5 Cara Menaklukan Rasa Takut Dalam Berbisnis

0

Untuk membuat perubahan dalam hidup dibutuhkan satu langkah kecil untuk memulainya, namun terkadang rasa takut yang ada di dalam pikiran kita, membuat Anda tidak berani untuk melangkah.

Sama halnya dengan berbisnis jika rasa takut Anda lebih besar maka itu akan berdampak negatif, dan menjadi penghalang dalam mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Hal – hal seperti inilah yang biasanya dialami oleh mereka yang masih baru memasuki dunia bisnis.

Mungkin Anda bertanya – tanya Bagaimana saya memulai usaha ini? Apakah produk saya akan laku dipasaran ? Bagaimana jika bisnis ini mengalami kegagalan ? Bagaimana jika …, dan sebagainya.

Sangat wajar jika Anda memiliki ketakutan tersebut, mengingat mungkin ini pengalaman pertama Anda dalam berbisnis, atau Anda pernah gagal sebelumnya. Namun tahukah Anda kalau hampir 90 % ketakutan yang ada di dalam pikiran Anda tidak pernah terjadi ?

Nah ketimbang terus memikirkannya ada baiknya kita lihat tips berikut ini, agar dapat meminimalisir rasa takut Anda.

 

  • Optimis Saat Menjalani Prosesnya

Setiap proses dalam menjalankan bisnis akan menghadapi tantangannya sendiri dan jika sudah terburu membayangkan hal – hal buruk yang belum terjadi, hal ini akan menjadi penghambat Anda untuk menjadi pengusaha yang sukses. Memang harus diakui tidak selamanya bisnis akan berjalan mulus, tapi setidaknya cobalah untuk memiliki pikiran yang positif dan optimis sehingga Anda bisa mencapai tujuan.

 

  • Business Plan

Bisnis yang belum direncanakan secara matang dapat menjadi boomerang  bagi diri Anda sendiri. Jangan salahkan keadaan jika hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan ekspektasi. Selain itu rencana yang baik dapat mengurangi tekanan saat Anda memulai bisnis baru ini.

 

  • Berani Mengambil Risiko

Jika Anda sudah memutuskan untuk berbisnis, selain bekal uang modal yang terpenting adalah Anda harus memiliki keberanian. Harus diingat dalam berbisnis berani mengambil resiko adalah hal yang wajar, dan jangan berhenti ditengah jalan jika Anda mengalami kegagalan.

 

  • Be Realistic

Tidak ada yang instan dalam berbisnis. Tidak dipungkiri bahwa membangun bisnis dapat memakan waktu berbulan – bulan, bahkan hitungan tahun agar Anda bisa mendapat hasil dari bisnis Anda. Hal seperti ini perlu kita ketahui agar kita tidak kecewa, jika bulan – bulan pertama Anda belum mendapat hasil yang diinginkan.

 

  • Memiliki Support System

Keluarga dan partner kerja yang memiliki visi yang sama adalah support terbaik dalam hidup, bahkan disaat Anda ingin menyerah pada keadaan. Orang – orang yang berada disekeliling Anda dapat memberikan semangat serta dukungan moril agar dapat terus berjalan hingga berhasil menjadi pebisnis yang sukses.  

Saya belajar bahwa keberanian tidak akan pernah absen dari ketakutan. Tetapi mereka berhasil menang atas itu. Orang berani bukan mereka yang tidak pernah merasa takut, tapi mereka yang bisa menaklukkan rasa takut itu.” – Nelson Mandela

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.