Hei Pengusaha Sudah Benarkah Cara Kamu Mengatur Keuangan Selama Ini?

0

Cara Mengatur Keuangan biar usaha lancar terus

Akibat dari kurangnya tahu cara mengatur keuangan yang baik, cenderung membuat banyak pengusaha yang harus menghentikan usahanya di tengah jalan. Untuk itu perlu banget ngerti pentingnya cara mengelola keuangan yag baik agar tidak menghambat potensi pertumbuhan bisnis atau bahkan kebangkrutan.

Untuk itu penting banget untuk para pengusaha mengerti pentingnya mengatur keuangan yang baik. Berikut adalah tips dan triknya

Buat Prioritas 

cara mengatur keuangan
Source: Shutterstock

Saat mendirikan usaha di awal yang harus pertama kali kamu lakukan adalah berhemat. Dengan berhemat kamu dituntut untuk bisa membagi keuangan degan skala prioritas dari yang paling tinggi hingga terendah. Kamu harus tahu ada biaya operasioanal dan jenis biaya lainnya yang harus dibayarkan meskipun usahamu belum mendatangkan keuntungan.

Jangan lupa untuk membedakan mana keinginan maupun kebutuhan. Oh ya prinsip ini juga bisa kamu lakukan dalam mengatur keuangan pribadi loh!

Detail Dalam Perhitungan

Sumber modal usaha
sumber modal usaha

Apa yang pertama kali dipikirkan saat kamu mendapatkan keuntungan usaha? Ada baiknya sampingkan kepentingan pribadi lebih dulu, dan seperti di awal prioritaskan keuntungan yang didapat untuk mengembangkan bisnis, menambah tenaga kerja, menambah dekorasi,  atau hanya sekedar biaya cadangan di situasi tidak menentu.

Buat perhitungan seperti 30 persen untuk ditabung 50 persen untuk modal 20 persen untuk bersenang senang. Tidak sulit untuk melakukannya asalkan kamu mempunyai tujuan dan niat yang jelas.

Kalau belum mampu yang penting kamu sudah mencobanya, dan percayalah kamu akan semakin dekat dengan impianmu di masa depan.

Perluas Networking

Community Team GIF by Matthew Butler - Find & Share on GIPHY

Ingin mengembangkan usaha tapi modal terbatas? Solusinya cobalah mencari investor yang nantinya bisa memberikan modal tambahan.

Namun untuk mendapatkan modal tambahan ini kamu perlu memiliki networking yang luas, dan tentunya semangat saat ditolak. Pasalnya orang akan lebih berhati-hati saat menginvestasikan uang mereka terhadap suatu usaha terlebih jika belum memiliki branding yang cukup kuat.

Catat Setiap Transaksi

manfaat kartu kredit bagi pemegang kartu kredit

Mulai dari hal kecil yang nantinya bisa membawamu ke hal yang lebih besar, terbukti dengan mencatat setiap transaksi yang dilakukan bisa membantu usaha kecil kamu terhindar dari terjadinya penyelewengan dana yang bisa dilakukan oknum oknum berbahaya.

Jika sulit buatlah laporan keuangan yang simple dan mudah dimengerti maupun dipelajari. Jika sulit gunakan aplikasi untuk mempermudah menghitung keuangan bisnis kamu dengan cara yang lebih mudah.

Miliki Dana Darurat

manfaat kartu kredit di kehidupan

Sebagian orang menghindari memiliki kartu kredit karena dianggap berbahaya. Namun anggapan itu tidak sepenuhnya benar karena dalam sebuah usaha diperlukan dana darurat.

Apa sih yang dimaksud dengan dana darurat?  baik gini ya, emergency fund adalah dana yang sengaja dikumpulkan untuk digunakan saat keadaan genting, baik untuk dana darurat keluarga, maupun dana darurat pribadi, maupun usaha.

Karena harus diakui banyak resiko yang tak terduga bisa terjadi dalam setiap usaha. Dalam ilmu perencanaan keuangan, dana darurat sendiri memiliki dua fungsi utama

  1. Dana Cadangan(reserved fund), akan membantu ketika kamu membutuhkan kebutuhan dengan dana yang relatif besar namun tidak bisa dipenuhi dalam satu tahun anggaran.
  2. Pengeluaran tidak terduga(unexpected expense), menjadi pertolongan pertama secara material saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pasalnya saat dalam keadaan terjepit kita cenderung merasa panik dan tidak tahu solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut, apalagi jika itu berkaitan dengan uang. Jika salah mengambil tindakan bisa saja kamu akan terlilit hutang yang lebih besar karena bunga yang terus berkembang.

Daripada melakukan pinjaman kesana kemari ataupun lembaga keuangan lainnya, lebih baik kamu mempertimbangkan kartu kredit sebagai dana darurat. Suku bunga rendah yang hanya berkisar 3% akan sangat membantu ketika kamu membutuhkan sejumlah dana darurat. Apalagi jika dana tersebut hanya dipakai dalam waktu singkat.

Namun di samping kartu kredit, ada alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu pinjaman dari lembaga terpercaya yang diawasi oleh OJK. Memberikan cicilan ringan yang tenor waktunya bisa dipilih berdasarkan kemampuan.

Perencanaan Keuangan yang Tepat

Ralali finance product

Dalam segala hal disarankan untuk memiliki perencanaan, termasuk dalam bisnis. Ini juga merupakan salah satu cara mengatur keuangan usaha kecil yang benar.  Buatlah anggaran selama beberapa bulan ke depan, untuk meminimalisir masalah keuangan yang bisa terjadi nantinya.

Nantinya dengan adanya perencanaan keuangan ini kamu akan lebih mudah untuk menentukan langkah ke depan dengan anggaran yang ada, dan pastinya mencegah pengeluaran yang tidak perlu terjadi.

Nah, itu dia tips cara mengatur keuangan untuk yang bisa diterapkan oleh para pengusaha. Jangan lupa lakukan cek kesehatan keuangan kamu agar usaha tidak terhambat.

Untuk mengetahui insight bisnis lainnya seperti peluang usaha bisnis martabak, aneka resep martabak, bisnis minuman kekinian, atau bubble drink yang lagi hype banget, sampai konsep coffee shop sederhana, semuanya bisa kalian dapatkan di link yang sudah disediakan

Buat Permintaan dan Pengadaan Barang

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Skip to toolbar