Syarat Membuka Franchise Indomaret Beserta Perkiraan Biaya

0

Bisnis waralaba di Indonesia cukup berkembang yang dilandasi dari banyaknya perusahaan yang menawarkan sistem kerjasama franchise seperti misalnya franchise Indomaret. Indomaret sebagai perusahaan yang bergerak dibidang retail sejak tahun 1997 memulai bisnis franchise untuk membuka peluang bagi masyarakat yang ingin berbisnis waralaba.

cara membuka franchise indomaret
imagesource : kumparan

Perusahaan milik Anyhoni Salim ini memulai bisnis retail Indomaret dalam naungan PT Indoritel Makmur International Tbk. Indomaret memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam urusan retail di Indonesia terutama di bidang minimarket yang dapat kita lihat dibanyak tempat bahkan disetiap gang di dekat pemukiman di pulau Jawa. Jumlah gerai Indomaret hingga saat ini sudah berjumlah 700 gerai yang didukung dengan format bisnis waralaba yang baik.

Dikutip dari laman resminya jumlah gerai Indomaret per maret 2022 sudah mencapai 19.891 gerai. Dengan jumlah gudang yang dapat memasok barang dagangan ke seluruh gerai lebih dari 42 pusat distribusi Indomaret yang melayani 5.000 jenis produk.

Apakah Anda salah satu orang yang ingin menjadi mitra franchise Indomaret? Sebelum memulai maka perlu melihat pembahasan berikut ini agar lebih paham akan syarat dan apa saja keuntungan bergabung dengan Indomaret.

Syarat-Syarat Franchise Indomaret

Franchise Indomaret memudahkan para pelaku bisnis untuk bekerja sama dengan syarat persyaratan yang mudah, berikut persyaratan untuk dapat bekerja sama franchise Indomaret.

  • Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki tempat usaha di area komersial dengan luas minimal 120-200 m2.
  • Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket seperti IMB/PBG, NPWP, PKP, Ijin Lingkungan, Domisili (apabila diperlukan), NIB, STPW dan Ijin Lainnya Sesuai Ketentuan Perizinan yang berlaku
  • Menyediakan modal investasi yang diperlukan.
  • Memiliki jiwa enterpreneur dan berminat dalam menjalankan bisnis waralaba Indomaret.

Rekomendasi franchise minimarket ini juga ga kalah menguntungkan!

Daftar franchise minimarket

Estimasi Biaya yang Dibutuhkan untuk Membuka Franchise Indomaret

Berapa biaya franchise Indomaret? Pertanyaan ini bisa kita bahas satu persatu mulai dari estimasi modal awal hingga perincian biaya belum termasuk sewa bangunan yang dibutuhkan dibawah ini:

  • Royalty fee untuk 5 tahun : Rp 36 juta.
  • Renovasi toko dan tambahan daya listrik : Rp 221,5 juta.
  • Peralatan elektronik dan non elektronik seperti kasir, CCTV, rak, dll : Rp 227 juta.
  • Promosi pembukaan toko : Rp 9,5 juta.
  • Total investasi berkisar : 494 jutaan.

Untuk royalty fee bisa gratis hingga penjualan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 175 juta perbulan. Selebihnya royalty akan dikenakan dengan kelipatan 1% per 25 juta maksimal 4%.

Langkah-Langkah Bergabung Franchise Indomaret

Bagi Anda yang berminat buka franchise Indomaret maka Anda harus mengisi formulir pendaftaran franchise di website resminya indomaret.co.id/home/index/terwaralaba.

Selain itu bagi Anda yang hanya menyewakan lokasi saja bisa mengisi formulir di form ini indomaret.co.id/home/index/form-penawaran-sewa-lokasi. Lokasi ini bisa diseluruh wilayah Pulau Jawa, Aceh, Bali, Medan, Pekanbaru, Lombok, Lampung,Palembang, Pontianak, Samarinda, Makassar, Kendari, Manado, serta Ambon.

Berikut adalah tahapan dalam bergabung dengan franchise Indomaret:

  1. Presentasi Awal

Presentasi bisa dimulai dengan Anda membawa berkas-berkas yang dapat mendukung lokasi tempat usaha seperti sertifikat bangunan, IMB, KK, KTP, jika sudah ada Anda bisa melampirkan SIUP, NPWP, TDP, PKP, dan denah lokasi.

Dalam presentasi awal ini Anda akan mendapatkan penjelasan seputar detail mekanisme kerjasama, investasi awal, keuntungan perbulan, dan sistem pengoperasionalan toko.

  1. Presentasi Kedua

Presentasi kedua ini akan dilakukannya survey kelayakan dan Rencana Anggaran Biaya atau RAB yang berkaitan dengan besarnya investasi yang akan diperlukan. 

Setelah itu Anda akan dilanjutkan untuk tandatangan MoU atau Nota kesepakatan yang mencakup poin penting dalam hal pembagian tugas antara pihak Indomaret dengan franchisee dalam mempersiapkan pembukaan toko, renovasi bangunan, persiapan perlengkapan dan peralatan toko, dan training karyawan, dan termin pembayaran.

  1. Pembukaan Gerai Indomaret.

Apabila semua sistem sudah ditentukan maka tahap selanjutnya adalah pembukaan toko dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Sebelum membuka toko maka Anda akan diwajibkan untuk tandatangan Surat Perjanjian Waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.

Adapun hal-hal yang berkaitan dengan dukungan pihak Indomaret terhadap pengelolaan toko seperti:

  • Survey kelayakan lokasi usaha.
  • Perencanaan RAB.
  • Kelayakan investasi.
  • Perencanaan dan tata ruang gerai.
  • Renovasi gerai.
  • Pembelian peralatan dan perlengkapan gerai.
  • Pemilihan dan pelatihan karyawan.
  • SOP dan penggajian Karyawan.
  • Administrasi keuangan dan operasional toko.
  • Seleksi dan kredit barang dagangan tanpa bunga dan tanpa jaminan.
  • Program marketing dan promosi penjualan.

Keuntungan Memiliki Franchise Indomaret

Adapun kelebihan dan keuntungan dalam bisnis retail terutama franchise Indomaret bagi para mitranya diantaranya:

  1. Bisnis franchise yang menyediakan kualitas terbaik dengan harga yang termurah.
  2. Investasi franchise yang kompetitif.
  3. Penempatan toko yang dekat dengan hunian dan strategis.
  4. Mampu memberikan promosi yang menarik.
  5. Mendukung pembayaran virtual yang memudahkan konsumen dalam melakukan pembayaran.
  6. Pengguanan plastik yang ramah lingkungan.
  7. Hingga pengalaman dibidang retail yang lama dan profesional.

Kesimpulan

Dari bahasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa franchise Indomaret sangat menguntungkan bagi para mitranya. Dengan pengalaman yang sudah lama dan banyak dikenal masyarakat Indonesia maka bisnis retail franchise Indomaret ini bisa dapat berkembang dengan cepat. Maka dari itu Indomaret ini menjadi salah satu rekomendasi franchise di bidang retail yang terbaik.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.