Ini 3 Cara Menentukan Segmen Pasar dalam Bisnis

0
Ini 3 Cara Menentukan Segmen Pasar Dalam Bisnis. (*dok: Ralali.com)

Dalam merencanakan bisnis hal utama yang diperlukan adalah memahami serta menentukan segmen pasar yang dituju dalam berbisnis. Apabila telah menentukan segmen pasar yang tepat, maka peluang kesuksesan dalam berbisnis menjadi lebih besar.

Segmen pasar adalah sekumpulan orang yang memiliki satu atau beberapa karakteristik yang serupa. Pengelompokan ini dapat mempermudah suatu bisnis untuk mengidentifikasi strategi apa yang akan digunakan agar tepat sasaran.

Dalam menentukan segmen pasar yang tepat dalam berbisnis diperlukan analisa yang tepat sejak awal. Berikut ini 3 cara yang dapat dilakukan untuk menentukan segmen pasar.

1. Memahami kondisi pasar dengan menyeluruh

Langkah dasar dalam menetapkan segmen pasar adalah dengan melihat atau mengamati kondisi pasar secara menyeluruh. Diperlukan pengerucutan yang lebih detail untuk menentukan pengelompokan ini. Segmen pasar yang tepat adalah sekumpulan orang yang membutuhkan serta dapat menikmati manfaat dari produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan.

2. Menentukan Pasar Mikro atau Micro Market

Setelah memahami kondisi pasar, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan pasar mikro, yakni target pasar dari segmen yang telah ditentukan secara lebih spesifik dan kebih kecil dari yang Anda tentukan di tahap awal. Pasar mikro dapat dibagi menjadi beberapa kelompok mikro market yang berbeda-beda. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam menentukan pola pendekatan pemasaran yang berbeda-beda.

3. Melakukan segmentasi pasar

Langkah pertama dalam melakukan segmentasi pasar adalah menentukan kategori yang paling tepat serta sesuai dengan produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan. Dimulai dengan melakukan riset awal yang dapat memvalidasi opini atau pendapat calon customer terhadap produk tersebut.

Setelah melakukan riset, langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi segmen pasar, sehingga dapat menemukan segmen pasar yang paling tepat dan sesuai dengan produk Anda.

Nah, itu dia ke-3 cara menentukan segmen pasar yang tepat dalam berbisnis. Apabila hal tersebut sudah dilakukan dengan baik, maka perencanaan bisnis dapat berjalan lancar Ralali.com sebagai B2B marketplace pertama, terbesar, dan terpercaya di Indonesia memberikan penawaran berbisnis yang dapat menjadi solusi usaha dari berbagai kategori. Melalui program business collection, Ralali.com membuka kesempatan baik untuk masyarakat umum yang sedang berencana untuk memulai bisnis (newpreneur) ataupun yang sudah menjalankan bisnis mereka secara rutin.

Ralali.com membuka peluang usaha dengan beragam referensi bisnis, diantaranya adalah

  1. Various Cleaning Service
  2. Perkakas dan Power Tools
  3. Bisnis Otomotif
  4. Usaha Warkop Kekinian
  5. Employee Care
  6. BIG Sale Electronics
  7. Back to work
  8. Peluang Cuan di Musim Hujan
  9. Alat Keselamatan Kerja
  10. Usaha Minuman Kekinian
  11. Usaha Makanan Kekinian
  12. Serba Serbi Packaging
  13. Sembako Nusantara
  14. Lawan Pandemi Bersama Ralali
  15. Bisnis Kue Rumahan
  16. Martabakpreneur
  17. Peluang Usaha Alat Kebutuhan Kantor
  18. Kedai Kopi

Referensi kategori bisnis di atas dan beragam kategori lainnya dapat ditemukan di Ralali.com dengan harga yang kompetitif dan kualitas terbaik mulai dari alat produksi hingga bahan baku, sehingga memudahkan pelaku usaha untuk melakukan perhitungan modal awal yang perlu dipersiapkan dalam memulai kegiatan usaha.

Temukan kemudahan berjualan dengan aman dan nyaman melalui pilihan business collection terbaik di DI SINI. Jualnya gampang, untungnya bergelimang.

Berbagai pertanyaan terkait kebutuhan berbisnis dapat menghubungi lewat hotline Hello Ralali 1500 465 atau kirim email ke hello@ralali.com untuk info lebih lanjut.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.