Inilah Cara Praktis Perpanjang Usia Aki Kendaraan

0

Cara memperpanjang umur aki

Inilah Cara Praktis Perpanjang Usia Aki Kendaraan – Bagi para pengguna kendaraan, aki merupakan komponen yang mesti diperhatikan kondisinya supaya ketika aki digunakan kinerjanya bisa maksimal semisal men-starter dan yang lainnya. Akan tetapi masih banyak yang tidak peduli terhadap keadaan aki kendaraannya, walaupun sudah dalam keadaan bermasalah sekalipun. Mesti diketahui aki merupakan sumber listrik utama untuk kendaraan yang anda pergunakan.

Artikel lain : Cara Merawat Aki

Aki yang bermasalah sangatlah mengganggu aktivitas, biasanya aki yang bermasalah memiliki ciri khusus yang mudah sekali di identifikasi semisal pada bagian kepala aki kotor yang disebabkan uap air serta kotoran menempel secara berlebihan. Waspadalah apabila keadaan seperti itu sudah mulai muncul pada aki, sebab bisa menimbulkan kerak, apabila terdapatkan kerak akan berdampak tidak baik terhadap kendaraan karena aki akan semakin bermasalah.

Cara penanganannya sangat mudah yaitu dengan cara mencuci kepala aki kotor tersebut menggunakan air panas, kerak akan mudah terlepas ataupun kerak akan menghilang dengan sendirinya. Apabila sudah di lakukan pencucian, alangkah baiknya aki mobil segera di keringkan guna menghindari terjadinya masalah korsleting.

Baca juga : Cara Mengganti Aki Mobil

Cara lain untuk memperpanjang usia aki kendaraan yaitu pertama-tama yaitu ketahui terlebih dahulu jenis aki kendaraan anda. Aki terdiri dari 2 jenis, yaitu aki basah serta aki kering. Fungsi kedua aki tersebut sama saja, yang membedakan hanyalah secara fisik, tenaga yang dihasilkan dan keawetannya.

Cara perawatan aki basah sangatlah mudah yaitu cukup melihat andikator permukaan aki, pastikan berada di upper dan jangan sampai berada di blower karena berakibat fatal terhadap komponen kendaraan. Apabila berada di posisi indikator lower maka segeralah untuk menambahkan air sampai ke posisi upper.

Yang paling penting agar aki bisa bertahan lama yaitu pada “beban” yang disangga oleh komponen-komponen aki itu sendiri, sangat disarankan untuk menggunakan beban yang secukupnya sesuai dengan standar. Janganlah berlebihan semisal menambah beban sistem audio yang kerap kali digunakan pada mobil modifikasi ataupun mobil ubahan interior yang lebih modern.  Beban yang berlebih tersebut akan mengurangi usia pakai aki.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda, dan semoga dapat anda aplikasikan langsung ke aki anda agar aki kendaraan anda tetap awet dan dapat dipakai dengan kurun waktu yang cukup lama. Untuk lihat berbagai produk aki mobil atau kendaraan yang berkualitas, dapat anda cek di website Ralali.

Ralali

Editor : Metha

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.