4 Hal yang Harus Dilakukan untuk Menekan Budget Marketing

0

Pemasaran (marketing) merupakan salah satu bidang yang tidak bisa dipisahkan dari proses bisnis. Segala bentuk promosi yang dilakukan oleh perusahaan itulah tugas seorang marketing. Namun untuk merencanakan semua strategi tersebut pasti memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tentu saja Anda ingin mengurangi budget dari marketing namun tanpa mengurangi kualitas dari yang dihasilkan.

Untuk menekan budget marketing, yang harus Anda lakukan adalah membuat perencanaan yang matang untuk kebutuhan marketing. Anda dapat memulainya dengan cara-cara berikut ini:

 

1. Tentukan Tujuan Marketing

 

Menentukan tujuan merupakan salah satu hal yang sangat penting memulai sesuatu. Begitu juga dengan marketing, Anda harus menentukan tujuan dari marketing itu sendiri. Apakah anda ingin meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic atau meningkatkan konversi. Semua harus dibuat sedetail mungkin agar tujuan tersebut dapat dicapai. banyaknya budget yang dibutuhkan akan berbanding lurus dengan tujuan yang Anda buat.

2. Tentukan Total Budget Selama Setahun

Setiap tahun perusahaan pasti memberikan budget untuk seluruh divisi yang ada di perusahaan tersebut. Untuk marketing Anda harus menentukan berapa besar estimasi anggaran pengeluaran untuk pemasaran bisnis Anda? Dari total tersebut, berapa persen yang akan Anda alokasikan untuk digital marketing? Rincian budget Anda harus jelas. Rata-rata bisnis mengalokasikan 20 persen dari total bujet untuk digital marketing, tapi persentase tersebut dapat berubah sesuai dengan bisnis Anda.

3. Pilih Kategori yang Ingin Anda Masukan dalam Strategi Marketing

Sama seperti taktik-taktik yang dilakukan untuk berperang. Digital marketing pun memiliki kategori untuk dijadikan strategi pemasaran. Seperti paid advertising, branding & creative, website, dan content marketing. Untuk menentukan kategori yang akan Anda masukan ke dalam digital marketing memang sedikit sulit. Terutama jika Anda baru mulai menekuni digital marketing. Apa yang Anda pilih mungkin akan mempengaruhi budget Anda.

Jangan pernah takut untuk memilih kategori untuk pertama kalinya. Setelah hasilnya terlihat, Anda dapat memotong anggaran pada kategori atau channel yang kurang menguntungkan, dan mengalihkannya pada kategori lain yang lebih menjanjikan.

4. Tentukan Budget untuk Setiap Kategorinya

Memperkirakan budget untuk setiap kategori yang telah Anda pilih untuk bisnis Anda adalah tahap yang membutuhkan kehati-hatian ekstra. Budget yang dialokasikan akan berbeda setiap kategorinya, sesuai dengan tujuan masing-masing kategori. Pembagian budget biasanya dilakukan dalam waktu bulanan. Jika Anda menghabiskan lebih banyak dari apa yang Anda anggarkan, coba ambil waktu sejenak untuk melihat apa yang salah. Jangan ragu untuk membuang atau mengganti kategori demi kemajuan bisnis Anda.

Bagaimana Sahabat dan Mitra Ralali? Apakah sudah mulai membuat perencanaan untuk strategi marketing apa untuk tahun 2018? Itulah empat cara yang dapat Anda lakukan untuk menekan budget marketing. Semoga bermanfaat

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.