Cara Kalibrasi Amperemeter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Amperemeter Terpercaya

0

Amperemeter Alat atau instrumen yang digunakan untuk mengukur arus disebut ammeter. Satuan arus adalah ampere. Jadi perangkat ini mengukur aliran arus dalam ampere disebut sebagai ammeter atau ampere meter. Resistansi internal perangkat ini adalah ‘0’ namun secara praktis; ia memiliki sejumlah resistansi internal. Rentang pengukuran perangkat ini terutama bergantung pada nilai resistansi.

Akan tetapi, akan ada saatnya bahwa resistensi yang diberikan bisa salah karena penggunaan yang dilakukan secara terus menerus. Maka dari itu, dibutuhkanlah yang namanya kalibrasi. Bagaimana cara kalibrasi amperemeter ini? Dan apakah ada cara khusus untuk melakukannya? Mari kita cari tahu. 

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Amperemeter

Kalibrasi memang bersifat sangat penting untuk berbagai alat ukur khususnya untuk instrumen kelistrikan seperti amperemeter ini. Kalibrasi akan berguna demi memberikan pengukuran yang akurat pada amperemeter.

Anda harus tahu terlebih dahulu bahwa kalibrasi amperemeter ini memiliki standar acuan, metode, dan cara kalibrasi amperemeter yang sudah disesuaikan dengan prosedur kalibrasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Bagaimana caranya? Mari kita cari tahu!

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Amperemeter

Kalibrasi untuk amperemeter ini akan dilakukan dengan standar acuan mengukur DC amperemeter dan juga AC amperemeter. Masing-masing harus dilakukan kalibrasi dan dicari nilai kalibrasinya. Selain itu, untuk metode kalibrasinya adalah menggunakan IK-KL-LS03 untuk DC amperemeter, dan IK-KL-LS08 untuk AC amperemeter.

Prosedur Cara Kalibrasi Amperemeter

Setelah mengetahui standar acuan dan juga metode kalibrasi dari amperemeter, sekarang Anda bisa melaksanakan kalibrasi amperemeter dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Pertama Anda harus mempersiapkan alat kalibrasi, amperemeter yang sudah dibersihkan dan dicek kondisi fisiknya.
  2. Jika persiapan sudah selesai, selanjutnya adalah dengan mencari nilai kalibrasinya. Nilai kalibrasi untuk amperemeter adalah dengan mengukur AC dan juga DC dengan rentang ukur yang sudah ditentukan dengan standar internasional.
  3. Apabila memang ada deviasi atau penyimpangan yang terjadi pada alat ukur, maka Anda harus melakukan kalibrasi sampai dengan batas yang ditoleransi.
  4. Cari ketidakpastian dari proses kalibrasi amperemeter mulai dari suhu, kelembapan, dan masih banyak lagi faktor ketidakpastiannya.
  5. Terakhir, Anda bisa mendokumentasikan seluruh proses kalibrasi amperemeter untuk selanjutnya dibuat laporan hasil kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Amperemeter

Kalibrasi untuk amperemeter tidak pasti. Ada beberapa faktor yang harus Anda laksanakan kalibrasi secepatnya. Tapi, untuk amperemeter yang masih normal terkadang akan dilakukan kalibrasi setiap 12 bulan sekali.

Jika Anda ingin lebih memahami frekuensi kalibrasi amperemeter, Anda bisa melakukan konsultasi dengan klik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Apakah Anda merasa jika melaksanakan kalibrasi amperemeter itu sulit? Tenang saja, Anda bisa mempercayakannya saja kepada jasa kalibrasi amperemeter. Jasa kalibrasi amperemeter ini akan bisa memberikan kepada Anda berbagai keuntungan seperti:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Anda bisa mendapatkan hasil kalibrasi yang tertelusur. Selain itu, amperemeter yang dikalibrasikan di jasa kalibrasi terakreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional) bisa memberikan kepada Anda akurasi yang tepat karena sudah sesuai dengan standar yang berlaku untuk kalibrasinya.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Kalibrasi di jasa kalibrasi terakreditasi Kan bisa mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi yang membuat Anda menjadi yakin pengukuran amperemeter itu sudah akurat.

Layanan Jasa Kalibrasi Amperemeter Terakreditasi KAN

Mencari di mana jasa kalibrasi amperemeter yang terpercaya dan dapat diandalkan? Anda bisa mempercayakannya saja kepada Kalibrasi.com! Sebagai jasa kalibrasi amperemeter yang terpercaya, Kalibrasi.com sudah mendapatkan akreditasi dari KAN dan juga memiliki ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. 

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Amperemeter di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas karena memiliki mitra yang sangat banyak. Untuk instrumen fotometri, Kalibrasi.com memiliki mitra terakreditasi dari KAN seperti:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global 

Kelebihan Jasa Kalibrasi Amperemeter dari Kalibrasi.com

Selain adanya ruang lingkup kalibrasi luas, Kalibrasi.com juga bisa memberikan kepada Anda berbagai kelebihan di antaranya: 

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Bagaimana? Tertarik untuk melaksanakan kalibrasi amperemeter di Kalibrasi.com? Anda bisa melakukan penawaran dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.