Membangun Bisnis itu Sulit dan Leadership adalah Kunci Keberhasilannya

0

Apa yang sulit dalam berbisnis? Keuangan? Mungkin iya, pola berbisnis atau tujuan jangka panjang bisnis? Mungkin juga iya, atau mungkin sulitnya mencari karyawan yang cocok dengan Anda sendiri? Nah yang ini sangat mungkin, sehingga Anda perlu memimpin dan mengarahkan mereka. Itulah singkatnya mengenai aspek leadership. Leadership adalah salah satu bentuk kepedulian kita, terhadap karyawan, yang berguna juga untuk prospek bisnis kita kedepannya. Jelas, bisnis itu sulit, that’s why kita perlu paham apa itu leadership dan arti leadership sebetulnya. Makanya, jika kemampuan leadership belum kita punyai, mungkin itu yang jadi masalah Anda dalam membangun bisnis!

Apa itu Leadership?

Leadership adalah kemampuan untuk mempengaruhi, memotivasi, dan mengarahkan sebuah kelompok orang agar bersedia bekerja sama mencapai sasaran bersama. Seorang leader bertanggung jawab menetapkan visi yang jelas, membangun budaya kerja positif, serta mampu menginspirasi anggotanya untuk berkontribusi secara optimal demi kesuksesan organisasi atau perusahaan. Leader yang hebat, pada outputnya akan menurunkan arti leadership kepada bawahannya. Artinya, ia tidak hanya sekadar mengarahkan, tetapi seorang dapat membimbing dan memberikan suatu keputusan secara tegas sehingga ia dapat dicontoh oleh karyawannya dan akhirnya menurunkan legacy.

leadership adalah

Are Leaders Born or Made?

Untuk mengetahui leadership lebih jauh, selain Anda paham soal arti leadership, terdapat hal yang Anda perlu pahami mengenai terbentuknya karakter leader. Itu karena tumbuhnya perdebatan mengenai apakah seorang leader dibentuk atau terbentuk dari lahir. Tentunya ini terus jadi perdebatan panjang yang tak kunjung usai. Hal itu terjadi karena memang terdapat genetik anak muda yang punya aura kharisma dan kepemimpinan. Mungkin ini perlu dibuktikan dengan jurnal, nih coba mimin rangkum.

Berdasarkan tulisan dari National Center for Biotechnology Information di dalam American Journal of Pharmaceutical Education, dengan judul “Point/Counterpoint: Are Outstanding Leaders Born or Made?”, terjawab bahwa terdapat bukti yang menunjukkan jika 30% gen kita berperan dalam membentuk karakter seorang leader. Itulah mengapa leadership adalah hal kompleks. Namun, menurut jurnal ini, terdapat kombinasi dari gen dari lingkungan. Artinya, secara tegas jurnal ini mengatakan jika leader lebih banyak lahir dari lingkungan.

Tumbuhnya sifat leader akan didukung oleh persenan gen yang kita punya sehingga semua manusia mempunyai prosesnya untuk mencapai leadership. Itulah mengapa kemampuan leadership sangat penting, bahkan secara keilmuan saja sudah diperdebatkan. Untuk itu, yuk kita simak ke bagian selanjutnya dan yang akan menjadi core dari pembahasan artikel ini!

leadership adalah

Apa itu Leadership dalam konteks bisnis? Adakah perbedaannya?

Dalam konteks bisnis atau saat membangun usaha, leadership adalah hal yang penting dimiliki oleh para entrepreneur dan pimpinan perusahaan. Kepemimpinan bisnis yang andal mampu membawa dampak signifikan dalam hal:

  • Meningkatkan produktivitas dan etos kerja pegawai
  • Menciptakan suasana kerja yang sehat dan kolaboratif
  • Menyelaraskan berbagai elemen dan departemen dalam perusahaan
  • Memudahkan pengambilan keputusan strategis jangka panjang
  • Mendongkrak engagement dan loyalitas seluruh pegawai

Dengan kata lain, tanpa pemahaman arti leadership yang mumpuni, sulit bagi perusahaan baru untuk berkembang pesat apalagi survive dalam jangka panjang. Itu sebabnya kemampuan leadership kerap disebut sebagai kunci utama kesuksesan membangun organisasi bisnis yang solid. Maka dari itu, perbedaan kemampuan leadership di bisnis dengan bidang lainnya adalah bisnis akan lebih ketat, dan membutuhkan “mentalitas” leader yang tahan banting dan berani dihadapkan pada situasi tidak menentu. 

Nah, dari sana saja kita sampai sini minimal paham jika salah satu cara untuk menjawab pertanyaan “apa itu leadership?” adalah mentalitas dalam mengarahkan. Sampai situ, mungkin kita banyak berbicara soal leadership yang ditujukan kepada karyawan atau orang yang bekerja di bawah posisi kita. Akan tetapi, bagaimana jika leadership ditujukan untuk membangun produk. Apakah akan berpengaruh? Yuk langsung kita bedah sama-sama.

Seberapa penting arti leadership dalam membangun produk?

