Jangan Sepelekan 5 Kebiasaan Buruk Keuangan Karyawan Berikut ini!

0

Mengelola uang bisa dikatakan susah gampang. Namun, seringlah malah susah. Ketika tanpa terasa gaji yang diterima beberapa waktu lalu seiring waktu habis ntah kemana, tentu saja jadi susah. Kita semua butuh uang, bukan? Meski demikian, jangan biarkan uang yang mengatur kamu tetapi kamu yang harusnya mengelola uang tersebut.

Khususnya bagi para karyawan, ada beberapa kebiasaan buruk keuangan karyawan yang sebaiknya kamu hindari. Apa saja kebiasaan buruk yang terlihat sepele namun ternyata membuat kamu terus-menerus kesulitan keuangan?

kebiasaan burukimage by klikdokter

Daftar Kebiasaan Buruk Keuangan Karyawan yang Harus Dihindari

  1. Boros BBM

Kelihatannya sangat sepele namun tahukah kamu bahwa bisa jadi cukup banyak dana kamu habiskan untuk mengisi bahan bakar kendaraan kam. Sebagai contoh, macetnya kota tentu bikin bahan bakar cepat habis. Oleh karena itu, mengapa tidak coba untuk naik angkutan umum saja jika memungkinkan?

2. Malas untuk membandingkan harga

Hampir semua orang ingin yang praktis dan tak mau repot. Akan tetapi, tak ada salahnya kamu menyediakan waktu untuk membandingkan harga. Contohnya ketika kamu akan beli gadget. Ada baiknya untuk riset harga dan spesifikasi terbaik agar tak hanya tergiur modelnya saja. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan gadget terbaik yang sesuai dengan kantong kamu.

3. Tidak mengecek tagihan kartu kredit

Sekarang zamannya serba cepat. Namun, bukan berarti juga kamu cepat menggesek kartu kredit – apalagi kalau kamu tak rajin mengecek tagihan. Bisa-bisa di akhir bulan kamu malah menelan ludah karena lihat tagihan yang ternyata di luar perhitungan kamu.

Mudah, kok, untuk cek tagihan kartu kredit. Bahkan ada beberapa bank yang sudah menyediakan fitur menu kartu kredit di menu Internet Banking mereka. Contohnya saja, iBank BRI bagi nasabah Bank plat merah ini.

4. Lebih sering pakai uang pecahan besar

Tahukah kamu semakin sering kita menggunakan uang pecahan besar dan mengabaikan uang pecahan kecil sebenarnya secara tidak langsung kita boros. Patuhlah pada anggaran yang sudah kamu bikin. Jangan karena merasa masih punya uang pecahan besar, kamu seperti sedang banyak uang. Padahal bisa jadi perasaan itu hanya semu belaka.

5. Sisihkan dana tabungan sejak awal

Yap! Tips ini adalah yang paling penting. Agar tak terjerumus kebiasaan buruk keuangan karyawan, sisihkanlah dana dari gaji kamu untuk ditabung sejak awal. Ingat! Sisihkan bukan disisakan, ya. Penting pula untuk bedakan rekening sehari-hari dan rekening yang digunakan untuk menabung. Gunakan saja misalnya BRI Mobile Banking kamu jika kamu nasabah BRI untuk segera mentransfer gaji yang kamu terima ke rekening satu lagi. Jadi, kamu tak sempat untuk berpikir-pikir untuk beli ini atau beli itu. Artikel terkiat : Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Menyebabkan Kebakaran

Yang pasti, ketika kamu sudah bisa mengelola uang sekarang – hal ini jadi salah satu jalan bagi kamu untuk sukses ke depannya. Bagaimana bisa kaya kalau kita tak menghargai uang?

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.