Kalibrasi Mesin : Tujuan, Manfaat dan Kapan Perlu Melakukan Kalibrasi

0

Mesin yang ada di industri terkadang tidak memiliki waktu untuk berhenti, mereka akan terus menerus untuk bisa menghasilkan produk yang Anda inginkan. Akan tetapi, pasti Anda tahu jika mesin yang digunakan secara terus menerus ini akan rusak atau setidaknya mengalami masalah pada hal produksi entah itu cacat produk ataupun yang lain yang membuat Anda menjadi rugi. Maka dari itu, penting sekali untuk melaksanakan kalibrasi mesin.

Mesin produksi harus mendapatkan perawatan yang intensif. Dengan adanya perawatan ini, tentu saja yang menjadi perhatian pertama kali adalah dengan melaksanakan kalibrasi.

Tapi, masih banyak yang tidak tahu tentang kalibrasi ini seperti pengertiannya, manfaat, tujuan, dan bahkan kapan melakukan kalibrasi masih banyak yang bingung. Untuk itu, mari kita bahas! 

Apa yang Dimaksud Kalibrasi?

Bagian penting dari produksi adalah memantau dan mengontrol suhu, kecepatan, volume, berat, atau massa dengan hati-hati. Untuk memastikan pengukuran mereka selalu akurat, pabrikan perlu mengkalibrasi peralatan dan instrumen mereka secara teratur.

Kalibrasi adalah proses mengevaluasi dan menyesuaikan perangkat pengukuran untuk mencapai akurasi yang sebenarnya. Saat peralatan dikalibrasi, Anda dapat yakin bahwa pembacaannya akurat dan presisi.

Prinsip Dasar Kalibrasi Mesin

Dalam pelaksanaan kalibrasi mesin, setidaknya Anda harus mengetahui beberapa prinsip dasarnya. Tidak heran jika selama proses kalibrasi mesin, Anda harus menggunakan jasa kalibrasi yang sudah terakreditasi karena mereka paham betul prinsip dasar kalibrasi mesin dan bagaimana pelaksanaan dari prinsip tersebut.

Ada 3 prinsip dasar kalibrasi, di antaranya:

  1. Menetapkan nilai pengukuran obyek atau material yang diukur.
  2. Menentukan nilai penyimpangan atau deviasi suatu alat.
  3. Tujuan utama dari kalibrasi adalah untuk memastikan bahwa alat dan mesin uji dalam industri memberikan nilai yang akurat sesuai dengan standar pengukuran awal, tidak lebih atau kurang.

Tujuan dan Manfaat dari Kalibrasi Mesin?

Menggunakan mesin yang tidak dikalibrasi tidak hanya membuang-buang waktu, tetapi juga bisa berbahaya. Dalam proses kalibrasi mesin tentu saja ada tujuan bagi mesin Anda dan juga bagi Anda sebagai pemilik mesin bisa merasakan manfaatnya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memprioritaskan kalibrasi mesin yang tepat karena tujuan dan juga manfaatnya. 

Tujuan Utama Kalibrasi

Ada beberapa tujuan utama dari kalibrasi yang harus Anda ketahui, diantaranya:

  • Kelayakan alat ukur dan sensor terjamin

Proses kalibrasi memastikan bahwa alat ukur dan sensor yang digunakan telah diperiksa dan dinyatakan layak serta berfungsi dengan tepat.

  • Sesuai dengan standar nasional dan internasional

Hasil pengukuran setelah kalibrasi sesuai dengan standar yang ditetapkan baik tingkat nasional maupun internasional.

  • Deteksi, laporan, dan pemilahan tingkat keakuratan

Kalibrasi melibatkan deteksi penyimpangan, penyusunan laporan, dan pengklasifikasian tingkat keakuratan alat ukur.

  • Menentukan nilai penyimpangan konvensional

Proses kalibrasi juga menetapkan besaran nilai penyimpangan yang biasanya ditunjukkan pada alat ukur dengan cara yang konvensional dan mudah dipahami.

Manfaat yang Diperoleh dari Kalibrasi

Bagaimana dengan manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan kalibrasi? Berikut penjelasannya:

  • Kualitas dan keamanan produk

Pertama, kualitas produk dapat terpengaruh (yaitu jumlah resep yang tidak tepat, bobot yang tidak tepat, dll.). Banyak produk bergantung pada penambahan yang tepat dari bahan yang berbeda. Maka dari itu, dengan adanya mesin industri yang presisi, kualitas produk bisa tetap terjaga.

  • Pengendalian proses

Cara lain agar kalibrasi dapat mempengaruhi operasi Anda adalah melalui kontrol proses.

Katakanlah Anda perlu menggunakan mesin oven dalam proses Anda. Sensor suhu yang pengukurannya tidak tepat dapat menyebabkan bencana, yang menyebabkan produk menjadi terlalu panas atau tidak sepenuhnya mengering.

  • Penghematan biaya

Cara alternatif untuk memikirkan kalibrasi peralatan adalah dalam pemikiran biaya. Dengan mesin yang tidak mengalami cacat sedikitpun, ini akan memberikan manfaat yang sangat bagus bagi perusahaan Anda dalam segi finansial.

Kapan Kalibrasi Perlu Dilakukan?

Sebenarnya, tidak ada informasi khusus kapan kalibrasi perlu dilakukan. Karena, setiap alat ukur atau mesin memiliki waktunya tersendiri kapan harus dilaksanakan kalibrasi. 

Secara pasti, Anda bisa mendapatkan informasi kapan harus dilakukan kalibrasi pada mesin dari saran produsen mesin tersebut. Jika memang tidak ada, setidaknya lakukan kalibrasi pada mesin setidaknya minimal 1 kali selama 1 tahun.

Dan, apabila Anda melakukan instalasi part tambahan pada mesin atau baru saja menempatkan mesin di tempat yang baru, maka kalibrasi mesin bisa dilakukan. 

Kesimpulan

Kalibrasi mesin memiliki tujuan dan juga manfaat yang banyak. Anda harus memperhatikan juga kapan seharusnya mesin dilaksanakan kalibrasi. Dengan kalibrasi secara rutin, ini akan meningkatkan keamanan dan juga kenyamanan dalam bekerja. Serta peningkatan produk yang membuat industri memiliki citra yang bagus di mata konsumen.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.