Cara Kalibrasi Insulation Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Insulation Meter Terpercaya

0

Insulation meter adalah instrumen khusus untuk mengukur nilai resistansi maksimum, resistansi isolasi, rasio penyerapan, dan indeks polarisasi. Unit skalanya adalah megger, yang memiliki catu daya tegangan tinggi. Kinerja dari insulation meter ini adalah salah satu tanda penting untuk mengevaluasi insulasinya, yang tercermin dari resistansi insulasi.

Karena kepentingannya, maka pasti alat ukur ini harus memiliki pengukuran yang akurat. Maka dari itu, Anda yang memiliki insulation meter, maka Anda harus tahu betapa pentingnya kalibrasi insulation meter. Bagaimana cara kalibrasi insulation meter ini? Mari kita cari tahu!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Insulation Meter

Kalibrasi akan membuat insulation meter yang Anda miliki bisa mengukur nilai resistansi dengan bagus dan juga sesuai dengan standar internasional. Tentu saja akurasi dari pengukuran alat ukur sangat penting bukan? 

Maka dari itu, untuk mengerti cara kalibrasi insulation meter, ada standar acuan dan juga metode kalibrasinya yang harus Anda pahami.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Insulation Meter

Kalibrasi insulation meter ini menggunakan standar acuan pengukuran dengan satuan internasional. Ini memang menjadi standar yang sangat umum untuk digunakan di berbagai instrumen kelistrikan. Sedangkan untuk metode kalibrasinya sendiri akan menggunakan IK.KL -09.

Prosedur Cara Kalibrasi Insulation Meter

Untuk prosedur cara kalibrasi insulation meter yang Anda sudah memahami standar acuan dan juga metodenya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan Alat dan Peralatan: Pastikan Anda memiliki peralatan kalibrasi yang sesuai dan tepat untuk insulation meter. Siapkan juga standar acuan yang diketahui nilai ketahanan isolasinya untuk digunakan selama kalibrasi.
  2. Penyesuaian Nol: Tempatkan insulation meter pada kondisi lingkungan yang stabil dan atur alat pada nilai nol atau nol referensi menggunakan tombol atau pengatur yang sesuai. Pastikan bahwa insulation meter telah dikalibrasi dengan benar pada titik nol.
  3. Kalibrasi Ketahanan Isolasi: Gunakan standar acuan dengan nilai ketahanan isolasi yang diketahui. Atur insulation meter pada nilai ketahanan isolasi yang sesuai dengan standar acuan. 
  4. Kalibrasi Tegangan Isolasi: Jika insulation meter juga mengukur tegangan isolasi, gunakan standar acuan dengan tegangan yang diketahui. Atur insulation meter pada nilai tegangan yang sesuai dengan standar acuan.
  5. Verifikasi Hasil: Setelah kalibrasi selesai, lakukan verifikasi untuk memastikan hasil kalibrasi insulation meter. 
  6. Dokumentasi: Catat semua langkah dan hasil dari proses kalibrasi insulation meter. Dokumentasi ini akan sangat berguna untuk penerbitan hasil laporan kalibrasi insulation meter.

Frekuensi Kalibrasi untuk Insulation Meter

Frekuensi untuk melaksanakan kalibrasi insulation meter ini tergantung dengan penggunaannya. Apabila penggunaannya dan perawatannya normal, maka kalibrasi akan dilakukan setiap 12 bulan sekali. Tetapi, jika ada faktor lainnya yang membuat akurasinya menjadi berkurang, maka kalibrasi akan dilakukan lagi. 

Anda bisa melakukan konsultasi terkait frekuensi kalibrasi insulation meter ini dengan klik banner di bawah ini! 

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Jika Anda merasa bingung dengan cara kalibrasi insulation meter yang rumit, jangan khawatir karena ada jasa kalibrasi yang siap membantu. Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah jika mempercayakan jasa kalibrasi insulation meter yang terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional) di antaranya:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Untuk proses kalibrasi akan dilakukan dengan tertelusur dan sesuai standar yang berlaku, memberikan hasil yang dapat dipercaya dan akurat.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Selain itu, jasa kalibrasi insulation meter akan melaksanakan cara kalibrasi insulation meter yang benar sehingga akurasinya tepat yang dibuktikan dengan diterbitkannya bukti sertifikat kalibrasi untuk insulation meter.

Layanan Jasa Kalibrasi Insulation Meter Terakreditasi KAN

Apakah Anda sedang mencari di mana jasa kalibrasi insulation meter yang terakreditasi KAN dan juga sudah terbaik? Kalibrasi.com jawabannya!

Kalibrasi.com menyediakan layanan jasa kalibrasi insulation meter yang terakreditasi KAN, dengan ruang lingkup untuk instrumen fotometri seperti insulation meter.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Insulation Meter di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menyediakan ruang lingkup kalibrasi kelistrikan. Ini akan memberikan kepada Anda kelegaan karena Kalibrasi.com bisa melaksanakan kalibrasi insulation meter Anda.

Akan ada mitra yang terakreditasi untuk memberikan layanan kalibrasi insulation meter Anda, yaitu:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Insulation Meter dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memang menjadi pilihan terbaik untuk jasa kalibrasi insulation meter dengan berbagai kelebihannya. Kelebihannya meliputi standar acuan jelas, metode sesuai, prosedur yang jelas, opsi pembayaran fleksibel, dan logistik yang handal. 

Percayakan Kalibrasi.com sebagai pilihan jasa kalibrasi insulation meter Anda. Isi form penawaran kalibrasi insulation meter di bawah ini dan buktikan kemudahan dan keuntungan melaksanakan kalibrasi insulation meter di Kalibrasi.com!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.