainbow

  1. Campur bahan – bahan seperti tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan dalam wadah yang sama.
  2. Masukan telur & mentega yang sudah dilelehkan pada wadah yang berisi bahan pertama.
  3. Aduk adonan sambil memasukan susu cair hingga tercampur sempurna.
  4. Bagi adonan menjadi 4 bagian, beri warna sesuai selera.
  5. Panaskan loyang terlebih dahulu, hingga siap untuk digunakan
  6. Tuangkan adonan di atas cetakan martabak mini
  7. Tunggu hingga 1/2 matang dan muncul pori-pori kecil di permukaan
  8. Angkat , dan lakukan tahap ini berulang hingga adonan habis.
  9. Taburi dengan topping sesuai selera.

Martabak Mini Manis

Resep Cara Membuat Martabak Manis Mini
Source: Pinterest

Bahan – bahan membuat martabak mini: 

  • 125 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 butir telur ayam
  • 180 ml air matang
  • 3 sdm gula pasir 
  • 4 sendok margarin
  • ¼ sdt ragi instan
  • ½ sdt baking powder
  • Susu kental manis
  • 2 sdm susu bubuk

Cara membuat Martabak Mini Manis

  • Masukan gula pasir, baking powder, susu bubuk, dan air bersama tepung terigu yang sudah ditapis. Aduk hingga merata.
  • Diamkan adonan selama 30 menit jika menggunakan baking powder double acting. Namun cukup diamkan 5-10 menit saja jika menggunakan baking powder single-acting.
  • Selagi adonan didiamkan sejenak, panaskan margarin, cairkan dan sisihkan.
  • Kocok lepas telur ayam hingga tercampur sempurna
  • Tambahkan margarin cair ke dalam kocokan telur 

Setelah didiamkan adonan siap, mari kita siap untuk ke tahap berikutnya

  1. Panaskan teflon dengan api kecil, lalu tuangkan adonan hingga menutupi setengah bagian loyang. Goyang memutar hingga adonan menempel.
  2. Tunggu hingga pinggiran martabak mini mengering, dan bergelembung di bagian tengah. 
  3. Lalu taburkan gula pasir secukupnya, dan tutup loyang untuk beberapa saat.
  4. Diamkan hingga matang merata selama 5-7 menit.
  5. Selagi panas, olesi martabak dengan 1 sendok margarin, susu, dan topping sesuai permintaan konsumen.

Martabak Mini Telur

Martabak telur
Martabak telur

Dalam sebuah usaha martabak, bukan hanya usaha martabak mini saja yang nggak pernah sepi penggemarnya. Karena usaha martabak telur size mini juga tetap dicintai loh. Cocok sebagai ide usaha martabak kamu nih. Namun ada yang harus diperhatikan dalam pembuatannya, pastikan adonan kulit martabak tidak mudah sobek dan bisa menutupi isian dengan baik.

Bahan-bahan martabak mini telur

Resep kulit martabak:

  • 200 gr tepung terigu protein tinggi
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 150 ml air matang
  • 50 ml minyak goreng
  • 1/2 sdt garam

Cara membuat kulit martabak mini:

  • Masukan tepung terigu dan garam dalam satu wadah
  • Aduk hingga tercampur rata, sambil memasukan telur
  • Masukan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan, hingga menjadi kalis
  • Bulatkan dan bagi adonan sama besar 
  • Istirahatkan adonan selama 15 menit, namun sebelumnya olesi dengan minyak dahulu
  • Adonan siap dijadikan kulit martabak telur.

Resep isi martabak telur:

  • 250 gr daging sapi atau daging kambing atau daging ayam giling
  • 8 butir bawang merah 
  • 4 siung bawang putih 
  • 1 buah bawang bombay
  • 2 batang daun bawang 
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt bubuk kari
  • Garam secukupnya

Cara membuat martabak mini telur (isi):

  • Panaskan wajan dan masukan minyak
  • Tumis bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay hingga tercium aroma harum
  • Masukan daging cincang, masak hingga matang.
  • Tambahkan potongan daun bawang, bumbu halus.

Cara membuat martabak mini telur

  • Ambil satu adonan kulit, tekan dengan telapak tangan hingga adonan melebar. Jika suka kamu bisa menggunakan alat penggiling.
  • Ambil dua ujung adonan, dan putar dengan gerakan memutar ke atas. Banting adonan hingga melebar, namun berhati-hati adonan menjadi sobek.
  • Lakukan gerakan ini berulang selama 2-3 kali
  • Siapkan 2 butir telur, dan kocok hingga merata.
  • Setelah telur siap, masukan isi martabak telur hingga tercampur sempurna.
  • Masukkan isi martabak telur yang sudah siap ke atas kulit.
  • Panaskan minyak goreng, dan ambil kulit yang sudah dilebarkan.
  • Masukan perlahan, sambil menuang isian ke tengah-tengah kulit martabak
  • Siramkan beberapa minyak ke atas isi martabak dan lipat ujung kulit hingga menutupi bagian isi.
  • Goreng martabak dengan cara dibolak-balik sampai menjadi kuning keemasan.

Udah tahu dong weekend ini mau bikin apa? Nah resep camilan di atas bisa kamu aplikasikan juga dalam bisnis martabak kamu loh. Untuk tahu artikel lainnya yuk melipir ke NewsRalali.com

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar