Cara Menggunakan BNI SMS Banking Serta Kelebihan dan Kekurangannya

0

bni sms banking

Teknologi semakin berkembang dan terus mempermudah manusia dalam melakukan segala hal, termasuk BNI. Untuk mempermudah para nasabah dalam melakukan transaksi, baik untuk transfer uang antar bank ataupun untuk transaksi belanja online. teknologi yang satu ini bukan internet banking BNI ataupun BNI mobile Banking tetapi fitur yang satu ini adalah BNI SMS Banking.

BNI SMS Banking

Fitur yang terdapat pada teknologi ini sudah semakin lengkap karena meliputi jaringan ATM bersama dan LINK. Semakin lengkapnya layanan yang diberikan, diharapkan nasabah dapat melakukan transfer online ke seluruh cabang bank anggota jaringan ATM bersama dan juga jaringan LINK (meliputi BRI, BTN, dan Bank Mandiri) cukup hanya dengan menggunakan BNI SMS banking.

Lihat video informasi BNI SMS Banking berikut ini.

Untuk dapat menggunakan layanan BNI SMS banking, yang pertama  yang perlu Anda lakukan ialah registrasi terlebih dahulu. Registrasinya bisa melalui ATM atau kantor cabang BNI terdekat yang ada di daerahmu. Jika sudah berhasil melakukan pendaftaran, maka layanan BNI SMS banking sudah bisa langsung Anda gunakan. Layanan ini sebenarnya memiliki kelebihan dan kelemahan, diantaranya:

Kelebihan dan Kelemahan BNI SMS Banking

Kelebihan BNI SMS Banking

Anda dapat melakukan pengecekan saldo, bayar tagihan, transfer sesama atau antar bank, cek mutasi rekening, pengisian pulsa, dan lain sebagainya. Cukup dengan hp yang memiliki pulsa, maka semua fasiltas tersebut bisa langsung Anda nikmati. Sangat praktis bukan? Tentu saja ya karena Anda tidak perlu repot lagi untuk pergi ke mesin ATM yang jaraknya lumayan jauh dari tempat tinggalmu dan mengantri di mesin ATM tersebut. Tinggal ambil smartphone, maka semuanya langsung beres!

Kekurangan BNI SMS Banking

Sama halnya saat mengirim pesan kepada teman, menggunakan layanan sms banking juga akan dikenakan biaya sebesar 500 hingga 1.000 rupiah tergantung pada operator yang Anda gunakan, kelemahan lainnya adalah tidak bisa melakukan penarikan secara tunai, dan tindak kejahatan seperti transfer uang diam-diam (jika seseorang meminjam smartphone kita dan mengetahui PIN kita, maka dia bisa saja langsung mentransfer sejumlah uang ke rekeningnya).

Cara Menggunakan BNI SMS Banking

Mungkin sebagain nasabah BNI sudah pernah menggunakan teknologi ini, tapi bagi Anda yang memang belum pernah mencoba atau belum tahu cara menggunakannya, berikut ini adalah beberapa langkah cara menggunakan layanan BNI SMS banking?

Ketik: TRF (spasi) ANTARBANK (spasi) kode bank+nomor rekenong tujuan (spasi) nominal yang hendak ditransfer (spasi) #nomor referensi#

Note: perlu diingat, pengisian nomor referensi bisa dikosongkan bila tidak ada nomor referensi yang hendak dimasukkan tanpa harus menghapus “tanda pagar” jadi “tanda pagar” nya tetap dituliskan.

Contoh: Anda hendak mentransfer uang sebesar Rp 1.000.000 ke rekening BTN kode bank 200) ke nomor rekening 0004167450067893. Maka format BNI SMS bankingnya adalah sebagai berikut:

TRF ANTARBANK 2000004167450067893 1000000 ## selanjutnya kirim ke 3346

Untuk mentransfer ke rekening bank lain, kodenya silahkan Anda  cari sendiri di google. Penggunaan BNI SMS banking saat transfer antar bank biasanya akan dikenakan tarif mulai dari 5ribuan tergantung bank apa yang menjadi tujuan transfer Anda.

Baca juga : Menggunakan BNI Mobile Banking Untuk Pembayaran Belanja Online
Baca juga : Cara Aman Transfer Antar Bank dan Belanja Online Dengan Internet Banking BNI Atau Ibank BNI

Biaya SMS banking memang lumayan mahal. Jadi kalau tidak dalam keperluan mendadak, sebaiknya layanan ini jarang digunakan. Lumayan loh buat hemat pulsa. Nah itulah tadi langkah untuk menggunakan BNI SMS Banking untuk transfer antar bank. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam melakukan transaksi melalui BNI SMS Banking.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.