Bagaimana Cara Memeriksa Outdoor AC yang Tidak Menyala ?

0
cara memeriksa outdoor ac
cara memeriksa outdoor ac

Cara Memeriksa Outdoor AC – Outdoor AC adalah bagian terpenting dan termahal dalam area lingkup pendingin ruangan. Banyak kejadian AC tidak dingin dikarenakan outdoor tidak berjalan normal, periksalah satu per satu di bagian outdoor, di antaranya:

Jika outdoor tidak mau menyala atau fan tidak berputar, atau fan kipas dan kompresor tidak ada aktivitas, maka periksa terlebih dahulu bagian indoor AC tersebut, apakah posisi remot sudah dalam keadaan benar ? yaitu posisi cool dan temperatur dalam keadaan cool juga yaitu di bawah 20 derajat. Remote AC berperan aktif dalam menghidupkan unit luar (outdoor ac).

Baca: Seperti ini Cara Menggunakan AC yang Benar

Jika remot dalam keadaan benar, tapi outdoor tidak ada aktivitas, periksalah relay pada elektronik pcb indoor tersebut, apakah keadaan rusak atau keadaan normal, jika relay dalam keadaan normal, cobalah langkah terakhir, yaitu ganti thermistor pada indoor ac.

Jika keadaan di atas tidak ada masalah yaitu indoor bagus, cobalah dengan mengetesnya dengan cara mencolokkan langsungkan ke listrik, tanpa indoor dalam artisan outdoor langsung di colokkan ke listrik pada terminal L dan N.

Jika masih tetap tidak menyala, periksalah bagian terminal dan soket kabel pada unit outdoor.

Jika terminal keadaan normal dan bagus, namun bagian kipas dan kompresor AC tidak ada reaksi maka periksalah satu persatu pada bagian bagian outdoor tersebut, yaitu dengan pemeriksaan kipas, overload, rela, dan yang lainnya.

Jika kipas berputar namun kompresor tidak menyala, maka periksalah bagian overloadnya.

Jika kipas menyala, namun kompresor tidak mau mengangkat dan hanya mengeluarkan suara saja kemudian mati berulang, itu berarti starting kapasitor kompresor rusak.

Jika cara di atas sudah normal semua, dan semua perangkat outdoor menyala, maka isilah freon dan diukur daya menggunakan tang ampere, isilah freon tersebut dengan di vacuum terlebih dahulu dengan alat ukur ampere, jika semua normal itu berarti ac tersebut dalam keadaan normal.

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar