Apakah Pemeliharaan dengan Perawatan itu Sama ?

1
Apakah Pemeliharaan dengan Perawatan itu Sama ?
Image: imgkid.com

Apakah Pemeliharaan dengan Perawatan itu Sama ? – Pemeliharaan serta perawatan tidaklah sama, untuk pengertian pemeliharaan ialah suatu tindakan yang dilakukan pada sebuah alat ataupun produk supaya alat atau produk tersebut tak mengalami kerusakan, tindakan tersebut meliputi penyetelan, pelumasan, pemeriksaan pelumas, serta mengganti spare part yang sudah tak layak pakai.

Sedangkan untuk pengertian dari perawatan ialah tindakan perbaikan yang dilakukan pada sebuah alat yang sudah mengalami kerusakan supaya alat yang rusak tersebut bisa dipergunakan kembali.

Kesimpulannya yaitu pemeliharaan dilakukan sebelum suatu alat atau produk mengalami kerusakan dan mencegah terjadinya kerusakan, sedangkan perawatan yaitu dilakukan setelah suatu alat mengalami kerusakan (perbaikan). Sehubungan dengan maintenance ini diperlukan alat pendukung untuk sebuah industri untuk mengukur sebuah lapisan seperti lapisan cat, ketebalan seng, ketebalan fiber, ketebalan besi ataupun ketebalan lainnya.

Preventive Maintenance

Preventive Maintenance ialah kegiatan pemeliharaan serta perawatan yang bertujuan untuk mencegah adanya kerusakan-kerusakan yang tak terduga serta untuk menemukan kerusakan ketika dipergunakan.

Predictive Maintenance.

Predictive Maintenance ialah tindakan yang bertujuan untuk mengetahui kemungkinan terjadi kerusakan terhadap unit secara sedini mungkin. Dengan diketahuinya keadaan pada peralatan tersebut maka dengan begitu bisa mencegah supaya peralatan tersebut tak breakdown ketika digunakan yang bisa mengakibatkan terjadinya stagnasi proses produksi. Predictive maintenance sendiri terdiri atas merger tester, vibro tester, thickness tester.

Merge Tester.

Alat yang dipakai untuk mengetahui ketahanan isolasi dari electromotor, jika ketahanan pada electromotor rendah maka perlu dilakukan yang namanya serlak ulang. Apabila tak dilakukan serlak ulang maka electromotor dapat terbakar.

Vibro Tester.

Fungsi dari alat Vibro Tester ini ialah untuk mengetahui getaran pada peralatan semisal bearing. Apabila besaran getarannya sudah melampaui batas standar maka harus diganti atau mesti ditambah grease (gemuk).

Thickness tester

Sedangkan fungsi dari thickness meter ialah untuk mengetahui ketebalan pada unit serta laju keausan suatu alat, sehingga bisa direncanakan kapan waktu untuk menggantinya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
1 Komen
  1. Ahmad berkata

    Mantap… Sangat bermanfaat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.