Cara Kalibrasi Osiloskop dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Osiloskop Terpercaya

0

Osiloskop, atau teropong adalah alat penting dalam gudang senjata insinyur atau penguji elektronik. Osiloskop adalah item peralatan uji elektronik yang memungkinkan bentuk gelombang terlihat dan dengan cara ini membuatnya lebih mudah untuk melihat masalah yang terjadi di sirkuit elektronik.

Mengingat keuntungan yang mereka miliki, osiloskop adalah bagian penting dari alat uji elektronik untuk setiap laboratorium elektronik atau area yang menguji perangkat keras elektronik baik dalam desain RF, desain sirkuit elektronik umum, manufaktur elektronik, layanan, perbaikan atau di mana pun sirkuit elektronik dan bentuk gelombang pada mereka perlu diselidiki.

Tapi, untuk membuat osiloskop memberikan pengukuran yang akurat, maka kalibrasi adalah solusinya. Bagaimana cara kalibrasi osiloskop ini?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Osiloskop

Anda perlu tahu sebelum melakukan kalibrasi osiloskop adalah dengan memahami apabila kalibrasi itu ada standar acuan, metode, dan caranya tersendiri. Kalibrasi osiloskop ini sangat penting untuk membuat pengukurannya bisa menghasilkan dengan baik dan juga akurat.

Maka dari itu, Anda harus mengerti standar acuan, metode, dan cara kalibrasi osiloskop agar Anda bisa menghasilkan pengukuran osiloskop yang akurat.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Osiloskop

Pertama yang harus Anda perhatikan adalah standar acuan. Kalibrasi osiloskop harus menggunakan standar acuan pengukuran amplitudo dan juga periode. Semuanya ada rentang ukurnya dan juga batas yang bisa ditoleransi dan itu sudah diatur oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN.

Sedangkan untuk metode kalibrasinya, osiloskop ini menggunakan metode IK.KL -10. 

Prosedur Cara Kalibrasi Osiloskop

Untuk cara kalibrasi osiloskop, akan digunakan prosedur sebagai berikut:

  1. Lakukan persiapan untuk alat kalibrasi, standar acuan, dan juga osiloskop yang sudah dibersihkan serta dicek untuk unitnya apakah ada kerusakan atau tidak.
  2. Persiapan sudah selesai, Anda bisa mencari nilai kalibrasinya dengan mencari amplitudo dan juga periodenya dengan rentang ukur yang sudah sesuai dengan anjuran dari standar internasional.
  3. Lalu, untuk nilai kalibrasi yang ada deviasi, akan dibenarkan sampai dengan batas yang bisa ditoleransi.
  4. Selanjutnya, Anda bisa mencari ketidakpastian dari proses kalibrasi osiloskop dengan menentukan berbagai faktor seperti suhu dan juga kelembapan dari ruang kalibrasi.
  5. Dan terakhir, Anda bisa mendokumentasikan seluruh proses kalibrasi osiloskop untuk membuat hasil laporan kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Osiloskop

Kalibrasi untuk osiloskop akan dilakukan dengan frekuensi 12 bulan sekali. Akan tetapi, itu tidak bisa menjadi patokan selamanya. Ada berbagai faktor kalibrasi osiloskop yang membuatnya harus dikalibrasi langsung.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan mengklik banner di bawah ini untuk frekuensi kalibrasi osiloskop.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Jika Anda ingin memang ingin melakukan kalibrasi osiloskop akan tetapi tidak paham betul bagaimana cara kalibrasi osiloskop, Anda bisa mempercayakannya saja kepada jasa kalibrasi. Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jasa kalibrasi, di antaranya:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Apabila Anda memilih jasa kalibrasi osiloskop, Anda akan mendapatkan hasil kalibrasi yang tertelusur dan sesuai dengan standar yang berlaku. Ini pastinya akan membuat akurasi dari osiloskop sangat akurat.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Selanjutnya, apabila Anda menggunakan jasa kalibrasi, Anda akan menerima bukti berupa sertifikat kalibrasi yang menegaskan akurasi osiloskop Anda.

Layanan Jasa Kalibrasi Osiloskop Terakreditasi KAN

Apabila Anda ingin mendapatkan jasa kalibrasi yang terakreditasi KAN, Kalibrasi.com adalah jawaban yang sangat pasti! Kalibrasi.com menyediakan layanan jasa kalibrasi osiloskop yang sudah terakreditasi oleh KAN, sehingga Anda dapat percaya pada kompetensinya. Ada berbagai kelebihan Anda bisa memilih jasa kalibrasi osiloskop dari Kalibrasi.com, apa saja itu?

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Osiloskop di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi osiloskop yang luas, memberikan Anda banyak pilihan dalam kalibrasi perangkat Anda. Untuk mitra dari Kalibrasi.com yang akan melaksanakan kalibrasi instrumen kelistrikan adalah:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Osiloskop dari Kalibrasi.com

Apakah Anda berminat untuk melaksanakan kalibrasi osiloskop, Anda bisa mempercayakannya di Kalibrasi.com karena Anda bisa mendapatkan berbagai kelebihan seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Tertarik untuk penawaran dari Kalibrasi.com ini? Anda bisa mengisi form penawaran kalibrasi di bawah ini untuk mendapatkan jasa kalibrasi osiloskop Anda!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.