Seberapa Besar Pengaruh Deskripsi Produk Terhadap Penjualan? Temukan Jawabannya Disini!

0

Deskripsi produk yang ditulis dengan baik memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk Anda. Dengan memasukan unsur kreativitas dan manfaat produk ke dalam deskripsi produk Anda membuat pandangan pelanggan menjadi tidak biasa ketika melihat produk Anda. Karena kebanyakan pelanggan membuat keputusan pembelian hanya dengan melihat gambar produk.

 

Apa Itu Deskripsi Produk?

Dari tadi kita membahas tentang deskripsi produk, tapi apakah Anda tahu apa itu deskripsi produk? Deskripsi produk adalah salinan yang menjelaskan tentang fitur dan manfaat dari suatu produk kepada pelanggan. Tujuan dari deskripsi produk adalah memberikan informasi kepada pelanggan serta memberikan edukasi kepada pelanggan agar pelanggan tau kebenaran dari suatu produk.

Secara tidak langsung Anda harus memaksa pelanggan untuk membeli produk Anda dengan memberikannya informasi tersebut. Biasanya isi deskripsi produk terkait dengan apakah masalah dapat diselesaikan dengan produk Anda? Apa keuntungan pelanggan ketika menggunakan produk Anda? Atau apa yang membuat produk Anda berbeda dengan yang ada di pasaran. Tulislah dengan kata-kata yang mudah dibaca dan mudah diterima oleh pelanggan.

 

Haruskah Saya Menulis Deskripsi Produk?

Sebenarnya haruskah Anda menulis deskripsi produk? Ya harus sekali, karena banyak manfaat ketika Anda menampilkan deskripsi produk, seperti  ketika deskripsi produk sudah di optimasikan maka akan membantu dalam optimasi mesin pencarian Anda. Dengan mengoptimalkan deskripsi produk Anda dengan memasukan kata kunci tertentu dapat membantu Anda dalam mendapatkan peringkat tertinggi di Google. Mungkin tanpa deskripsi Anda bisa memanfaatkan gambar produk Anda, namun hal tersebut tidak akan membuat produk Anda ada di peringkat tertinggi dari Google karena kurang konten.

 

Tips untuk Menulis Deskripsi Produk

Gimana sih supaya deskripsi produk yang kita tulis terlihat menarik dan informatif untuk pelanggan? Karena banyak sekali yang belum mengetahui tips untuk menulis deskripsi produk agar mudah dimengerti oleh pelanggan.

1. Menulis dengan Karya Sendiri

Hindari menulis deskripsi produk dengan menggunakan deskripsi dari sumber lain atau bahkan dari pabrik produk tersebut. Dengan Anda menulis deskripsi produk dengan karya sendiri akan menghindarkan Anda dari hukuman duplikat. Selain itu juga, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mengubah persepsi pelanggan terhadap produk Anda dengan tulisan deskripsi produk yang Anda buat sendiri.

2. Buatlah Tulisan yang Mudah Dibaca

Deskripsi produk yang Anda buat sebisa mungkin harus mudah dibaca. Jika Anda memiliki sesuatu kekuatan dari produk yang Anda jual, letakan lah di kalimat-kalimat awal. Agar pelanggan bisa dengan cepat mengambil keputusan untuk membeli. Contohnya jika Anda menjual produk smartphone, Anda harus menuliskan spesifikasi dari smartphone tersebut dengan poin-poin agar mudah dibaca oleh pelanggan.

3. Tuliskan Seluruh Komposisi Secara Detail

Tuliskan seluruh isi dari produk yang Anda jual. Hal ini untuk memastikan bahwa pelanggan telah memiliki informasi yang cukup untuk melakukan pembelian. Misalnya jika Anda penjual minuman kemasan atau makanan kemasan, maka cantumkanlah seluruh komposisi serta manfaatnya. Contoh lain jika Anda menjual pakaian, maka cantumkanlah ukuran dari pakaian tersebut.

4. Bercerita

Gunakan deskripsi produk Anda untuk menceritakan sebuah cerita. Bisa jadi cerita mengapa pelanggan Anda membutuhkan produk ini untuk membantu menyelesaikan masalahnya. Atau cerita tentang manfaat dari suatu produk yang akan dibeli oleh pelanggan Anda. Dengan menyisipkan cerita pendek kedalam deskripsi produk Anda dapat mengurangi persepsi pelanggan dalam memaksanya untuk membeli.

5. Ketahui Audience Anda

Audience sangat penting bagi Anda, karena mereka yang akan melihat deskripsi produk Anda atau bahkan mereka yang memutuskan untuk melakukan pembelian. Jika Anda menjual pakaian-pakaian lucu atau barang-barang yang terbilang bisa untuk dijadikan humor di dalam kolom deskripsi Anda. Tidak semua produk bisa diselipkan humor pada kolom deskripsi. Anda tidak mungkin menyelipkan humor pada kolom deskripsi produk pelampung, peti mati , dan hal yang sensitif lainnya.

Dengan 5 tips tersebut apakah Anda masih tidak mau menuliskan deskripsi produk Anda dengan benar? Mengingat pentingnya deskripsi produk untuk usaha Anda, maka tulislah deskripsi produk sedetail mungkin.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.