Dalam konteks pengembangan atau pembangunan sebuah produk, leadership adalah hal yang tidak dapat ditampik, dan telah mempunyai peran yang vital. Tanpa kemampuan leadership yang kuat, pengembangan produk rentan mengalami berbagai masalah yang dapat menghambat bahkan menggagalkan launch produk. Beberapa alasan mengapa arti leadership begitu penting dalam membangun produk antara lain:

1. Merumuskan visi produk yang jelas dan fokus

Seorang leader mampu menyatukan berbagai ide dan menyusun visi produk yang utuh dan fokus, sehingga pengembangan produk tidak melenceng.

2. Mengelola dan mengarahkan tim pengembang

Leader juga bertugas membentuk tim developer yang solid, mendelegasikan tugas yang sesuai kapabilitas masing-masing, serta memastikan pengerjaan sesuai timeline.

3. Mengambil keputusan teknis dan bisnis

Keputusan seperti fitur apa yang bakal dibuat, teknologi apa yang dipakai, hingga monetization model produk, merupakan tanggung jawab leader.

4. Memastikan kolaborasi lintas departemen 

Leader berkoordinasi dengan bagian lain seperti desain, riset pasar, marketing, agar pengembangan produk berjalan lancar.

Jadi bisa dikatakan, kepemimpinan yang kuat dan efektif adalah fondasi utama dalam membangun produk agar sukses di launching nantinya. Leader adalah kunci keberhasilan pengembangan produk yang Anda punya dalam bisnis. Mengenai apa itu leadership tadi, sudah banyak kita pahami, mulai dari arti leadership untuk karyawan, hingga cara menerapkan leadership yang outputnya akan mem-branding produk Anda.

Secara tidak langsung, artikel punya sambungan lho dengan artikel sebelumnya mengenai branding. Bisa dibilang, adanya kemampuan leadership akan menambah nilai jual branding bisnis Anda, dan tentunya membuat bisnis Anda menjadi “sehat”. Nahh, setelah kita paham tadi semua, Anda harus tau juga karakteristik apa yang membuat leadership adalah bagian dari hidup kita dan harus kita kembangkan. Yuk kita next ke bahasan berikutnya!

Karakteristik Leadership yang Efektif dalam hal apapun!

Penasaran kan karakter apa yang membuat kita jadi leader yang hebat? Secara umum, kemampuan leadership yang efektif adalah kunci sukses bagi setiap pengusaha dan founder startup yang ingin bisnisnya berkembang pesat. Tanpa leadership yang mumpuni, akan sulit bagi sebuah perusahaan baru untuk survive, apalagi mencapai skala besar.

Jadi apa itu leadership yang membuat karakteristik seorang pemimpin bisnis jadi efektif dan berpengaruh? Tentunya, ini menjadi satu yang paling harus Anda ketahui mengenai apa itu leader dengan 5 karakter pentingnya:

1. Memiliki Visi Bisnis yang Jelas

Arti leader bisnis yang efektif harus memiliki visi yang jelas untuk perusahaannya. Ia paham betul arahan bisnisnya, tujuan jangka panjangnya, dan strategi mencapainya. Tanpa visi bisnis yang jelas, startup Anda akan kehilangan fokus. Inilah core mengenai arti leadership yang harus dipunyai seorang leader. Tanpa visi dan purpose yang tegas, bisa jadi bisnis Anda terganggu di waktu ke depannya.

2. Mampu Memberdayakan Anggota Tim  

Leader hebat juga harus bisa memberdayakan anggota timnya. Caranya dengan mendengarkan setiap orang, memahami talenta mereka, lalu membantu mengembangkan talenta itu semaksimal mungkin demi kemajuan bisnis bersama.

3. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Kemampuan komunikasi yang baik juga mutlak diperlukan bagi seorang leader. Ia harus pandai menyampaikan visi dan misi kepada tim, mitra bisnis, investor, pelanggan, dan seluruh pemangku kepentingan secara efektif.  

4. Fokus pada Eksekusi dan Aksi  

Jangan hanya pandai bicara, leadership adalah mengenai cara Anda, seorang leader dapat mengimplementasikan visinya ke dalam rencana dan eksekusi konkret yang menghasilkan dampak bagi pertumbuhan bisnis. Terapkan strategi yang tepat dan tentukan KPI yang jelas.

5. Mampu Beradaptasi dengan Perubahan  

Dunia bisnis sangat dinamis dan penuh ketidakpastian. Seorang leader handal mampu beradaptasi dengan perubahan untuk memastikan bisnisnya sustainable.

Kesimpulan

Mungkin demikianlah pembahasan dari admin mengenai apa itu leadership. Saat ini, sudah pasti Anda pahami bahwa leadership adalah aspek vital dalam membangun bisnis. Tentunya arti leadership yang sudah kita bahas telah berkaitan dengan artikel sebelumnya, yaitu untuk membangun bisnis dalam branding yang dilakukan. Di balik itu, tentunya kemampuan leadership bisa dikembangkan kapanpun dan tidak memandang umur. Itu semua balik kepada niat Anda dan cara Anda menempuhnya! Okay mungkin itu saja dari admin, sampai ketemu di pembahasan selanjutnya!

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.