Ada yang Tahu Apa Saja Fungsi pH Meter ?

0

fungsi ph meter jual ph meter

Ada yang Tahu Apa Saja Fungsi pH Meter ? – pH meter ialah alat yang berfungsi untuk mengukur tingkat keasaman ataupun kebasaan suatu benda yang diukur menggunakan skala pH antara 0 sampai 14. Sifat asam pada benda yaitu mempunyai skala pH antara 0 sampai 7, sedangkan sifat basa dengan pH 7 sampai 14 menunjukkan siat basa.

Misalnya air jeruk serta air aki, pada kedua larutan tersebut mempunyai pH antara 0 sampai 7, dan sedangkan pada air laut serta cairan pemutih memiliki sifat basa antara 7 sampai 14. Bagaimana dengan air netral, berapa skala pH-nya ? untuk air netral memiliki nilai pH 7. Di dalam perusahaan yang bergerak di bidang air minum, pH meter sangat diperlukan, sebab dengan alat ini mereka bisa mengetahui nilai keasaman serta kebasaan produknya.

Keasaman di dalam larutan dinyatakan sebagai kadar ion hidrogen atau disingkat [H+], dan atau sebagai pH artinya –log [H+]. Dengan arti lain, pH adalah ukuran kekuatan suatu asam. Nilai pH pada suatu larutan bisa diketahui dengan sejumlah cara, salah satunya dengan cara emigrasi larutan dengan asam menggunakan indikator, atau jika ingin lebih teliti lagi menggunakan alat yang disebut pH meter.

Pengukuran pH tingkat asam serta basa air minum bekerja secara digital, pH air dikatakan asam jika pH tersebut kurang dari 7 dan pH air dikatakan basa jika pH tersebut lebih dari 7, sedangkan untuk pH air dikatakan netral jika pH tersebut sama dengan 7. Menurut standar Departeman Kesehatan Republik Indonesia, pH air minum yang ideal adalah berkisar antara 6,5 hingga 8,5.

Cara menggunakan pH meter ialah dengan cara mencelupkannya ke dalam air yang hendak di ukur, alat ini akan mengukur secara otomatis. Ketika pertama kali dicelupkan, angka yang ditampilkan di display masih berubah-ubah untuk mengetahui hasil pastinya kita harus menunggu sekitar 2 hingga 3 menit.

Tidak hanya untuk mengukur pH air saja, fungsi pH meter ini pun bisa dipakai untuk mengukur pH tanah. Untuk mengukur pH tanah, maka tanah tersebut terlebih dahulu diberi sejumlah air.

Untuk melihat berbagai PH Meter dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.