Cara Kalibrasi Resistance Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Resistance Meter Terpercaya

0

Resistensi meter mungkin seringkali Anda sudah mendengarnya namun, tahukah Anda apa itu resistensi meter? Resistensi meter merupakan salah satu alat ukur yang digunakan untuk mendeteksi kerusakan listrik dengan mengukur resistansi komponen dan kabel listrik dengan cara mengukur arus dan tegangan menggunakan hukum ohm. 

Dalam beberapa bidang pekerjaan menggunakan resistensi meter untuk prosedur mengukur nilai resistansi dari grounding, yang mana besarnya tahanan bumi sangat memiliki peranan penting sebelum dilakukan pembumian dalam sistem pengaman dalam instalasi listrik.

Maka dari itu sebagai alat yang penting dalam pengamanan kelistrikan, keandalan dan kelayakan pengukuran alat harus sesuai dengan standarnya. Melalui prosedur yang baik dan benar, kalibrasi akan memberikan hasil yang akurat dan terjamin. Oleh karenanya prosedur kalibrasi harus dilakukan dengan mematuhi ketentuan, penjelasan selengkapnya berikut ini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Resistance Meter

Untuk menyamaratakan dan memastikan bahwa hasil pengukuran kalibrasi resistance meter yang dilakukan akurat dan konsisten dengan instrumen lainnya maka dalam pelaksanaan kalibrasi terdapat ketentuan yang harus dipatuhi. Ketentuan tersebut diantaranya standar acuan, metode, dan cara kalibrasi, untuk memahami selengkapnya dapat Anda simak penjelasan berikut!

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Resistance Meter 

Standar acuan yang digunakan dalam kalibrasi resistance meter harus sesuai dengan satuan internasional yang mana standar SI menjadi ukuran tertinggi yang dimiliki oleh unit metrologi legal. sedangkan dalam metode kalibrasi di Indonesia mengacu pada dokumen kalibrasi yang diterbitkan oleh KAN selaku lembaga akreditasi di Indonesia.

Prosedur Cara Kalibrasi Resistance Meter

Seperti halnya dengan metode, setiap pelaksanaan kalibrasi terdapat prosedur yang harus dilaksanakan secara sistematik untuk mencapai tujuan kalibrasi yang sesuai dengan standar. Pelaksanaan kalibrasi tersebut terdapat 5 langkah penting yang diantaranya tahap persiapan, tahap pelaksanaan, Melakukan analisis dan perhitungan, tahap penentuan ketidakpastian dan terakhir tahap pembuatan laporan.

Frekuensi Kalibrasi untuk Resistance Meter

Setiap alat ukur sudah semestinya dilakukan kalibrasi secara berkala, banyaknya kalibrasi yang harus dilakukan dapat disebut sebagai frekuensi kalibrasi yang pada umumnya untuk resistance meter dapat dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun.

Namun jika Anda ragu dalam menentukkan frekuesi kalibrasi sendiri terhadap resistance meter yang Anda miliki. Anda dapat melakukan konsultasi terkait frekuensi kalibrasi resistance meter yang dapat Anda akses dengan klik gambar dibawah ini

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Setelah penjelasan terkait ketentuan kalibrasi, sudah pahamkah Anda dalam pelaksanaan kalibrasi? jika Anda masih bingung terkait prosedur kalibrasi, Anda dapat menyerahkan prosedur ini pada jasa kalibrasi yang telah berkompeten sehingga Anda tidak perlu repot dalam melakukan kalibrasi secara mandiri yang tidak tentu hasilnya akan sesuai standar. Nah berikut keuntungan dari menggunakan jasa kalibrasi yang diantaranya :

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi akan lebih memahami dalam setiap detail pelaksanaan kalibrasi yang sesuai standar sehingga hasil kalibrasi dapat dijamin mampu tertelusur ke standar yang lebih tinggi baik nasional maupun internasional.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Pilihlah jasa kalibrasi yang telah memenuhi akreditasi KAN karena akan lebih memiliki hak dalam mengeluarkan sertifikat asli kalibrasi sebagai bukti alat ukur telah lulus kalibrasi.

Layanan Jasa Kalibrasi Resistance Meter Terakreditasi KAN

Jadi bagaimana alangkah lebih baiknya melaksanakan kalibrasi resistance meter pada jasa kalibrasi yang lebih berkompeten bukan? terlebih prosedur kalibrasi membutuhkan pelaksana ahli yang mengerti teknik pengukuran dan menguasai prosedur kalibrasi yang berstandar. Nah dalam hal ini jasa kalibrasi resistance meter dari Kalibrasi.com adalah solusi terbaiknya.

Kalibrasi.com merupakan platform penyedia layanan jasa kalibrasi terpercaya nomor 1 di Indonesia. Platform ini menyediakan berbagai pilihan jasa kalibrasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dimana Kalibrasi.com hanya kerjasama dengan mitra yang memiliki laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi KAN sehingga akan lebih terjamin kualitas kalibrasinya.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Resistance Meter di Kalibrasi.com

Menjadi penyedia jasa kalibrasi dalam berbagai macam kebutuhan jasa kalibrasi dan ruang lingkup yang luas dengan alat yang lengkap Kalibrasi.com memberikan layanan kalibrasi pada ruang lingkup kelistrikan untuk kalibrasi resistance meter. dengan mitra yang menyediakan jasa kalibrasi ini diantaranya PT Qualis Indonesia, PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia, PT Mutuagung Lestari, dan PT. Mandiri Transforma Global.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Resistance Meter dari Kalibrasi.com

Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, Kalibrasi.com memiliki kelebihan dalam pelayanan jasa kalibrasi resistance meter yaitu diantaranya :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan

Setelah menyimak penjelasan diatas, Anda berminat melakukan penawaran jasa kalibrasi resistance meter dari Kalibrasi.com? Untuk melakukan penawaran tim Kalibrasi.com telah menyediakan form yang dapat Anda isi, cek selengkapnya dengan isi form dibawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.