Risiko Tinggi Bekerja di Industri Pertambangan

0
Bekerja di Industri Pertambangan jual alat safey alat tambang
Image:

Risiko Tinggi Bekerja di Industri Pertambangan – Salah satu karakteristik industri pertambangan ialah High Risk atau Berisiko Tinggi. Pemakaian peralatan dengan teknologi yang tinggi hampir 24 jam digunakan dalam sehari serta melibatkan banyak sarana serta prasarana. Hal tersebut tak jarang menyebabkan banyak kecelakaan entah itu berdampak kerugian kecil saja ataupun hingga sampai kehilangan nyawa.

Baca: Seberapa Penting kah Pakaian Pelindung Kerja ketika Bekerja ?

Dalam langkah meminimalkan terjadinya kecelakaan, pihak perusahaan akan melakukan penilaian risiko belum melakukan pekerjaan. Penilaian risiko tersebut menjadi dasar di dalam pengembangan program kerja guna memastikan pekerjaan bisa dilakukan dengan aman. Pekerjaan akan diklasifikasikan menjadi sejumlah klasifikasi risiko guna menentukan tingkat prioritas di dalam melakukan pengendalian. Pada umumnya pekerjaan yang mempunyai risiko lebih tinggi akan lebih diutamakan dalam pengendaliannya dibandingkan dengan pekerjaan yang mempunyai risiko lebih rendah.

Berikut ini beberapa pekerjaan di industri pertambangan yang umumnya mempunyai risiko tinggi.

Explosives & Blasting
Dalam menjalankan kegiatan pertambangan, pihak perusahaan akan memakai peledakan guna memudahkan dalam mengeksploitasi bahan galian. Alasan kegiatan peledakan mempunyai risiko yang tinggi sebab bisa berdampak luka berat hingga bisa berakibat kematian.

Mobile Equipment
Statistik kecelakaan menunjukkan bahwa hampir 70% melibatkan Mobile Equipment. Mobile Equipment merupakan sejumlah peralatan yang digerakkan oleh mesin yang dipakai di pertambangan semisal truk pengangkut, kendaraan kecil atau Light Vehicle, Excavator. Besarnya kecelakaan serta keparahan akibat kecelakaan yang berhubungan dengan Mobile Equipment menjadikan seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan Mobile Equipment masuk ke dalam golongan risiko tinggi.

Working at Height
Bekerja di atas ketinggian pun termasuk ke dalam pekerjaan yang mempunyai risiko tinggi, data kecelakaan yang berkaitan dengan Working at High, menyebabkan tingkat keparahan yang tinggi terhadap pekerja. Pekerjaan jenis ini kerap dilakukan pada pekerjaan konstruksi bangunan serta maintenance peralatan berat.

Towing dan Lifting
Towing dan Lifting atau Penarikan dan Pengangkatan pun termasuk ke dalam pekerjaan yang mempunyai risiko tinggi, maka dari itu perencanaan terhadap pengangkatan atau Lifting Plan mesti benar-benar dijalankan supaya bahaya dari Towing dan Lifting bisa dikontrol. Yang mesti diperhatikan ialah kesesuaian peralatan angkat serta peralatan bantu angkat terhadap beban yang akan diangkat ataupun beban yang ditarik.

Confined Space
Pekerjaan yang mengharuskan seorang pekerja melakukan pekerjaan pada ruangan terbatas (Confined Sapace) begitu banyak dilakukan di industri sektor pertamangan semisal pembersihan tangki BBM, pengelasan Tanur, serta pengelasan tangki air. Bahayanya pekerjaan ini ialah kekurangan oksigen serta menghirup gas yang berbahaya.

Itulah sejumlah pekerjaan yang mempunyai risiko tinggi pada industri sektor pertambangan. Untuk meminimalisir bahaya kecelakaan, lakukanlah prosedur bekerja sesuai standar dan jangan lupa pula untuk selalu mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) atau alat safety sesuai dengan standar.

Untuk melihat berbagai alat safety dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual alat safety dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.