Arti dan Fungsi Warna Kabel Instalasi Listrik

0

Arti dan Fungsi Warna Kabel Instalasi Listrik

Arti dan Fungsi Warna Kabel Instalasi Listrik – Pengetahuan mengenai warna kabel akan mempermudah kita dalam memasang alat listrik, tidak hanya itu saja, kita pun akan mencegah terjadinya korsleting listrik. Terdapat bermacam-macam merek serta warna kabel yang tersedia, apapun itu mereknya maka warna kabelnya tetap sama yaitu kuning, merah, biru, hitam serta kuning strip hijau.

Tujuan dibuatnya warna kabel berbeda-beda supaya mempermudah dalam pemasangan serta perawatan sehingga tak akan tertukar antara kabel satu dengan kabel yang lainnya, sebab pemasangan sesuai arti fungsi dari masing-masing kabel tersebut. Berikut ini penjelasan mengenai arti dan fungsi warna kabel instalasi listrik.

Kabel hitam, merah, dan kuning.

Kabel ini berfungsi untuk memuat listrik positif (fasa atau api). Ciri dari kabel ini yaitu akan menyetrum jika tersentuh kulit serta jika diuji dengan testpen maka testpen tersebut akan menyala.

Kabel biru.

Kabel biru berfungsi untuk memuat listrik negatif. Ciri dari kabel ini yaitu tak akan menyetrum jika tersentuh kulit, dan jika diuji dengan testpen pun tak akan menyala.

Kabel strip hijau.

Kabel ini berfungsi untuk memuat listrik arde yang diambil dari tanah atau grounding. Sumber dari grounding di peroleh dengan cara menanam pipa logam ke dalam tanah dan kemudian akan dipasang pada setiap terminal stop kontak.

Baca: Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memasang Kabel Listrik

Umumnya kabel terbagi menjadi 3 jenis yaitu kabel NYA, NYM, serta NYY. Pada setiap jenis kabel tersebut terdapat 3 warna yang berbeda-beda di dalamnya yaitu kuning, biru, serta hitam.

  • kabel warna biru digunakan untuk muatan listrik negatif atau netral.
  • Kabel warna kuning digunakan untuk grounding atau pentanahan.
  • Kabel warna hitam digunakan untuk muatan listrik positif/fasa/api.

Dengan melakukan pemasangan yang benar, maka diharuskan tak akan terjadi hubungan pendek yang bisa menyebabkan kebakaran. Tidak hanya warna kabel saja yang mesti benar pemasangannya, namun ukuran diameter kabel pun mesti sesuai dengan SNI serta PUIL. Menurut PUIL, besarnya kapasitas hantaran kabel disebut dengan kuat hantar arus atau disingkat dengan nama KHA. Bagi Anda yang hendak memasang kabel listrik di rumah, lebih baik perhatikan pula ukuran diameter kabel yang hendak dipasang.

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar