Beragam Fungsi Stetoskop di Bidang Medis

0
Beragam Fungsi Stetoskop di Bidang Medis jual stetoskop
Image: godshealthsystem.com

Beragam Fungsi Stetoskop di Bidang MedisStetoskop dipakai untuk memeriksa organ tubuh seseorang dengan cara mendengarkan suara yang di timbulkan. Seorang ahli kesehatan semisal dokter, perawat serta bidan bisa memberikan penilaian terhadap suara yang di timbulkan yang selanjutnya memberikan diagnosa. Sehingga keperluan stetoskop di dalam bidang medis ialah untuk mendiagnosa penyakit.

Baca: Siapakah Penemu Stetoskop ?

Stetoskop sendiri berasal dari bahasa Yunani, Stethos serta skopeein. Stethos memiliki arti dada serta skopeein mempunyai arti memeriksa. Stetoskop tak hanya digunakan untuk kalangan medis saja, namun ada pula pekerjaan bidang teknik tertentu yang memakai alat ini dalam pekerjaannya, umumnya pekerjaan yang berhubungan dengan suara lembut, contohnya dalam industri pembuatan jam tangan. Stetoskop bisa menghasilkan suara tertentu serta mengabaikan ataupun menghilangkan suara yang tak diperlukan. Berikut ini merupakan fungsi stetoskop pada bidang medis.

Baca: Mengetahui Bagian-bagian Stetoskop

 Beragam Fungsi Stetoskop di Bidang Medis

1. Mendiagnosa tekanan darah

Tekanan darah bisa diketahui dengan menggunakan stetoskop serta tensi meter manual semisal tensi air raksa serta tensimeter aneroid. Akan tetapi pemeriksaan darah memakai stetoskop tak seperti menggunakan tensimeter digital, di mana tensimeter ini langsung menampilkan hasil berupa angka digital. Pemeriksaan tekanan darah memakai stetoskop membutuhkan keterampilan khusus yang umumnya dimiliki oleh tenaga ahli kesehatan semisal dokter, perawat serta bidan.

2. Memeriksa paru paru dan saluran napas

Seorang tenaga ahli kesehatan bisa memberikan penilaian terhadap suara yang diperiksanya dengan mendengarkan bunyi terhadap saluran napas entah itu pada paru-paru ataupun pada saluran pernapasan atas. Memeriksa saluran pernapasan dilakukan dengan cara menempelkan stetoskop pada bagian punggung serta dada pasien.

3. Mendengarkan detak jantung

Ahli kesehatan bisa mendiagnosa terdapatnya kelainan pada kesehatan jantung dengan cara mendengarkan bunyi yang muncul sewaktu memeriksa detak jantung. Biasanya pemeriksaan detak jantung dilakukan dengan cara menempelkan stetoskop pada bagian punggung maupun dada si pasien. Stetoskop yang digunakan untuk memeriksa kesehatan jantung ialah stetoskop khusus yang disebut dengan stetoskop kardiologi.

4. Memeriksa saluran pencernaan.

Stetoskop bisa dipergunakan untuk memeriksa saluran pencernaan yaitu dengan cara mendengarkan gerakan usus serta lambung. Pakar kesehatan bisa mendiagnosa kesehatan saluran pencernaan dengan cara menempekan stetoskop pada bagian perut pasien.

5. Mendiagnosa kelainan pada janin dalam kandungan.

Kesehatan ibu serta janin yang ada di dalam kandungan bisa diperiksa memakai stetoskop ataupun lynex. Untuk memeriksa kesehatan Anis dilakukan dengan cara mendengarkan detak jantung bayi.

Untuk melihat berbagai stetoskop dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali menjual berbagai jenis stetoskop dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.