Cara Kalibrasi Phase Detector dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Phase Detector Kredibel

0

Phase Detector adalah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi dan mengukur fase tegangan pada tiga fase listrik. Perangkat ini biasanya bekerja dengan prinsip deteksi tegangan melalui induksi elektrostatik. Ketika sirkuit listrik terhubung, fase detector mendeteksi tegangan melalui kontak elektrostatik yang membentuk sirkuit tertutup. Hal ini memungkinkan perangkat untuk memperoleh bentuk gelombang tegangan untuk masing-masing dari tiga fase dan mendeteksi urutan fase. 

Dengan kebutuhan akan keakuratan phase detector ini maka kita perlu melakukan kalibrasi secara berkala. Adapun beberapa hal yang mungkin bisa kita bahas dan memperdalam tentang cara kalibrasi phase detector sekaligus jasa kalibrasi phase detector yang terpercaya.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Phase Detector

Dalam memahami cara kalibrasi phase detector sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa standar acuan yang digunakan. Selain itu di dalam standar acuan ini juga ditentukan metode kalibrasi yang digunakan.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Phase Detector

Untuk melakukan cara kalibrasi phase detector, diperlukan standar acuan yang sesuai dengan satuan internasional, metode kalibrasi yang tepat, dan prosedur kalibrasi yang terperinci. Referensi pengukuran standar untuk phase detector adalah IK/LAB/7.2-LKAL.01.017 (Pengukuran Langsung). Proses kalibrasi mencakup rentang ukur dari 60.0 V hingga 220 V untuk arus 0.1 A hingga 10 A, serta rentang 57.7 V hingga 240 V untuk arus 0.005 A hingga 100 A.

Prosedur Cara Kalibrasi Phase Detector

Adapun cara kalibrasi phase detector yang sesuai dengan standar acuan.

  • Cara kalibrasi phase detector yang pertama yakni tahapan persiapan alat, pemeriksaan kondisi fisiknya, dan penyesuaian lingkungan agar menghasilkan pengukuran yang akurat. 
  • Selanjutnya, pengaturan parameter fase detector disesuaikan dengan standar yang berlaku, dan juga dilakukan pengukuran sesuai dengan rentang ukurnya. 
  • Lalu data yang didapat akan diolah dan menghitung deviasi, nilai maksimum minimum, dan ketidakpastian sesuai dengan batasan yang ditentukan.
  • Cara kalibrasi phase detector yang terakhir adalah pembuatan laporan yang berisikan tentang informasi deviasi, ketidakpastian, yang akan dijadikan sebagai bukti bahwa phase detector ini sudah dikalibrasi sesuai dengan standar.

Frekuensi Kalibrasi untuk Phase Detector

Phase detector ini harus dilakukan secara berkala agar dapat menjaga keakuratan dalam pengukurannya. Maka dari itu disarankan Anda menggunakan jasa kalibrasi yang terpercaya untuk berkonsultasi tentang frekuensi kalibrasi sesuai dengan phase detector yang Anda miliki.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Melakukan cara kalibrasi phase detector secara mandiri memang menjadi opsi yang hemat, namun perlu diketahui bahwa ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menyerahkannya ke jasa kalibrasi phase detector yang profesional seperti Kalibrasi.com.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Dengan menggunakan jasa kalibrasi phase detector yang profesional dijamin hasil pengukurannya sudah sesuai dengan standar yang berlaku dan tertelusur ke standar yang lebih tinggi.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Setiap kali Anda menggunakan jasa kalibrasi phase detector profesional seperti Kalibrasi.com, Anda akan mendapatkan sertifikat kalibrasi yang merupakan bukti bahwa alat telah dikalibrasi sesuai dengan standar yang berlaku. Sertifikat ini memberikan keyakinan bahwa alat Anda telah menjalani proses kalibrasi yang tepat dan akurat.

Layanan Jasa Kalibrasi Phase Detector Terakreditasi KAN

Kalibrasi.com menyediakan layanan jasa kalibrasi phase detector yang terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional). Dengan demikian, Anda dapat yakin bahwa layanan yang disediakan sesuai dengan standar akreditasi yang berlaku dan terjamin kualitasnya.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Phase Detector di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang lengkap untuk phase detector dan berbagai alat ukur lainnya. Mitra-mitra terpercaya seperti PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia, PT. Trusur Unggul Teknusa, PT. Mutuagung Lestari, dan lainnya telah berpengalaman dalam memastikan proses kalibrasi berjalan sesuai standar. Semua mitra yang tergabung telah mendapatkan akreditasi KAN untuk memberikan jaminan kualitas yang terpercaya.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Phase Detector dari Kalibrasi.com

Kelebihan menggunakan jasa kalibrasi phase detector dari Kalibrasi.com termasuk standar acuan yang jelas, metode yang sesuai, prosedur kalibrasi yang terperinci, opsi pembayaran yang fleksibel, dan logistik yang dapat diandalkan. Tim ahli dari Kalibrasi.com akan memastikan bahwa fase detector Anda dikalibrasi dengan teliti dan tepat, sehingga alat dapat memberikan pengukuran yang akurat dan dapat diandalkan. 

Makanya jika Anda sedang mencari jasa kalibrasi phase detector yang terpercaya, pilih Kalibrasi.com. bagaimana cara pesannya? Anda bisa langsung pesan kalibrasi dengan mengisi formulir di bawah ini untuk mendapatkan penawaran tarif kalibrasi yang menarik dari Kalibrasi.com.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.