Penjelasan Kalibrasi Instrumen dari Tujuan dan Manfaat

0

Kalibrasi instrumen adalah bagian penting dari setiap sistem pengukuran, karena memastikan bahwa instrumen bekerja dengan baik dan memberikan pembacaan yang akurat. Ini adalah proses membandingkan bacaan pada instrumen dengan yang diberikan oleh instrumen referensi atau kalibrator. Kalibrasi membantu memastikan akurasi, keandalan, keamanan, dan kepatuhan terhadap standar industri.

Setiap instrumen yang ada di industri baik itu produk dan juga jasa memang sangat penting untuk melakukan kalibrasi instrumen secara rutin. Membuat instrumen bisa bekerja dengan baik dan juga dengan akurasi yang sudah pasti maksimal, tentu saja akan memberikan banyak manfaat kepada industri Anda.

Apa saja tujuan dan juga manfaat dari kalibrasi instrumen? Dan apa yang terjadi jika kita tidak melaksanakan kalibrasi instrumen? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Seberapa Penting Kalibrasi Instrumen?

Kalibrasi instrumen tidak hanya bermanfaat untuk akurasi atau keandalan, tetapi juga diperlukan untuk memenuhi persyaratan peraturan yang ditetapkan oleh badan pengatur dan otoritas lokal. Proses tersebut memastikan bahwa peralatan Anda bekerja dengan benar sekaligus melindungi dari potensi bahaya sekaligus membantu menjamin kepatuhan terhadap standar industri bila diperlukan.

Kita tidak akan pernah tahu jika instrumen memiliki pengukuran yang tidak tepat. Selagi Anda hanya memiliki satu instrumen, Anda tidak bisa membandingkan antara instrumen satu dengan yang lainnya.

Maka dari itu, perlu adanya standar acuan untuk melakukan kalibrasi instrumen. Dan tentu saja, ini sangat penting dan jangan sampai Anda tidak melakukan kalibrasi secara rutin. 

Apa Tujuan dan Manfaat Kalibrasi Instrumen?

Masih banyak industri yang belum memahami tentang kalibrasi instrumen. Kebanyakan dari mereka akan tutup mata karena harus mengeluarkan uang untuk digunakan menyewa jasa kalibrasi.

Padahal, ini sangat penting juga karena ada tujuan dan juga manfaat yang bisa didapatkan dari proses kalibrasi.

Tujuan dari Kalibrasi Instrumen

Dengan mengkalibrasi instrumen Anda secara teratur, Anda dapat mempercayai bahwa instrumen tersebut akan memberikan hasil yang akurat dari waktu ke waktu. Berikut adalah lima alasan dan juga tujuan utama mengapa kalibrasi instrumen penting:

  • Akurasi
    Mengkalibrasi instrumen Anda membantu mengurangi kesalahan dalam pengumpulan dan analisis data, memastikan akurasi pengukuran di berbagai lingkungan dan kondisi.
  • Keandalan
    Kalibrasi rutin membuat instrumen Anda andal dan terpercaya untuk hasil yang konsisten dari waktu ke waktu.
  • Keamanan
    Dengan mengkalibrasi instrumen Anda secara teratur, setiap potensi bahaya akan teridentifikasi selama proses sehingga Anda dapat menggunakannya dengan aman tanpa resiko kerusakan atau cedera.
  • Kepatuhan
    Banyak industri memerlukan kalibrasi rutin untuk mereka untuk mematuhi peraturan dan standar yang ditetapkan oleh badan pengatur seperti SNI atau ISO. Ini termasuk peralatan medis di rumah sakit dan laboratorium, mesin industri yang digunakan untuk proses manufaktur, komponen kedirgantaraan yang harus diperiksa secara ketat sebelum diproduksi, dll.
  • Untuk memperpanjang masa pakai instrumen
    Kalibrasi rutin juga dapat membantu memperpanjang masa pakai alat ukur dengan mengidentifikasi dan mengatasi keausan atau kerusakan apa pun sebelum menjadi masalah yang signifikan.

Manfaat dari Kalibrasi Instrumen Kalibrasi

Bagaimana dengan manfaatnya? Kalibrasi instrumen memiliki banyak sekali manfaat jika Anda melakukannya dengan benar.

Jika dilakukan dengan benar dan konsisten, kalibrasi instrumen juga dapat menghemat uang, waktu, dan sumber daya bisnis dengan mengurangi kesalahan dalam pengumpulan data karena kesalahan pembacaan dari perangkat yang tidak dikalibrasi, meningkatkan produktivitas, dan meminimalkan waktu henti atau down time akibat kegagalan mesin.

Risiko Jika Tidak Melakukan Kalibrasi

Jika instrumen tidak dilakukan kalibrasi, maka manfaat kalibrasi instrumen yang sudah disebutkan di atas akan berbalik. Jadi, Anda harus menghadapi berbagai risiko.

Apabila instrumen tidak dilakukan kalibrasi, yang jelas industri Anda mengalami kerugian yang sangat besar karena adanya pengukuran instrumen yang salah. Jika ini dilakukan sekali memang tidak terasa, tapi jika produksi dilakukan secara masif, tentu saja akan terasa bedanya dan juga kerugiannya yang sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Selain itu, faktor keamanan kerja juga bisa terancam jika instrumen tidak dilakukan kalibrasi. Ada banyak sekali risiko negative terhadap perusahaan Anda jika tidak melakukan kalibrasi terhadap instrumen.

Kesimpulan

Betapa pentingnya kalibrasi dan juga risiko yang harus dihadapi jika tidak melakukan kalibrasi instrumen tentu saja akan menyadarkan Anda jika kalibrasi instrumen itu sangat penting. Anda bisa mempercayakan laboratorium kalibrasi untuk pelaksanaan kalibrasi sesuai dengan prosedur.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.