Pilihan Usaha Franchise Non Makanan yang Menjanjikan

0

Memilih bisnis franchise memang menjadi magnet para pebisnis pemula karena keuntungan yang pasti serta modal yang sedikit. Memang berbisnis tidak ada yang mudah namun dengan adanya bisnis franchise atau waralaba ini terkesan mudah dan tidak ada salahnya Anda mencobanya. 

usaha franchise non makanan
imagesource : kemenkopukm

Ada beberapa jenis usaha franchise diantaranya usaha franchise makanan dan usaha franchise non makanan. Tak sedikit pula usaha franchise non makanan ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan apalagi memiliki keuntungan yang cukup lumayan loh. Apa saja kelebihan usaha franchise non makanan? Dan apa saja contohnya? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Kelebihan Usaha Franchise Non Makanan

Usaha franchise makanan dan minuman mungkin sudah sering terdengar di telinga masyarakat, namun bagaimana dengan usaha franchise non makanan?. Berbeda dari franchise makanan dan minuman, ada beberapa hal yang ditawarkan seperti penawaran jasa dibidang pendidikan, pengiriman barang, hingga kebersihan. 

Selain itu juga ada franchise non makanan yang berupa jasa kesehatan, hingga minyak dan gas seperti SPBU. Nah apa sih keuntungannya membuka usaha franchise non makanan? Berikut penjelasannya:

  • Tidak perlu lagi melakukan branding

Setiap bisnis franchise pasti menjalin kerja sama dengan mitra waralaba yang sudah berpengalaman dibisnisnya. Maka Anda tidak perlu repot mengeluarkan sumber daya untuk branding ataupun marketing yang berat.

  • Manajemen finansial yang teratur

Selain branding, Anda juga tidak perlu lagi mengatur manajemen keuangan yang mana sudah diatur secara penuh oleh pemilik merek dagang. 

  • Kerja sama bisnis yang sudah terbangun

Ya bagi Anda yang membeli franchise non makanan akan diuntungkan dalam segi kerja sama dan koneksi bisnis. Tidak perlu lagi khawatir tentang pasokan barang, hingga supplier yang sudah disiapkan oleh pemilih franchise yang sudah menjalani koneksi bertahun-tahun lamanya.

Tips Memilih Usaha Franchise Non Makanan

Ada beberapa tips memilih usaha franchise non makanan seperti pilihlah bisnis yang sesuai dengan bidang atau produk yang Anda minati. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Pilih franchise yang diminati dan dibutuhkan banyak orang

Lakukanlah riset di lingkungan sekitar Anda, apa saja yang dibutuhkan masyarakat sekitar misalnya di sekitar tidak ada apotek maka Anda bisa membuka franchise apotek yang cukup menjanjikan.

  • Jangan memikirkan keuntungan terlebih dahulu, pahami resikonya.

Memang berbisnis untuk mendapatkan keuntungan, namun kesampingkan dahulu karena Anda perlu memahami resiko yang mungkin akan terjadi. 

  • Periksa kredibilitas franchise yang akan Anda pilih

Setiap bisnis memiliki kredibilitas yang baik ataupun buruk, nah Anda sebagai pembeli franchise perlu mengetahui apakah franchise yang Anda pilih memiliki kredibilitas yang baik atau tidak.

  • Evaluasi biaya modal dan operasional

Berbisnis franchise tentu akan membutuhkan modal awal untuk membeli franchisenya dan juga Anda juga perlu mempersilahkan dana tambahan untuk operasional, jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari dengan mengeluarkan biaya tambahan diluar biaya yang sudah dihitung.

Contoh Usaha Franchise Non Makanan

Dari berbagai pertimbangan diatas apakah Anda berminat untuk membuka waralaba. Secara umum bisnis waralaba ini pasti akan memberikan keuntungan bagi Anda baik waralaba makanan maupun non makanan. Berikut ini adalh beberapa contoh usaha franchise non makanan yang mungkin bisa memberikan inspirasi untuk Anda.

Franchise SPBU

Dilihat dari data Badan Pusat Statistik jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 149 juta di tahun 2022 sedangkan yang paling banyak adalah motor pribadi yang mencapai 119 juta unit, mobil pribadi mencapai 23 juta unit, bus 212 ribu unit, dan sisanya adalah kendaraan khusus dan mobil pengangkut barang. Dilihat dari statistik ini kebutuhan akan bahan bakar masih sangat tinggi walaupun saat ini sudah banyak kendaraan yang sudah ditenagai dengan listrik. Nah bagi Anda yang ingin membuka franchise SPBU maka Anda bisa memilih beberapa pilihan yakni SPBU Pertamina dengan modal sekitar 500 jutaan atau juga bisa membuka SPBU Shell yang juga membutuhkan modal sekitar 500 jutaan.

Franchise Petshop

Anda tertarik membuka franchise non makanan dibidang pet shop?. Ya banyak masyarakat Indonesia yang mencintai binatang peliharaan seperti kucing, anjing, dan binatang lainnya. Menurut data statistik dari American Pets Product Association bahwa rata-rata pemilik binatang peliharaan mengeluarkan biaya sekitar US$ 60.28 miliar pada tahun 2015. Mungkin di Indonesia kurang dari itu namun begitu tidak menutup kemungkinan bisnis franchise petshop ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Franchise Apotek

Bidang farmasi juga bisa menjadi franchise non makanan yang menjanjikan. Notabene kesehatan adalah kebutuhan utama bagi setiap masyarakat. Biasanya masyarakat membeli obat di apotek terdekat karena harga yang murah dan banyak pilihan obatnya. Bisnis membuka apotek ini didukung oleh penerapan program Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan (BPJS) oleh pemerintah. Jadi jangan ragu lagi apabila di sekitar lokasi Anda tidak ada yang membuka apotek hal ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Rekomendasi Usaha Franchise Non Makanan yang Menjanjikan

Itu lah beberapa hal yang bisa menjawab pertanyaan Franchise apa yg menjanjikan?. Adapun beberapa rekomendasi usaha franchise non makanan lainnya yang menjanjikan berikut ini dan modal utamanya:

  • Bimba Rainbow Kids – Rp 8 juta
  • Galaxy Pertamini – Rp 9 juta
  • Mr Klin Laundry – Rp29 juta
  • JNE – Rp7 juta
  • JET Express – Rp16 juta
  • Raja Cukur BarberShop – Rp 17 juta

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.