Cara Kalibrasi Thermal Kamera dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Thermal Kamera  Terbaik

0

Thermal kamera adalah sebuah kamera yang menggunakan thermal imaging, yaitu kamera termografi yang dapat mengubah radiasi inframerah menjadi cahaya yang tampak. Umumnya, thermal kamera digunakan oleh pemadam kebakaran guna melihat area yang panas melalui kegelapan, asap, dan penghalang tembus panas. Selain itu, alat ini juga sering digunakan di helikopter polisi untuk mencari tersangka.

Thermal kamera yang digunakan terlalu lama dapat mengalami penyimpangan yang menyebabkan kerusakan. Oleh karena itu, thermal kamera harus terus dirawat dengan melakukan kalibrasi secara berkala. Kalibrasi thermal kamera harus menggunakan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat. Lalu, bagaimana standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat? mari kita bahas!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Thermal Kamera

Standar acuan, metode, dan cara kalibrasi thermal kamera menentukan kualitas hasil kalibrasi thermal kamera. Kalibrasi yang terakreditasi dan berkualitas harus menggunakan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi yang tepat. Berikut ini adalah penjelasan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi thermal kamera yang tepat: 

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Thermal Kamera

Standar acuan dan metode kalibrasi yang digunakan untuk kalibrasi thermal kamera harus mengacu pada dokumen KAN. Standar acuan thermal kamera meliputi rentang ukur dan nilai ketidakpastian. Berdasarkan dokumen KAN, rentang ukur thermal kamera adalah mulai dari 25°C hingga 150°C dengan rentang ukur 1.6°C. Metode yang digunakan juga harus sesuai dengan dokumen KAN yaitu menggunakan metode IK.T-K-LAB.I.21-TD.S01 (perbandingan langsung dengan standar)

Prosedur Cara Kalibrasi Thermal Kamera

Prosedur cara kalibrasi thermal kamera adalah dengan mempersiapkan alat yang digunakan untuk kalibrasi dan thermal kamera yang akan dikalibrasi. Kemudian, kalibrasi dapat dilaksanakan, pelaksanaan kalibrasi harus dilakukan oleh teknisi profesional yang kompeten sehingga sesuai standar.

Data kalibrasi yang dihasilkan kemudian dihitung secara objektif dan ditentukan nilai ketidakpastiannya. Setelah itu, laporan hasil kalibrasi thermal kamera dapat dibuat dan diterbitkan. Perlu diketahui bahwa pembuatan laporan hasil kalibrasi thermal kamera harus mengacu pada SNI 19-17025.

Frekuensi Kalibrasi untuk Thermal Kamera

Frekuensi kalibrasi thermal kamera tidak boleh ditentukan secara sembarangan. Frekuensi kalibrasi thermal kamera adalah rentang waktu kalibrasi thermal kamera terakhir dengan yang akan dilakukan selanjutnya. Kami menyarankan untuk melakukan konsultasi mengenai frekuensi kalibrasi thermal kamera pada jasa kalibrasi yang terakreditasi dan terpercaya agar dapat menetapkan frekuensi kalibrasi dengan tepat.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Kalibrasi dapat dilakukan sendiri atau dengan menggunakan jasa kalibrasi. Kalibrasi yang dilakukan sendiri atau secara individu tetap harus dilakukan sesuai standar. Meskipun begitu, jasa kalibrasi menawarkan berbagai keuntungan. Keuntungan menggunakan jasa kalibrasi adalah sebagai berikut:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Dengan menggunakan jasa kalibrasi, kalibrasi yang dihasilkan akan tertelusur pada standar nasional dan internasional serta telah memenuhi standar yang berlaku sehingga hasil kalibrasi dapat terakreditasi, diakui, dan diterima di berbagai tempat.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jasa kalibrasi juga dapat memberikan bukti sertifikat kalibrasi yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan terhadap hasil pengukuran yang dikeluarkan oleh alat ukur yang telah dikalibrasi.

Layanan Jasa Kalibrasi Thermal Kamera  Terakreditasi KAN

Pada artikel ini, kami akan merekomendasikan jasa kalibrasi thermal kamera yang telah mendapat akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Jasa kalibrasi tersebut adalah kalibrasi.com. Kalibrasi.om menyediakan berbagai layanan menarik yaitu sebagai berikut:

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Thermal Kamera  di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menyediakan ruang lingkup kalibrasi untuk thermal kamera. Selain itu, kalibrasi.com juga menyediakan berbagai ruang lingkup kalibrasi lain, banyaknya ruang lingkup kalibrasi menandakan bahwa kalibrasi.com memiliki pemahaman yang luas tentang aspek-aspek kalibrasi sehingga dapat dipercaya.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Thermal Kamera  dari Kalibrasi.com

Kalibrasi thermal kamera menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com memiliki berbagai kelebihan yaitu menggunakan standar acuan yang jelas, metode dan prosedur yang sesuai standar, opsi pembayaran fleksibel, dan layanan logistik yang dapat diandalkan.

Oleh karena itu, jika Anda berminat untuk menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com, Anda dapat langsung menghubungi kalibrasi.com dan mengajukan permintaan dengan cara mengisi form yang telah disediakan berikut ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.