Pemberian Nebulizer Pada Anak Yang Batuk

0
cara menggunakan nebulizer
Pemberian Nebulizer Pada Anak Yang Batuk

Nebulizer ialah sebuah alat yang bisa mengubah zat cair ke dalam zat uap. Biasanya pemberian nebulizer diberikan kepada orang yang mengidap gangguan sistem pernafasan semisal batuk, pilek, ataupun obstruksi atau penyumbatan saluran pernafasan yang diakibatkan oleh dahak. Umumnya nebulizer diberikan kepada bayi ataupun anak-anak, sebab pada usia tersebut belum bisa mengeluarkan dahak dengan optimal.

Baca: Cara Menggunakan Nebulizer

Pada penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) yang ditandai dengan peradangan disertai batuk, pilek, adanya dahak, bisa mengganggu kebersihan jalan napas membuat aliran oksigen ke paru-paru tidak lancar, dahak inilah yang harus kita bersihkan. Untuk bisa membersihkan dan mengeluarkannya dahak harus kita buat lebih encer, di sinilah fungsi pemberian Nabulizer.

Nebulizer umumnya berupa cairan yang diberi obat bronkodilator dan ekspektoran. Bronkodilator berfungsi untuk melebarkan otot-otot saluran pernapasan, sedangkan ekspektoran sebagai pengencer dahak. Cairan ini akan di rubah menjadi uap oleh Nebulizer yang diberikan dengan cara menghirup uapnya.

Dengan pemberian obat melalui Nabulizer dahak akan lebih encer dan saluran nafas lebih meluas sehingga dahak lebih mudah keluar saat batuk dibantu dengan menepuk ringan pada bagian dada dan punggung. Manfaat pemberian Nabulizer biasanya langsung terasa, pada kasus berat pemberian Nabulizer harus rutin agar tidak terjadi penumpukan dahak atau mukus.

Sebenarnya pengobatan dengan cara Nebulizer bukanlah teknik baru dalam pengobatan gangguan saluran pernapasan. Sebelum ada Nebulizer baskom berisi air hangat biasa digunakan untuk melegakan pernapasan dengan menghirup uap air hangat yang ada di baskom. Jika dahak terlalu lama menyumbat saluran napas dampaknya adalah gangguan oksigenasi (sesak dan kekurangan oksigen) pada jaringan tubuh.

Alat nebulizer umumnya terdiri dari mesin nebulizer, masker, wadah obat dan kompresor. Nebulizer kompresor cenderung berat dan berisik, saat ini beberapa perusahaan telah mengembangkan mesin nebulizer portabel yang lebih kecil, sehingga pasien asma dapat melakukan perawatan nebulizer mereka saat bepergian.

Biasanya nebulizer kera dipergunakan untuk terapi penyakit asma. Nebulizer dipergunakan dengan cara menghirup larutan obat yang sudah diubah menjadi bentuk kabut. Alat ini sangat cocok dipakai oleh anak-anak, usia lanjut serta seseorang yang tengah mengidap penyakit asma yang parah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.