Cara Merawat Aki

0
Cara Merawat Aki
Macam-macam Aki Terbaik dengan Harga Murah tersedia di Ralali.com

Cara Merawat Aki – Aki atau (accu/battery) ialah salah satu bagian penting yang terdapat pada kendaraan yang mempunyai fungsi seperti berikut ini :

  • Selaku alat pensuplai arus listrik bagi starter mesin, penerangan atau lampu, serta bagian kelistrikan aksesoris pada mobil, seperti mp3, security alarm, dan sebagainya.
  • Menyeimbangkan tegangan pada kendaraan serta memback-up alternator bilamana tidak dapat mencukupi kelebihan asupan listrik yang dibutuhkan pada kendaraan.
  • Pada kendaraan keluaran teranyar, aki berguna sebagai pemasok arus listrik yang dibutuhkan bagi sistem jalannya untukl operational komputer (ECU) pada mobil, maksudnya jika asupan listrik dari aki tersebut terputus, maka yang terjadi adalah sistem pada mobil tidak akan berfungsi.

Tipe Aki

Jenis-jenis aki dapat ditentukan oleh isi timbal (Pb) serta isi kalsium (ca) yang ada didalamnya. Dipasaran ataupun ditoko-toko terdapat bermacam-macam jenis aki, yaitu:

Ralali.com jual aki mobil jenis kering & basah dengan harga murah. Distributor toko accu dan battery di Kota Jakarta, Surabaya, Bandung, BSD, Bogor.

  • Konvensional maupun premium

Aki tipe ini memerlukan perawatan (penambahan air aki) secara terus menerus. Bagian kabel positif dan bagian kabel negatifnya memakai kandungan Pbsb dan Pbsb.

  • Hybrid (low maintance)

Aki tipe ini untuk perawatannya lebih mudah atau rendah apabila dibandingkan dengan aki tipe konvensional maupun aki tipe premium, dikarenakan kecepatan penguapan air serta kecepatan kelenyapan pasokan listriknya amat rendah. Bagian kabel positif dan bagian kabel negatifnya memakai isi Pbsb dan Pbca. Kendaraan Toyota biasanya memakai aki jenis ini.

  • Bebas perawatan (maintance free)

Aki MF tidak membutuhkan perawatan sebab kecepatan penguapan air dan kecepatan kehilangan pasokan listriknya amat rendah. Bagian kabel positif dan bagian kabel negatifnya memakai isiPbca dan Pbca.

Pemasangan dan Pelepasan Aki

Baca juga artikel lainnya tentang Cara Mengganti Aki Mobil

Pertama yakinkan tidak ada benda-benda lainnya di sekeliling dudukan aki tersebut. Hubungkan bagian kabel positif kepada bagian terminal positif aki, dan jangan lupa kencangkan bautnya lalu hubungan bagian kabel negatif pada bagian terminal negatif. Untuk melepaskan aki pertama kali yang harus dilakukan adalah matikan komponen-komponen yang bermuatan listrik serta harus memastikan mesin kendaraan dalam kondisi mesin mati. Ketika hendak melepaskan kabel. lepaskanlah kabel bagian negatif (-) terlebih dahulu setelah itu lepaskan kabel bagian positif (+).

Cara Merawat Aki

Cara ini bisa juga untuk mobil anda yang jarang dipakai

  • Matikan atau jangan hidupkan komponen-komponen kelistrikan sewaktu mesin dalam keadaan mati.

Cara merawat aki yang pertama adalah ketika sesudah berkendara jangan lupa terlebih dahulu untuk mematikan komponen-komponen kelistrikan sebelum anda mematikan mesin, supaya asupan listrik dalam aki tersebut tidak akan berkurang, serta ketika kendaraan hendak dihidupkan lagi beban pada aki bisa menyanggupi keperluan sistem starter.

  • Panaskan mesin kendaraan.

Kendaraan yang jarang dipergunakan bisa mengurangi umur aki. Bagi kendaraan yang jarang dipakai hendaknya secara rutin untuk memanaskan mesin seperlunya atau bisa pula melepas bagian terminal negatif aki.

  • Periksa level air aki

Permukaan air aki wajib dijaga antara batasan atas serta batasan bawah, oleh sebab itu harus dicek secara rutin minimum satu kali dalam satu bulan. Apabila air yang ada pada aki berada di batasan bawah, sementara aki itu selalu dipakai dapat mengakibatkan kerusakan pada aki tersebut. Pengisian yang melampaui batasan atas (berlebihan) maka airnya dapat meluap serta dapat merusak bagian-bagian kendaraan anda. Untuk meningkatkan air aki yang berkurang, pakailah air yang normal atau biasa jangan memakai air zuur, disebabkan air zuur cuma dipakai untuk aki anyar yang belum terpakai. (Nb: air aki normal atau biasa = air murni atau air suling; accu zuur = campuran air murni serta asam sulfat H2SO4)

  • Periksa Terminal Aki

Keadaan kendor serta karat dalam terminal aki bisa mengakibatkan asupan arus listrik tidak akan sempurna, malah dapat mengakibatkan ledakan pada aki yang diakibatkan oleh percikan api pada bagian-bagian yang tersambung. Apabila sambungan terminal aki tersebut kendor maka kita harus menguatkannya, akan tetapi apabila terminal aki tersebut kotor atau terdapat karat maka perlu dibersihkan memakai sikat kawat.

  • Periksa pengikat Aki

Yakinkan aki sudah diikat dengan kuat maupun tidak berubah pada posisinya apabila mobil berjalan. Aki yang selalu terguncang, usianya menjadi lebih pendek. Akan tetapi jika aki diikat terlalu kencang pun akan menyebabkan kerusakan pada fisik seperti aki tersebut bisa pecah atau belah pada bagian badan aki tersebut.

  • Periksa apakah ada kebocoran pada Aki

Waspadalah pada lokasi yang didapatkan kebocoran pada bagian badan aki, segera untuk mengeringkan dan membersihkan lokasi tersebut serta harus kuatkan pada bagian penutup sumbat yang terdapat pada aki. Bilamana timbul kebocoran pada bagian badan aki, segera mungkin untuk mengganti aki dengan aki yang baru.

  • Periksa berat jenis Aki

Cara merawat aki yang terakhir adalah apabila Aki sudah diisi ulang, periksalah berat jenis aki dengan memakai hydrometer. Jika aki tersebut beratnya kurang dari ukuran dari aki tersebut. Maka gantilah dengan aki yang baru.

Klik disini anda bisa menemukan merek aki dengan harga termurah

Penulis : Vei
Editor   : Metha

Ayo Saling Membantu

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar