promo hari ini

Resep Brownies Kukus Amanda yang Enak dan Nikmat

0

resep brownies kukus amanda

Brownies kukus merupakan salah satu dari varian brownies yang masih digemari oleh banyak orang hingga sekarang. Teksturnya yang lembut, dan cokelatnya yang padat membuat banyak orang langsung jatuh cinta pada gigitan pertama. Di antara banyaknya brownies kukus yang ada di pasaran, brownies kukus Amanda adalah salah satu yang terbaik. Namun sayangnya tidak semua orang dapat membeli brownies Amanda karena keterbatasan jarak. Untuk Anda yang penasaran dengan bagaimana rasanya tapi tidak sempat untuk membelinya, maka Anda bisa membuatnya langsung di rumah.

Resep Brownies Kukus Amanda yang Enak dan Lezat

Untuk 1 loyang brownies ukuran 20x20cm

Bahan A

Bahan B

Bahan C

Bahan D

  • 75 ml susu kental manis (SKM)

Cara Membuat Brownies Kukus Amanda

  1. Siapkan dan timbang semua bahan yang sudah disiapkan dengan benar. Campurkan semua bahan C, panaskan dengan menggunakan api kecil sambil sesekali diaduk hingga cokelatnya meleleh. Akan tetapi pastikan adonan tersebut tidak sampai mendidih. Segera angkat sebelum mendidih dan sisihkan.
  2. Siapkan loyang kotak 20×20 cm. Oleskan loyang tersebut dengan margarin dan taburkan terigu, kemudian sisihkan.
  3. Panaskan kukusan di atas api kecil, dan alasi penutupnya dengan serbet bersih.
  4. Selanjutnya, di dalam sebuah wadah, kocok semua bahan A menggunakan mixer, mulai dari speed rendah ke tinggi sampai adonan mengembang, putih, kental dan berjejak. Matikan mixernya. Sisihkan.
  5. Campur jadi satu semua bahan B, kemudian ayak di atas adonan bahan A. Saat menuangkan bahan B, bagi menjadi dua tahap pengadukan. Satu tahap, aduk sampai rata. Kemudian, sisa adonan B dimasukkan kembali untuk tahap tahap kedua dan aduk hingga rata lagi. Setelah itu, Aduk balik perlahan dengan spatula sampai adonan benar-benar rata.
  6. Ambil beberapa sendok adonan yang sudah tercampur rata tersebut, kemudian campurkan dengan bahan C yang telah dilelehkan tadi. Aduk sampai rata. Tuangkan campuran adonan dan bahan C pada adonan inti, kemudian aduk balik sampai semua homogen dan tercampur dengan rata. Cara ini guna meminimalisir kue bantat karena mengaduk adonan hingga mengalami over mix. Cara ini pun memudahkan adonan tercampur rata.
  7. Ambil sekitar 7 sdm penuh adonan inti, kemudian campur dengan bahan D. Aduk rata, kemudian sisihkan (untuk lapis 2). Sisa adonan yang lain dibagi menjadi dua bagian sama rata, untuk lapis 1 dan 3.
  8. Tuang bagian adonan lapis 1 ke dalam loyang. Kukus adonan sekitar 20 menit dalam api sedang. Kemudian, buka kukusan, tuang adonan yang telah dicampur SKM/lapis 2. Kukus adonan selama 15 menit. Buka kukusan tersebut, terakhir tuang adonan lapis 3 terakhir, kemudian kukus kembali selama 20 menit. Angkat loyang dan segera keluarkan kue secara perlahan.
  9. Akan tetapi, jangan langsung potong-potong browniesnya. Lebih baik memotongnya saat adonan sudah dingin.
  10. Brownies siap disajikan.

Ada sejumlah tips yang harus Anda perhatikan, seperti di bawah ini:

  • Apabila Anda ingin brownies yang Anda buat bercokelat padat dan enak, gunakan bubuk cokelat dengan kualitas bagus. Pilihlah cokelate dengan bubuk yang berwarna pekat dan sedikit pahit. Ingat, kualitas dari cokelat ini akan berpengaruh pada hasil akhir brownies yang Anda buat.
  • DCC dapat menggunakan merk apapun, asal jangan menggunakan yang dark supaya warna brownies bisa berwarna cokelat pekat. Anda bisa menggunakan merk collate atau tulip.
  • Anda harus selalu memanaskan kukusan terlebih dahulu sebelum adonan akhirnya masuk. Hal ini dilakukan guna kue mengembang sempurna dan tidak bantat.
  • Gunakan api yang sedang saja selama kue dikukus. Jika api yang Anda gunakan terlalu besar, maka permukaan kue akan bergelombang, alias kue menjadi tidak rata.
  • Lapisi tutup kukusan dengan menggunakan kain serbet yang bersih supaya uap air tidak menetes ke kue saat dikukus. Namun bila Anda menggunakan klaklat yang bertutup runcing saat proses pengukusan maka bisa skip cara ini karena biasanya bentuk runcing tidak akan membuat air menetes ke bawah.

Terlepas dari semua tips di atas, membuat brownies kukus Amanda sangat mudah dan murah. Mungkin pertamanya Anda akan sedikit kesulitan karena khawatir ada step yang terlewat. Namun tidak usah khawatir karena bisa dipastikan Anda akan berhasil membuat brownies kukus Amanda ini di rumah. Anda tidak harus membelinya lagi di luar dan bisa menyajikannya sendiri di rumah. Selamat mencoba.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.