Cara Aman dan Benar Mengganti Fitting Lampu

0

Cara Aman dan Benar Mengganti Fitting Lampu

Apabila Anda hendak mengganti fitting lampu yang lama karena sudah rusak yang disebabkan karena fitting lampu pecah maupun meleleh karena panasnya suhu lampu ataupun ingin menggantinya dengan model fitting lampu yang baru tentunya mesti paham bagaimana cara mengganti fitting lampu yang benar supaya tak terjadi kesalahan di kemudian hari yang bisa menyebabkan korsleting bahkan bisa mengakibatkan kebakaran.

Baca: Tips Mencegah Korsleting Listrik Pada Rumah

Artikel ini akan membahas mengenai cara mengganti fitting lampu, baik itu fitting lampu yang terpasang pada langit-langit rumah atau fitting lampu yang terpasang pada tempat lain, di mana pun itu tempat penempatannya, cara penggantiannya tetap sama.

Cara Mengganti Fitting Lampu

Langkah pertama dalam mengganti fitting lampu ialah matikan terlebih dahulu sakelar MCB, hal ini bertujuan supaya tak tersengat listrik ketika kulit mengenai kabel serta mengenai terminal pada fitting yang hendak diganti.

Lepaskanlah lampu dari fitting serta simpan di tempat aman, selanjutnya buka sekrup yang ada pada fitting memakai obeng plus ataupun obeng minus yang sesuai.

Apabila sekrup sudah terlepas, selanjutnya tariklah fitting dari dudukannya secara perlahan serta hati-hati supaya kabel yang masih terhubung tak putus, dan terlihatlah kabel yang masih terhubung ke terminal fitting.

Lepaskanlah kabel yang terhubung ke fitting lampu dengan cara memutar sekrup berlawanan arah jarum jam yang ada pada terminal yang berada di belakang fitting lampu.

Sambungkanlah kedua kabel bekas fitting lampu yang utama yang berada di langit-langit rumah ke bagian terminal fitting lampu yang baru dengan cara memasukkan kedua kabel ke terminal fitting lampu baru, selanjutnya putarlah bagian sekrupnya searah jarum jam menggunakan obeng hingga kencang.

Setelah itu, tempelkanlah fitting lampu yang baru ke langit-langit rumah, selanjutnya masukkan sekrup dan kencangkan menggunakan obeng.

Terdapat dua jenis kabel yang terpasang pada fitting lampu, kabel positif serta kabel negatif. Kabel positif dari jalur utama yang sebelumnya diputus ataupun dihubungkan oleh saklar. Kabel netral atau kabel negatif langsung dari jalur utama instalasi listrik.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.