Seberapa Penting Simbol Tidak Boleh Menyalakan Api di Sekitar Pabrik ?

0
Seberapa Penting Simbol Tidak Boleh Menyalakan Api di Sekitar Pabrik ?
Image: www.nicabm.com

Seberapa Penting Simbol Tidak Boleh Menyalakan Api di Sekitar Pabrik ? – Apakah Anda pernah melihat simbol tanda atau tidak boleh menyalakan api di sekitar area pabrik ? Bagi anda yang bekerja di pabrik pastinya pernah melihat simbol api ini. Simol dengan gambar api dan dengan garis melengkung di tengahnya ini mempunyai arti, bahwa dilarang menyalakan api di sekitar lingkungan pabrik, mengapa demikian ? Apakah kita mesti mematuhi peraturan tersebut ? lantas apa yang terjadi apabila kita menyalakan api di sekitar pabrik ?

Baca: Inilah Pentingnya Tanda Keselamatan Kerja di Lingkungan Kerja

Dalam artikel ini akan memberikan informasi mengenai makna simbol tak boleh menyalakan api di sekitar area pabrik, serta simbol lainnya yang terpasang di pabrik.

Mengapa terdapat simbol tak boleh menyalakan api di sekitar area pabrik ?

Di pabrik besar pada umumnya akan dipasang sejumlah peringatan semisal peringatan mesti memakai Helem Safety, mesti mengenakan baju pengaman diri, tidak boleh merokok, mengetahui dan memahami penggunaan alat pemadam, mesti mengenakan masker, mengenakan Sepatu Safety, tidak boleh menyalakan api dan yang lainnya. Tujuan dari pemasangan simbol peringatan tersebut untuk menjaga keselamatan kerja setiap pekerja dan untuk menjaga supaya tidak terjadinya kecelakaan kerja semisal kebakaran. Terutama apabila di dalam pabrik tersebut terdapat banyak bahan kimia yang mudah terbakar ataupun banyak mesin yang berbahaya. Peringatan-peringatan tersebut tentunya tak dapat diacuhkan.

Begitu pula dengan simbol tak boleh menyalakan api di sekitar area pabrik. Keberadaan simbol ini sangatlah penting, banyak pabrik yang sudah memasang simbol tak boleh menyalakan api ini bahkan hampir di setiap sudut pabrik supaya setiap pekerja tak lalai untuk menyalakan api di sekitar area pabrik. Pemasangan yang super ketat ini umumnya diterapkan oleh pabrik yang terdapatkan bahan mudah meledak atau terbakar semisal pabrik plastik, kimia, karet dan yang lainnya. Dengan dipasangnya simbol tak boleh menyalakan api ini, maka diharapkan kecelakaan kerja dapat dihindari.

Simbol Lainnya yang Dipasang di Pabrik

Tidak hanya simbol tak boleh menyalakan api di sekitar pabrik saja yang dipasang, namun banyak juga simbol-simbol lainnya yang kerap dipasang semisal dilarang merokok, dilarang menghidupkan telepon genggam dan yang lainnya. Larangan tersebut bukan tidak mempunyai maksud serta tujuan. Walaupun nampaknya secara sepintas tak berbahaya, akan tetapi hal tersebut dapat membahayakan, contohnya menghidupkan Telepon genggam atau HandPhone. Gelombang elektromagnetik yang terdapat pada handphone bisa memicu terjadinya keadaan sehingga bisa menimbulkan percikan api yang akan menyebabkan kebakaran. Maka dari itu, alangkah baiknya sebagai karyawan pabrik mesti mematuhi semua aturan-aturan yang sudah di tetapkan guna kepentingan bersama.

Itulah informasi mengenai simbol tidak boleh atau dilarang menyalakan api di sekitar area pabrik. Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan serta bermanfaat. Jangan lupa selalu sediakan alat pemadam api untuk meminimalisir terjadinya risiko kebakaran.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar