Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Franchise

0

Memiliki sebuah usaha adalah salah satu keinginan bagi para pelaku bisnis pemula. Adapun salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan oleh pebisnis pemula adalah usaha waralaba. 

Bisnis franchise adalah jenis sistem usaha yang memasarkan barang dan jasa yang terbukti berhasil dan dapat digunakan oleh pihak lain dalam bentuk perjanjian khusus dengan pemilik usaha yakni perjanjian waralaba.

bisnis franchise
imagesource : neighborly

Bisnis franchise ini memang sangat memudahkan pemilik usaha pemula yang ingin menjalankan bisnis secara otomatis atau autopilot. Mungkin terdengar sangat mudah dalam menjalankan bisnis franchise namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam berbisnis franchise diantaranya bisnis ini tidak bisa Anda rubah sistem penjualannya dan cenderung sulit berinovasi.

Selain itu ada beberapa tantangan dalam membuka franchise terutama bagi pelaku usaha pemula yang mana tentu akan merepotkan. Nah sebelum melakukan bisnis apapun pasti memerlukan kiat dan persiapan yang matang. Apa yang perlu diperhatikan saat franchise? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pilih Bidang Bisnis Franchise yang Sesuai Minat

Memulai sebuah usaha apapun itu, tentu Anda harus memiliki minat dan passion yang tinggi untuk menjalankannya. Terkadang bisnis yang dijalankan dengan minat yang tinggi akan cenderung berjalan dengan baik daripada menjalankan bisnis tanpa memiliki minat sama sekali.

Misalnya saja Anda suka sekali makan kebab maka Anda bisa membuka franchise kebab timur tengah yang cocok untuk Anda. Ketimbang Anda membuka usaha minuman kopi yang belum tentu Anda passion didalamnya. Maka dari itu dengan minat yang kuat maka dapat mendukung perkembangan bisnis Anda.

Persiapkan Mental Sebelum Membuka Bisnis Franchise

Dalam menjalankan sebuah usaha, hendaknya Anda mempersiapkan mental dengan baik. Mengapa hal ini diwajibkan? Karena banyak sekali pesaing yang sudah memiliki pengalaman daripada Anda yang mana jika Anda tidak siap mental maka Anda mudah untuk putus asa yang berakibat kegagalan bisnis Anda sendiri. 

Maka dengan mental yang baik, jika terjadi kegagalan Anda akan lebih cepat untuk bangkit kembali dan menjalankan bisnis menjadi lebih baik lagi kedepannya.

Cek juga pilihan franchise murah yang cocok buat pemula ini.

Pelajari Bisnis Franchise yang Dipilih

Dalam menjalankan bisnis waralaba Anda bisa memilih jenis usaha frannchise yang Anda, namun perlu Anda ketahui tentang si brand tersebut terlebih dahulu sebelum membelinya. Carilah bisnis yang cocok dengan minat Anda serta memiliki pengalaman yang lebih lama yang pasti sudah terbukti akan usahanya yang lebih kredibel.

Dalam mempelajari bisnis franchise yang dipilih Anda bisa menanyakan beberapa point penting seperti misalnya berapa modal usaha yang diperlukan, berapa cabang yang sudah dibuka, fasilitas apa saja yang diberikan oleh pemilik brand, sistem pendapatannya bagi hasil ataupun fee royalti yang harus dibayarkan ke pemilik brand.

Siapkan Lokasi yang Tepat dan Strategis

Lokasi adalah pilihan yang sangat vital apalagi lokasi yang strategis sangat mempengaruhi penjualan produk Anda. Banyak sekali kesalahan dari pemilik franchise dengan memilih lokasi yang jauh dari keramaian atau sulit untuk dijangkau sehingga bisnisnya cepat sekali gulung tikar.

Lakukan survei terhadap beberapa tempat yang dijadikan sebagai tempat bisnis. Setelah melihat kondisi tempat, maka Anda dapat menggunakan media sosial untuk membantu Anda dalam menentukan lokasi mana yang paling strategis. Perhatikan juga adanya persaingan disekitar lokasi untuk dapat mengantisipasi penjualan kedepannya.

Siapkan Modal dan Dokumen yang Diperlukan

Dalam memilih sebuah bisnis franchise alangkah baiknya Anda memanam modal yang cukup. Adapun kiat dalam memilih franchise yakni jangan memilih bisnis franchise yang murah tetapi juga perhatikan nilai return yang dihasilkan dari pendapatan penjualannya juga. 

Selain itu Anda juga tidak ingin mendapatkan bisnis franchise dengan reputasi yang buruk. Dengan modal yang murah namun tidak menghasilkan apa-apa tentu akan membuat semua usaha Anda percuma bukan?.

Maka dari itulah tabung saja modal yang sudah ada untuk dan kumpulkan untuk membeli franchise yang lebih tinggi nilai investasinya dan tentu memiliki nilai reputasi yang lebih baik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.