Tips Aman dan Nyaman Mudik Menggunakan Motor, Jangan Sampai Nyawa Taruhannya

0
Tips Aman dan Nyaman Mudik Menggunakan Motor
Tips Aman dan Nyaman Mudik Menggunakan Motor

Mudik sudah menjadi sebuah tradisi tahunan masyarakat Indonesia. Tradisi ini dilakukan menjelang hari raya idul fitri. Masyarakat beramai-ramai pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari kemenangan bersama kerabat, saudara dan keluarga tercinta.

Moda transportasi yang digunakan pun sangat beragam, mulai dari angkutan umum hingga kendaraan pribadi salah satunya sepeda motor yang sampai sekarang ini masih menjadi transportasi andalan yang cukup banyak diminati.

Baca: Ganti 4 Komponen Ini Agar Mudik Berjalan Lancar dan Selamat Sampai Kampung Halaman

Namun di satu sisi, mudik dengan sepeda motor sangat berbahaya. Apabila Anda berencana menggunakan sepeda motor ketika mudik nanti, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, supaya perjalanan mudik berjalan aman, nyaman dan selamat sampai kampung halaman. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

Tips Aman dan Nyaman Mudik Menggunakan Motor

1. Kondisi Motor

Perhatikanlah kondisi sepeda motor Anda secara menyeluruh. Pastikan bahwa sepeda motor Anda berada dalam kondisi prima dan optimal sebelum dipergunakan untuk mudik nanti, mulai dari mesin, tekanan angin ban, oli, spion, lampu, kekencangan gir serta rantai, kanvas rem dan lainnya.

2. Penumpang dan Barang Bawaan

Hindarilah membawa barang dan penumpang yang melebih standar. Untuk peda motor sebaiknya dinaiki sebanyak dua orang. Hal ini bertujuan supaya kenyamanan ketika berkendara tetap terjaga.

3. Kecepatan Berkendara

Berkendaralah dengan kecepatan standar. Jangan memacu kendaraan terlalu kencang, terlebih sewaktu melalui jalan rusak, banyak tikungan ataupun rawan kecelakaan. Tidak lupa pula untuk selalu memperhatikan dan mematuhi semua rambu lalu lintas di sepanjang jalur perjalanan.

4. Kondisi Badan

Janganlah memaksakan diri untuk berkendara sewaktu kondisi badan terasa lelah. Beristirahatlah sejenak jika badan terasa lelah, hal ini sangat penting dilakukan demi menjaga konsentrasi ketika berkendara dan sekaligus mendinginkan mesin sepeda motor.

5. Gunakan Helm

Perlengkapan yang satu ini wajib digunakan ketika berkendara sepeda motor. Bahkan di dalam undang-undang pun telah di jelaskan tentang standar bentuk serta penggunaannya. Sesuai Undang-undang No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan pasal 106 ayat 8 mengatakan, semua pengendara sepeda motor dan penumpangnya memakai helm yang berSNI.

6. Gunakan Jaket

Tidak hanya melindungi dari dingin serta panas saja, namun jaket pun akan melindungi kita dari benturan ketika berkendara, entah itu diakibatkan karena terjatuh, angin ataupun hamparan benda-benda kecil.

7. Sarung Tangan

Perlengkapan berkendara yang satu ini akan membantu kita dalam urusan mengemudi kendaraan. Sarung tangan ini berfungsi untuk menghindari licinnya stang kemudi kendaraan yang mana bisa menyebabkan kecelakaan. => Daftar Harga Sarung Tangan Safety

8. Sepatu Safety

Perlengkapan pelindung kaki yang satu ini wajib digunakan ketika berkendara. Tidak hanya nyaman, namun namun mengenakan sepatu pun akan melindungi kaki kita dari benturan keras sewaktu berkendara. => Daftar Harga Sepatu Safety

9. Masker

Tidak lupa pula untuk menggunakan masker ketika berkendara. Gunakanlah masker yang nyaman dan mampu menahan asap kendaraan. Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan saja, namun asap kendaraan pun bisa mengganggu konsentrasi berkendara. => Daftar Harga Masker

 10. Periksa Aki

Sebelum melakukan perjalanan mudik, periksa terlebih dahulu komponen aki. Aki merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan. Periksalah apakah masih layak pakai atau tidak. Jangan sampai ditengah perjalanan aki mengalami kerusakan, tentunya kondisi tersebut sangat merepotkan. => Daftar Harga Aki Motor

11. Periksa Ban

Selain aki, tidak lupa pula periksa ban kendaraan. Komponen yang bersentuhan langsung dengan jalan ini harus dalam kondisi layak pakai. Jangan menyepelekan masalah ban, tidak sedikit kecelakaan terjadi akibat menggunakan ban yang sudah tidak layak pakai. => Daftar Harga Ban

Buka Toko Gratis
Buka Toko Gratis

Buka Toko Gratis

Bisnis online kini sangat berkembang di Indonesia, karena tidak hanya praktis tetapi juga memberikan keuntungan berlipat ganda kepada para seller yang ingin memasarkan barangnya dengan cepat dan tepat sasaran.

Bingung mulai darimana? Bergabung saja di Ralali.com; Cara praktis, mudah, aman, dengan registrasi gratis dan tanpa komisi. Ralali.com memberikan kesempatan bagi para seller (distributor, retailer, reseller) yang belum memiliki toko bisnis online, untuk membuat toko dengan mudah dan gratis melalui website www.ralali.com.  Dengan metode pembayaran yang beragam yang terjamin keamanannya, Anda bisa dengan mudah memiliki toko sendiri dengan mudah. Segera kunjungi website www.ralali.com dan daftarkan segera toko bisnis Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.