Cara Kalibrasi Ohm Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Ohm Meter Terbaik

0

Dalam beberapa pengukuran kelistrikan Ohm meter terdengar tidak asing lagi. alat ini memiliki manfaat yang mampu mengukur besaran listrik yang dihasilkan dari suatu perpindahan atau pergeseran. Ohm meter secara umum digunakan untuk mengukur hambatan listrik, pada rangkaian tertutup atau daya untuk menahan mengalirnya arus di sebuah konduktor. 

alat yang digunakan untuk mengukur nilai hambatan ini memiliki beberapa macam seperti ohm meter tipe seri, ohm tipe shunt dan juga multi range ohmmeter. Seperti alat ukur jenis lainya ketidakakuratan alat seringkali terjadi yang dapat menyebabkan kerugian atas penggunaan alat tersebut. Oleh karenanya kepastian akan hasil pengukuran oleh alat sangatlah dibutuhkan.

Salah satu prosedur yang wajib dilakukan bagi alat ukur adalah kalibrasi, kalibrasi dilakukan untuk memastikan jika alat ukur telah sesuai dengan standard bagi pengukuran alat. Setiap penyelenggara kalibrasi tersebut juga harus mematuhi ketentuan yang telah diatur. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut ini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi  Ohm Meter

Kalibrasi menjadi salah satu pekerjaan yang membutuhkan ketelitian oleh karenanya prosedur ini sering terjadi kesalahan yang tidak sesuai dengan standar. Dengan adanya ketentuan dalam pelaksanaan kalibrasi dapat menjadi bahan acuan untuk memastikan pengukurannya sudah akurat. Lebih lanjut simak selengkapnya berikut ini!

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi  Ohm Meter

Seperti yang telah Anda ketahui kalibrasi dilakukan untuk memastikan jika alat ukur telah sesuai dengan standar. Maka dari itu standar acuan kalibrasi perlu dipahami yang mana harus sesuai dengan satuan internasional (SI). begitu pula untuk metode kalibrasi yang digunakan yaitu IK-L-02 yang meliputi rentang ukur, dan nilai ketidakpastian dimana semua itu mengacu pada dokumen dari KAN. 

Prosedur Cara Kalibrasi  Ohm Meter

Berdasarkan standar yang telah mengatur prosedur kalibrasi pelaksanaan kalibrasi telah diatur dalam 5 langkah penting yang harus dilaksanakan sesuai aturannya.  5 langkah dalam cara kalibrasi Ohm meter tersebut meliputi, persiapan kalibrasi, pelaksanaan kalibrasi dengan cara pengamatan, melakukan perhitungan data dan analisis, menentukkan ketidakpastian serta membuat laporan kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk  Ohm Meter

Menentukkan frekuensi kalibrasi pada setiap alat ukur tidaklah sama termasuk untuk frekuensi kalibrasi Ohm meter dimana durasi penggunaan alat ukur menentukkan cepat lambatnya frekuensi kalibrasi. Tetapi secara umum frekuensi kalibrasi dapat dilakukan satu kali dalam satu tahun.

Jika Anda bingung dalam menentukkan frekuensi kalibrasi Ohm meter Anda dapat melakukan konsultasi terkait frekuensi kalibrasi Ohm meter dengan klik gambar yang tersedia berikut ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Dari yang telah disampaikan sebelumnya dalam pelaksanaan kalibrasi memiliki ketentuan yang sudah sewajarnya dipahami oleh pelaksana kalibrasi. Oleh karenanya kalibrasi akan lebih baik dikerjakan oleh orang yang telah profesional di bidang kalibrasi dengan yang mana dapat Anda temukan pada jasa kalibrasi yang telah terpercaya. Berikut keuntungan menggunakan jasa kalibrasi daripada harus melakukan kalibrasi sendiri.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Dengan melibatkan jasa kalibrasi yang telah berkompeten akan lebih terjamin hasil kalibrasi yang mampu tertelsur yang mana ketertelusur sangat penting dalam menjaga keakuratan alat ukur. Tanpa ketertelusuran, kita tidak dapat mengetahui apakah alat ukur tersebut akurat atau tidak.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Setelah alat ukur lulus kalibrasi akan diberikan bukti berupa sertifikat kalibrasi. Dimana sertifikat kalibrasi yang sah hanya dikeluarkan oleh laboratorium berstandar yang telah terakreditasi KAN

Layanan Jasa Kalibrasi  Ohm Meter Terakreditasi KAN

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, hasil kalibrasi yang baik adalah yang dikerjakan oleh jasa kalibrasi berkompeten dimana jasa ini telah memiliki teknisi ahli kalibrasi yang telah bersertifikasi. Anda sedang mencari  jasa kalibrasi yang Ohm meter terpercaya? Kalibrasi.com dapat menjadi solusi atas setiap kebutuhan jasa kalibrasi sedang Anda cari.

Kalibrasi.com adalah sebuah platform digital yang menyediakan dan melayani jasa kalibrasi dengan mitra yang telah memiliki laboratorium kalibrasi berstandar dan terakreditasi KAN. dengan begitu hasil kalibrasi yang dikeluarkan oleh Kalibras.com akan lebih terjamin kualitas dan konsistensinya. Platform ini telah menyediakan berbagai pilihan jasa kalibrasi termasuk untuk jasa kalibrasi Ohm meter berikut :

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi  Ohm Meter di Kalibrasi.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Kalibrasi.com melayani Bergama jasa kalibrasi dengan ruang lingkup yang luas dan lengkap yang salah satunya pada ruang lingkup kelistrikan untuk kalibrasi Ohm meter. Beberapa mitra Kalibrasi.com yang menyediakan jasa kalibrasi dalam ruang lingkup ini diantaranya PT Qualis Indonesia, PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia, PT Mutuagung Lestari, dan PT. Mandiri Transforma Global.

Kelebihan Jasa Kalibrasi  Ohm Meter dari Kalibrasi.com

Kalibrasi.com adalah platform dengan beragam kelebihannya, apa sajakah kelebihan tersebut? berikut diantaranya :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan

Jadi bagaimana tertarik melakukan kalibrasi Ohm meter? Dengan akses yang mudah Anda dapat melakukan penawaran jasa kalibrasi Ohm meter dan dapatkan penawaran menarik dari mitra Kalibrasi.com. Yuk segera isi form yang tersedia dibawah ini untuk melakukan penawaran jasa kalibrasi Ohm meter dari Kalibrasi.com.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.