Tips Sukses Bisnis Kafe Dengan Modal Terbatas

0

Setuju nggak sih kalau sukses hampir menjadi goal utama kebanyakan orang dalam hidup ini, termasuk buat mereka yang menggeluti dunia bisnis kafe. Tak jarang para pelaku usaha rela mengocek dalam-dalam bujet mereka untuk beriklan, membuat dekorasi tempat yang unik, maupun hal penunjang lainnya yang bisa menarik pembeli.

Nah, tapi bagaimana kalau modal yang dimiliki terbatas? 

Tenang Ini dia rahasianya mengembangkan bisnis kafe tanpa perlu menghabiskan banyak dana. 

Memanfaatkan aset Pribadi

Coffee shop
Source: Pixabay

Jika kamu bermimpi ingin memiliki bisnis kafe sendiri, mulailah dengan aset yang kamu miliki misalnya lahan yang tidak terpakai bisa disulap menjadi tempat usaha. Eits, tapi bukan sembarang tempat ya, plilihlah lahan yang berlokasi mudah dijangkau, dan berpotensi ramai pengunjung.

Kalaupun tidak ada lahan sendiri, kamu bisa bekerjasama dengan orang-orang yang memiliki tempat, yang nantinya bisa menjadi partner kerja.

Berfokus Pada Satu Menu

Es kopi kekinian
Source: Kumparan

Banyak kafe terkenal yang hanya memiliki menu terbatas, atau bahkan hanya menyediakan satu menu saja. Sebutkanlah seperti kedai kopi, bisnis roti, susu maupun es krim. Hal ini sendiri bisa memperlihatkan kalau bisnis kafe lebih mudah untuk dijalankan ketimbang bisnis restoram atau bisnis kuliner lainnya yang harus mempersiapkan minimal 10 menu saat memulai usahanya.

Meskipun hanye berfokus pada satu menu saja, jangan lupa untuk mengikuti tren dan berkreasi dengan menu yang ada, agar nantinya bisa menjadi daya tarik bagi pembeli kamu.

Maksimalkan Sumber Daya Manusia

event Coffee Journey
Himawan Pradipta , Copywriter dari Mokapos,

Saat memulai usaha kafe dan bisnis jenis apapun, disarankan untuk tidak merekrut karyawan terburu-buru. Tangani sendiri segala sesuatunya, hingga kamu merasa memiliki modal usaha tambahan atau profit yang lebih.

Buatlah skala prioritas yang harus didahulukan,dan mengeliminasi apa yang tidak perlu. Nantinya setelah mendapat banyak pengunjung, dan keuntungan barulah kmau boleh memikirkan untuk merekrut karyawan. 

Strategi Marketing

Es kopi kekinian
Source: Instagram

Di zaman yang serba canggih kamu bisa memasarkan marketing bisnis kafe kamu melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Pinterest yang bisa menjadi media promosi secara cuma-cuma.

Gunakan aplikasi terkini untuk membuat foto-foto yang ditampilkan lebih menarik, dan caption yang bisa mengundang viewers. Tak hanya itu siapkan juga sedikit bujet untuk memberikan diskon atau give away kepada pelanggan pertama kamua.

Buat Konsep Kafe Seunik Mungkin

Memulai bisnis coffee shop

Tempat yang nyaman, dan instagramable bisa menjadi daya tarik sendiri bagi customer untuk mengunjungi suatu tempat. Perhatikan setiap detailnya, jika target pasar kamu adalah anak muda, makan buatlah konsep kafe yang unik, dan penunjang lainnya seperti wi-fi, spot foto yang menarik dan jangan lupakan menu kafe itu sendiri.

Oh ya desain interior yang unik dan keren nggak harus mahal loh, karena kamu bisa menemukan berbagai peralatan kafe di Ralali.com dengan harga terjangkau

Itu dia tips sukses mengembangkan bisnis kafe dengan modal terbatas. Terus ikuti informasi menarik lainnya seputar bisnis kuliner seperti bisnis martabak, dan minuman segar kekinian yang bisa menjadi ide bisnis kamu. 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar