Bisnis Franchise Menjanjikan yang Bisa Dipertimbangkan

0

Banyak jalan dalam menuju kesuksesan salah satunya menjalankan bisnis franchise. Bisnis franchise ini sudah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia yang sudah menjamur di mana-mana. Terlebih lagi keuntungan yang didapatkan dari bisnis franchise ini juga faktor banyak orang yang berminat menjalankannya.

bisnis franchise menjanjikan
image source : franchise-logic

Bagi orang yang ingin usaha bisnis franchise ini maka Anda perlu mengetahui beberapa penjelasan seputar franchise dibawah ini mulai dari apa itu franchise, hingga apa saja franchise menjanjikan yang bisa diterapkan di Indonesia.

Franchise Atau Waralaba Adalah

Ada banyak pengertian dari franchise atau waralaba ini salah satunya berasal dari Peraturan Kementerian Perdagangan Nomor 71 Tahun 2019, yang mengatakan bahwa franchise atau waralaba ini adalah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha pada sistem bisnis yang memiliki ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan Perjanjian Waralaba. 

Ada juga pengertian franchise menurut KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia, franchise adalah kerja sama di bidang usaha dengan sistem bagi hasil sesuai dengan kesepakatan yang mencakup dengan hak kelola serta hak pemasaran.

Dalam memahami pengertian franchise adalah merupakan bisnis atau usaha yang berdasarkan kesepakatan. Anda sepakat dalam mengelola dan menjalankan semua aspek bisnis franchise termasuk pengoperasionalan hingga promosi.

Ada dua elemen tetap dalam bisnis franchise antara lain:

  • Franchisor yang merupakan pemilik bisnis waralaba atau merek dagang.
  • Franchisee adalah orang yang membeli izin bisnis waralaba.

Macam Macam Bisnis Franchise

Dalam memahami bisnis franchise menjanjikan apa saja yang sesuai dengan passion Anda kita perlu mengetahui macam-macam bisnis franchise berdasarkan karakteristik wujud produknya seperti berikut:

  • Franchise Produk

Merupakan jenis franchise yang memberikan lisensi merek dagang dari sebuah produk oleh pemilik franchise. Misalnya produk franchise minuman dan makanan, restoran, kafe, dan lain sebagainya.

  • Franchise Jasa

Sebuah franchise yang memberi lisensi kepada rekan bisnis untuk dapat menyalurkan izin usaha produk berupa jasa. Misalnya saja produk franchise asuransi, Bengkel, studio foto, lembaga pendidikan, dan lainnya.

  • Franchise Campuran

Seperti namanya yakni franchise yang diberikan oleh pemilik franchise untuk dapat menyalurkan produk jasa dan barang seperti misalnya franchise salon yang menjual merek dagang salon serta produk perawatan rambut dan produk kecantikan.

Contoh Franchise Lokal

Untuk contoh franchise lokal yang menjadi trend masa kini misalnya adalah:

  • Jco Donuts

Ya benar sekali bahwa banyak orang yang mengira bahwa Jco Donuts merupakan waralaba asing. Namun tahukah Anda bahwa Jco sendiri merupakan UKM lokal asli Indonesia yang dirikan oleh pengusaha terkenal dibidang salon yakni Johnny Andrean.

  • Kebab Baba Rafi

Bagi pecinta makanan kebab tentu sudah tidak asing dengan kebab Baba Rafi. Ya makanan khas timur tengah ini merupakan franchise lokal yang sudah memiliki hingga lebih dari 60 gerai di seluruh Indonesia. 

  • CFC 

California Fried Chicken merupakan franchise lokal yang mungkin banyak orang yang mengira ini dari Amerika Serikat. Sudah lebih dari 20 gerai CFC yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk juga di negara tetangga seperti China. 

Memulai Bisnis Franchise

Memulai bisnis franchise khususnya bagi pebisnis pemula yang tidak mau repot memulai bisnis dari nol. Kelebihan dari model bisnis franchie ini adalah memulainya dengan lebih mudah dan cepat. Sebagai pembeli franchise Anda tinggal mengikuti persyaratan dan panduan dari pemilik bisnis franchise yang ada di Indonesia.

Bagi pebisnis pemula tidak perlu kebinungan dalam menjalankan bisnis franchise ini, notabene franchise sudah mempersiapkan pelatihan dan dukungan. Sehingga semua cabang franchise perlu mematui standar yang sama untuk mempertahankan reputasi bisnis.

Sebagai pemilik franchise wajib memberikan dukungan yang diperlukan begitu juga saran pemilihan lokasi bisnis yang stategis. 

Dalam hal ini, dukungan dari pemilik bisnis franchise sangat diperlukan. Begitu juga dalam hal pemilihan lokasi bisnis yang strategis, pemilik bisnis akan memberikan bantuan.

Franchise Yang Menguntungkan

Adapun beberaepa franchise yang menguntungkan di Indonesia terutama franchise yang berkaitan dengan kuliner. Berikut kategori franchise yang menguntungkan:

  • Makanan minuman
  • Otomotif
  • Pendidikan dan pelatihan
  • Kesehatan dan kecantikan
  • Komputer dan teknologi
  • Furnitur
  • Properti
  • Travel
  • Penginapan
  • Mini market

Franchise Indonesia Terbaik

Untuk dapat memahami gambaran besar tentang franchise Indonesia yang menjanjikan maka Anda dapat melihat informasi tambahan beberapa franchise Indonesia yang terbaik seperti:

  • Franchise makanan

Franchise makanan yang dinilai sebagai salah satu jenis waralaba Indonesia yang terbaik untuk pemula. Waralaba makanan memiliki perkembangan percepatan bisnis yang cukup baik di Indonesia. Hal ini dikarenakan mudah di operasikan dan lebih mudah di jual produknya ketimbang franchise lainnya. Makanan juga merupakan waralaba makanan yang sangat menarik bagi banyak orang di Indonesia.

  • Franchise Salon dan Kecantikan

Franchise salon merupakan salah satu franchise Indonesia yang menjanjikan karena orang Indonesia sendiri suka untuk memotong rambut di tempat-tempat yang terkenal dan memiliki kualitas yang terbaik. Franchise salon biasanya juga menyediakan produk kecantikan seperti shampoo, skin care, dan produk makeup lainnya.

  • Franchise multimedia

Franchise media ini dikenal dengan franchise yang memberikan lisensi untuk monetasi karya turunan seperti film, novel, program televisi, atau permainan game.

  • Franchise ritel atau minimarket

Bisnis ritel atau minimarket juga termasuk franchise yang terkenal di Indonesia. Contohnya saja minimarket Indomaret atau Alfamart yang menawarkan waralaba kerja sama kepada pembeli franchise yang menyediakan berbagai produk sehari-hari.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.