3 Cara Simpel Membersihkan AC Rumah Sendiri

0

cara membersihkan ac rumah

Cara membersihkan AC rumah sendiri bisa dikatakan tidak mudah, namun juga tidak sulit jika kita benar-benar berniat untuk melakukannya. Yang terpenting sebelum Anda melakukan pembersihan AC adalah Anda harus tahu dengan baik bagaimana karakteristik dari AC rumah Anda. Pembersihan ini sangat diperlukan untuk merawat AC Anda agar tetap berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Pembersihan ini pun dilakukan guna memperpanjang umur AC.

Namun, seperti yang sudah dikatakan di atas, Anda harus tahu karakteristik AC seperti apa supaya tahu bagaimana cara membersihkan AC rumah sendiri. Jika Anda sembarangan dalam membersihkannya, malah akan menimbulkan kerusakan pada AC.

Tips Membersihkan AC di Rumah

Untuk Anda yang ingin mencoba membersihkan AC rumah, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, seperti di bawah ini:

Pakai Vacum Cleaner, Kemoceng sampai Lap Saat Membersihkan Filter AC

Anda bisa memanfaatkan alat penyedot debu, kemoceng dan lap kering yang akan membantu Anda untuk membersihkan AC di rumah. Pertama, cara membersihkan AC rumah sendiri harus Anda lakukan adalah mematikan dan mencabut AC dari sambungan listrik supaya tidak membahayakan Anda. Sebab, air merupakan benda yang dapat menghantarkan listrik.

Bersihkan bagian cover di bagian depan AC terlebih dahulu menggunakan kemoceng. Selanjutnya, untuk hasil yang lebih bersih, Anda dapat menggunakan lap dalam keadaan setengah basah. Lakukan penggelapan ini secara menyeluruh guna mengangkat sisa debu yang menempel. Jangan lupa untuk melakukan penggelapan kembali dengan menggunakan lap kering guna mengangkat uap air supaya tidak menimbulkan bercak-bercak uap yang mengering. Dengan begitu, cover luar AC rumah Anda tidak akan kotor lagi.

Carilah buku petunjuk untuk membuka dan membersihkan bagian filter. Bacalah buku petunjuk cara membersihkan AC rumah sendiri dengan teliti supaya Anda dapat memahami dengan baik. Bila Anda sudah paham bagaimana caranya, bersihkan debu yang bersarang pada filter AC dengan menggunakan alat penyedot debu. Atau, bila tidak ada penyedot debu yang berukuran kecil, Anda bisa menggunakan kuas kecil yang bersih.

Setelah filter AC bersih, Anda bisa mencuci bagian filter AC dengan menggunakan air bersih dan sabun pencuci piring. Jangan lupa juga untuk membilasnya sampai benar-benar bersih supaya Anda tidak harus kerja dua kali. Anda bisa menjemur filter tersebut di luar ruangan agar terkena cahaya matahari langsung. Penjemuran ini pun dimaksudkan supaya filter AC kering sempurna. Jangan lupa untuk melakukan pengelapan untuk memastikan filter benar-benar bersih.

Lakukan Pembersihan pada Bagian Kumparan Evaparator dan Kipas

cara membersihkan AC rumah sendiri pada bagian kumparan evaporator dan kipas agak berbeda. Anda harus menggunakan cairan khusus yang biasa digunakan untuk pembersihan AC. Anda dapat menemukan cairan ini di toserba atau semacamnya. Hal ini karena, bagian kumparan evaporator dan kipas terpasang secara permanen sehingga tidak bisa dipisahkan menjadi bagian-bagian kecil.

Jadi saat membersihkan bagian ini, Anda harus teliti dan telaten supaya saat melakukan penyemprotan cairan, benar-benar tepat pada sasaran yang akan Anda semprot. Jangan lupa untuk melakukan pengalasan pada bagian dinding bawah AC dan lantai bawah AC. Hal ini berguna untuk mencegah kotoran yang menetes dan mungkin akan tercecer di lantai sehingga dapat membuat kotor bagian dinding dan lantai rumah Anda. Akan lebih baik Anda melakukan pengalasan ini sebelum melakukan penyemprotan. Ada hal yang perlu diingat, saat melakukan penyemprotan, Anda harus mengikuti dengan baik cara penggunaannya dengan benar supaya tidak merusak komponen AC.

Bersihkan Bagian Unit Outdoornya

Tidak perlu khawatir secara berlebihan saat Anda dihadapkan pada situasi, di mana situasi tersebut mengharuskan Anda untuk membersihkan sendiri bagian unit AC yang terdapat di outdoor. Banyak orang ragu untuk melakukan pembersihan pada bagian unit AC yang ada di outdoor, dan hanya membersihkan unit AC yang ada di indoor saja. Padahal kedua bagian AC tersebut sama-sama penting.

Cara membersihkan AC rumah sendiri pada unit yang terdapat pada outdoor, sebaiknya Anda mencopot terlebih dahulu sambungan kabel yang terhubung langsung dengan listrik supaya aman. Saat menyemprotkan air, jangan sampai ragu. Tidak apa menyemprot air dengan cukup tekanan ke arah AC outdoor karena unit AC bagian outdoor memang didesain sedemikian rupa supaya air tidak mudah masuk ke bagian dalam sistem yang berhubungan dengan langsung.

Penyemprotan ini sangat berguna untuk merontokkan debu dan kotoran yang bersarang di unit tersebut. oleh karena itulah sangat diperlukan penyemprotan dengan sedikit tekanan, guna memaksimalkan proses perontokan kotoran yang membandel. Namun bagian unit AC outdoor ini tidak perlu sering dibersihkan, justru Anda harus lebih memperhatikan unit AC indoor-nya.

Itulah beberapa cara membersihkan AC rumah sendiri di rumah. Mungkin bagi Anda yang tidak tahu menahu mengenai komponen AC, sebaiknya menyuruh mereka yang sudah paham bagaimana cara membersihkan AC supaya tidak terjadi kerusakan pada AC Anda. Semoga bermanfaat.

 

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar